Bahan Cordura (Karakteristik, kelebihan, Harga & Cara Merawatnya)

Bahan kain ini menjadi salah satu kain yang paling cocok untuk bahan pembuatan tas. Warna dan bahannya relatif tahan lama dan cukup kuat digunakan dalam segala kondisi cuaca maupun medan. Dari tas untuk penggunaan sehari-hari, aktivitas outdoor, hingga tas militer banyak menggunakan material ini.

Apakah nama bahan ini?

Untuk kali ini saya akan sharing pada kalian, mengenai salah stu jenis bahan kain yang cocok digunakan untuk membuat tas dan lain-lain. Bahan kain ini yaitu bahan cordura. Seperti apakah bahan cordura ini?

Yuk simak penjelasannya di bawah ini ya ūüôā

Mengenal Bahan Cordura

bahan cordura
vendorpedia.co.id

Apa bahan cordura itu?

Cordura ialah nama merk untuk kain yang terdaftar atas nama E. I du Pont de Nemours and Company (DuPont) pada tahun 1929. Lisensi kain ini saat ini dipegang Invista, perusahaan yang berbasis di Kansas, Amerika Serikat.

Merk Cordura membuat berbagai jenis kain dari nilon, polyester, sampai kapas nilon. Salah satu kain dari merk Cordura yang sangat populer adalah nilon 1000D yang biasa digunakan pada tas. Ketahanan dan daya tahan jadi faktor utama kain ini jadi primadona.

Saat ini sudah banyak perusahaan di luar Invista yang sudah mulai mengembangkan kain yang mirip dengan merek cordura. Semakin maraknya pabrik yang memproduksi kain yang mirip dengan cordura, membuat banyak orang mengira bahwasanya kain nilon berasal dari kain cordura.

Seiring berjalannya waktu, istilah kain cordura mengalami perluasan makna, dan menjadi kata ganti dikalangan dunia kain untuk menyebut kain nilon 1000D dan sejenisnya. Saat ini, istilah cordura lebih dikenal sebagai salah satu jenis kain nilon, yang bisa berasal dari manapun, serta bukan lagi sebagai salah satu merk.

Karakteristik Bahan Kain Cordura

karakteristik bahan cordura
aminama.com

Untuk Kalian yang belum mengenal jenis kain ini, ada baiknya kalian memperhatikan beberapa ciri atau ciri- ciri bahannya terlebih dahulu. Berikut karakteristik dari kain cordura pada umumnya:

  • Serat kainnya rapat serta kuat.
  • Tidak menerawang.
  • Bahannya tebal.
  • Bahannya bersifat panas.
  • Anti air (waterproof).
  • Mempunyai tekstur yang kasar.
  • Sifat bahannya ringan.

Baca juga Bahan Polyester (Karakteristik, Jenis, Harga & Cara Merawat)

Jenis dan Tipe Bahan Cordura

jenis bahan cordura
ilhamteguh.com

Pada dasarnya, cordura terbagi menjadi tiga jenis, yaitu :

  1. Cordura biasa.
  2. Cordura nylon.
  3. Cordura 1000.

Dari ketiga jenis tersebut, jenis kain cordura biasa memiliki grade paling rendah diantara jenis kain cordura nylon dan 1000. Tentu saja dari segi harga, kain cordura biasa lebih murah dibanding dengan jenis yang lain. Walaupun demikian, kualitasnya tidak jauh beda, kok.

Yang membedakannya cumalah serat serta motif kainnya saja. jenis kain cordura nylon memiliki ciri yang sedikit mengkilap apabila dibanding dengan jenis yang lain, jenis kain ini cenderung lebih licin. Dari segi harga, kain cordura nylon bisa dikatakan lebih murah dibanding dengan jenis kain cordura 1000.

Dari ketiga jenis tersebut, jenis kain cordura yang sangat bagus yaitu kain cordura 1000. Dengan kualitas kain yang ditawarkan, tentu harga kain ini lebih mahal dibanding dengan jenis yang lain. Oleh karena itulah penggunaan kain cordura 1000 pada tas seminar sangat jarang ditemui.

Berikut beberapa jenis kain cordura lainnya :

  • AFT Fabric
  • Baselayer Fabric
  • Ballistic Fabric
  • Classic Fabric
  • Canvas / Duck Fabric
  • Denim Fabric
  • EcoMade Fabric
  • Lite/Lite Plus Fabric
  • HP Fabric
  • Naturalle‚ĄĘ Fabric
  • UltraLite Fabric
  • NYCO Fabric
  • NYCO FR Fabric

Kelebihan Bahan Cordura

tas bahan cordura
supremenewyork.com

Kain Cordura mempunyai  beberapa kelebihan yang jarang ditemui pada jenis kain lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kelebihan dari kain cordura yang perlu kalian ketahui:

Bahannya Kuat

Bahan ini terkenal akan kerapatan kainnya yang tinggi dan kuat, sehingga kain ini tidak mudah sobek, lecet, maupun tergores walaupun terkena cuaca ekstrim sekaligus. Oleh sebab itulah Kalian bisa menggunakan kain cordura untuk pembuatan tali pada tas outdoor.

Dari segi kekuatan, kain cordura memiliki kekuatan 10 kali lipat lebih besar dibanding dengan katun biasa serta 3 kali lebih besar bila dibanding dengan kain polyester.

Banyak Variasi Bahan dan Warna

Tidak hanya bahannya yang kuat, keunggulan kain cordura lainnya ialah mempunyai banyak variasi pilihan bahan dan warna. Dengan banyaknya pilihan warna yang ditawarkan, membuat kain ini semakin banyak diminati di kelasnya.

Menampilkan Kesan Warna yang Cerah

Kain Cordura memiliki keunggulan yaitu mampu menampilkan warna yang cerah, sehingga mampu menarik perhatian konsumen untuk memilikinya. Karena sifatnya yang satu ini, kain cordura kerap kali digunakan untuk membuat tas sekolah, tas ransel, hingga tas selempang.

Anti Air (Waterproof)

Salah satu kelebihan kain cordura yang sulit ditampik oleh banyak orang ialah sifatnya yang anti air atau waterproof. Walaupun demikian, sifat anti air di sini lebih mengarah ke intensitas air yang ringan, sehingga tidak mudah langsung basah jika terkena air hujan. Dengan kelebihan tersebut, kain ini sangat sesuai digunakan untuk peralatan outdoor.

Ringan

Pada poin sebelumnya, Kalian sudah mengenali bahwasanya kain ini sangat kuat dan mempunyai serat kain yang rapat. Walaupun demikian, berat tas yang memakai bahan dasar kain cordura ini tergolong sangat ringan. Oleh karena itulah Kalian tidak akan merasa berat ketika membawanya. Hal ini pasti akan sangat berbeda dengan tas yang terbuat dari bahan dasar kulit.

Dengan segudang kelebihan yang ditawarkan, tidak heran apabila kain cordura memiliki banyak permintaan pasar.

Kekurangan Bahan Cordura

kekurangan-bahan-cordura
notepam.com

Penampilannya Kurang Mewah

Kelemahan cordura yang pertama ialah penampilan bahannya yang kurang terlihat mewah. Kain ini cenderung menunjukkan kesan yang kasual( casual) dan sporty. Oleh karenanya, Kalian akan menemui banyak sekali tas elegan yang terbuat dari kulit dibandingkan dengan cordura.

Biasanya jenis cordura digunakan untuk tas olahraga, jaket sport maupun tas kasual.

Bahan Kainnya Panas

Kelemahan kain cordura selanjutnya ialah karakteristik bahannya yang panas. Walaupun salah satu komposisi kain cordura yaitu dari kain katun, tetapi tidak membuat seratnya bisa menyerap keringat ataupun air dengan baik. Oleh karenanya kain cordura jarang digunakan untuk pembuatan pakaian atau sejenisnya.

Walaupun demikian, kain cordura sering dibuat untuk jaket maupun rompi yang digunakan untuk menahan angin saat berkendara. Umumnya pakaian cordura digunakan pada saat cuaca sedang dingin.

Tekstur Permukaan Kainnya Kasar

Tekstur permukaan pada kain ini tergolong sangat kasar, sehingga perlu lapisan tambahan atau furing yang halus agar baju nyaman untuk Kalian kenakan.

Kegunaan Bahan Kain Cordura

tas bahan cordura
supremenewyorl.com

Jenis bahan kain cordura sering dimanfaatkan untuk berbagai macam hal. Berikut kegunaan kain cordura yang sering ditemukan pada kehidupan sehari-hari:

  1. Jaket.
  2. Tas selempang (cordura bag).
  3. Tas sekolah atau ransel (carrier bag).
  4. Waist bag.
  5. Goodybag.
  6. Baju.
  7. Sepatu.
  8. Rompi.
  9. Strap jam.
  10. Tali rompi.
  11. Sarung tangan balap.
  12. Sabuk.
  13. Seragam militer, dll.

Kain Cordura memang terkenal diproduksi untuk pembuatan tas, namun terdapat beberapa jenis kain pembuat tas lainnya yang perlu kalian ketahui, seperti corduroy, dinir (300D, 420D, 600D), kanvas, semi kanvas.

Harga Kain Cordura

harga bahan cordura
shopee.co.id

Untuk harga kain cordura per meter bisa dikenai harga berkisar Rp. 18.000 – Rp. 44.000. Namun harga ini saya dapatkan dari marketplace, harga dari sini belum bisa dijadikan patokan harga yang pasti karena untu setiap penjual dan jenis kainnya bisa dijual dengan harga yang berbeda-beda.

Agar kalian bisa lebih mengetahuinya, kalian bisa langsung survei membeli jenis kain cordura ini di beberapa toko kain terdekat kalian dan dipasaran.

Baca juga Bahan Jaket (Karakteristik, Jenis, Fungsi & Harga)

Cara Merawat Bahan Kain Cordura

cara merawat bahan kain cordura
lyst.com

Kain cordura adalah jenis kain yang tergolong tidak mudah kusut, sehingga tidak butuh Kalian setrika. Jika terdapat noda yang melekat pada kain ini, sebaiknya segera dibersihkan.

Cara membersihkannya juga lumayan mudah, Kalian cuma butuh menekan-nekan pada area noda tadi dengan kain basah dan jangan disikat.

Apabila Kalian menunda untuk membersihkan noda tersebut, noda akan meresap ke sela-sela kain dan menjadi semakin susah untuk dihilangkan.

Walaupun nantinya peralatan dari cordura ini dicuci, tetapi jika noda mengendap sangat lama, maka akan meninggalkan sisa noda yang tidak enak dilihat oleh mata.

Kalian bisa memakai detergen yang keras untuk menghilangkan noda membandel tersebut. Jika memang harus digosok, sebaiknya menggosok menggunakan gosok gigi supaya tidak merusak serat kainnya.

Pada proses pengeringan setelah pencucian, jenis cordura cenderung memerlukan waktu yang lebih lama untuk kering karena serat kainnya cenderung menahan air saat dijemur.

Sumber: https://www.wadezig.com/mengenal-cordura-bahan-si-pembuat-tas/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat