ceruti

Bahan Crepe (Jenis, Karakteristik & Cara Merawatnya) Wajib Kalian Tau

Di tahun ini fashion muslim sudah menjadi trending nomor 1, banyak peminat dari setiap kalangan terutama untuk para wanita muslimah. Gamis dan hijab yang semakin beragam variasi motifnya dan kainnya. Salah satu jenis bahan kain yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan brand fashion muslim yaitu kain crepe.

Mengenal Bahan Kain Crepe

bahan crepe
pusathijabterbaru.com

Apa itu bahan crepe?

Bahan crepe atau crepe embos merupakan jenis kain yang mempunyai tekstur seperti kulit jeruk. Meskipun tekstur kain crepe terlihat kasar, berkerut seperti kerikil tetapi kain ini bersifat lentur, tidak kaku dan nyaman saat digunakan. Sehingga bahan crepe menjadi salah satu jenis kain yang banyak diminati masyarakat terutama sebagai brand fashion muslim.

Kain crepe menjadi bernilai tinggi karena kualitas kainnya yang bagus. Tidak jarang fashion yang terbuat dari bahan crepe di jual dengan harga yang lumayan mahal. Tidak hanya itu, jika kualitas kainnya semakin tebal dan halus, maka kainnya akan bernilai semakin mahal.

Belum lagi bahan kain crepe ini mempunyai banyak variasi pilihannya serta jenis-jenisnya yang memiliki ciri khas dan karakteristiknya masing-masing. Seperti mulai dari tekstur yang paling jelas yaitu Bubble Crepe dan tekstur yang paling halus yaitu Wollycrepe.

Bahan crepe mulai ada dan diproduksi pada tahun 1911 namun, jumlah produksi kain ini masih sedikit. Karena pada saat itu, pembuatan kain crepe cukup sulit, harga bahan dasarnya mahal dan beberapa produsen garmen yang menjaga ketat resep rahasia pembuatan kain crepe ini.

Karakteristik dan Ciri-Ciri Kain Crepe

karakteristik bahan crepe
aminama.com

Setiap bahan mempunyai ciri khas dan karakteristiknya masing-masing dan berbeda-beda antara satu dengan yang lain, begitu juga dengan bahan crepe. Agar kalian lebih mengenal lebih jelas mengenai bahan ini. Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini. Baca Juga √6+ Jenis Bahan Ceruti (Karakteristik, Tips & Outfit Gamis Kain Ceruti)

Kain Bertekstur Berkerut

Serat kain crepe mempunyai tekstur yang kasar dan terlihat seperti berkerut. Tekstur yang membentuk motif seperti inilah yang biasa disebut sama seperti kulit jeruk. Jika kalian memakai baju berbahan kain crepe, kalian akan merasa seperti ada bintik-bintik kecil pada kainnya. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena kain ini nyaman saat digunakan.

Mempunyai Bentuk Serat Seperti Gelombang

Serat pada kain crepe akan terlihat jelas jika kalian menyentuhnya dan menerawangnya. Serat akan terlihat seperti bentuk gelombang awan maupun kabut. Serat pada kain crepe bisa menyerap keringat dengan baik. Tentunya setiap ketebalan yang berbeda pada kain ini, maka serat yang terbentuk juga berbeda.

Kainnya Bersifat Lembut dan Elastis

Salah satu karakteristik dari kain crepe dan mampu memikat para wanita yang menyukai dunia fashion, kain ini bahannya sangat lembut dan elastis. Hal inilah yang menjadikan kain crepe ini sangat nyaman saat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gamis, jilbab maupun fashion muslim lainnya.

Kelebihan Kain Crepe

kelebihan kain crepe
aminama.com

Kain crepe memiliki beberapa kelebihan seperti:

  • Mempunyai tekstur yang unik
  • Kainnya bersifat sangat lembut dan elastis
  • Kainnya bersifat jatuh dengan bagus
  • Adem bahan kainnya dan nyaman saat digunakan
  • Mudah cara perawatannya
  • Dijual di pasaran dan toko-toko kain
  • Cocok digunakan sebagai bahan dasar fashion
  • Harga kainnya sesuai dengan kualitasnya

Kekurangan Kain Crepe

kekurangan bahan crepe
ilhamteguh.com

Kain crepe memiliki beberapa kekurangan seperti:

  • Beberapa jenis kain crepe lainnya bersifat menerawang
  • Warna cepat pudar bila dijemur kainnya tidak dibalik
  • Kainnya mudah rusak bila sering terkena cahaya matahari secara langsung
  • Sifat bahannya licin dan cukup tipis
  • Mudah berkerut jika disetrika dengan suhu yang tinggi

Jenis-Jenis Kain Crepe

Seperti bahan kain lainnya yang memiliki beberapa jenis , kain crepe juga terbagi menjadi beberapa jenis kain yang berbeda-beda, baik dari segi tekstur, motif dan karakteristiknya. Berikut ini jenis-jenis kain crepe:

Bahan Kain Bubble Crepe

kain bubble crepe
mizutex.com

Bubble crepe merupakan salah satu jenis dari crepe yang sifat kainnya ringan, oleh karenanya bahan ini sering diucap sebagai lightweight fabric. Tidak hanya ringan, bahan ini pula populer akan sifat bahannya yang sangat lembut dan tidak transparan. Tetapi, bila bubble crepe dikenai sinar intens, sifatnya jadi sedikit menerawang.

Bahan Kain Moss Crepe

Kain-Moss-Crepe-
mizutex.com

Bahan kain ini mempunyai tekstur kulit jeruk yang mirip semacam lapisan butiran pasir. Bila kalian meraba bahan moscrepe ini, sehingga akan terasa semacam butiran pasir yang menempel di kulit. Walaupun begitu, bahan ini mempunyai sifat yang lumayan halus.

Mosscrepe mempunyai ciri serat kain yang rapat, lumayan tebal, dan tidak menerawang. Umumnya bahan kain ini kerap digunakan buat hijab maupun gamis, walaupun nantinya akan terasa sensasi sedikit kasar. Tetapi tenang aja, dari segi bahannya senantiasa nyaman dikenakan serta tidak panas kok.

Jenis bahan kain ini tercantum ke dalam kategori bahan kain yang jatuh, ringan dan gak mudah kusut. Bila kalian berupaya menarik kainnya, kain akan sedikit lebih elastis jika dibanding dengan bubble crepe.

Bahan Kain Crezia Crepe

Bahan-kain-Crezia-Crepe
mizutex.com

Crezia crepe merupakan salah satu jenis dari keluarga crepe yang sifat kainnya elastis. Bila kalian merenggangkan kain ini arah diagonal( bukan vertikal maupun horizontal), sehingga akan terasa elastisitas dari kain ini yang sangat tinggi.

Tekstur yang dipunyai oleh crezia crepe ini terkategori unik, sebab teksturnya sepintas seperti membentuk wajik yang tersusun. Siifat kain dari crezia crepe sendiri ialah ringan, tidak mudah kusut, serta kainnya jatuh. Kain ini lumayan adem serta aman disaat kalian kenakan.

Perlu diketahui, kain crezia crepe bersifat agak menerawang, sebab seratnya yang sedikit longgar. Baca juga Bahan Rayon (Jenis-Jenis, Karakteristik & Outfit) Wajib kalian Ketahui

Bahan Kain Arabian Crepe

Bahan-Arabian-Crepe
mizutex.com

Kain arabian crepe merupakan duplikat dari moss crepe yang mempunyai grade kain diatasnya. Terlebih lagi dapat dikatakan kedua kain ini sama persis apabila dilihat secara kasat mata. Jika kalian belum sempat menyentuh kedua bahan ini langsung, dijamin akan sangat susah untuk membedakannya.

Arabian crepe mempunyai serat kain yang lebih halus, lebih adem, lebih dingin serta sedikit lebih tebal jika dibanding dengan jenis moss crepe.

Bahan Kain Diamond Italiano

kain diamond italiano
tokopedia.com

Kain diamond italiano ialah salah satu jenis crepe yang mempunyai tekstur jeruk mirip moss crepe. Ciri dari bahan ini ialah sifat kainnya yang ringan, jatuh, lebih elastis dibanding dengan moss crepe, dan teksturnya lebih kasar dari moss crepe.

Butuh kalian ketahui kalau kain ini tergolong tipis serta sifatnya menerawang. Dapat dikatakan kalau diamond italiano lebih tipis serta lebih ringan dibanding dengan crezia crepe.

Bahan Kain Diamond Georgette

kain diamond georgette
sourceitright.com

Diamond georgette mempunyai tekstur yang nyaris mirip dengan diamond italiano, akan tetapi tekstur jeruknya lebih samar- samar. Ciri bahan pada diamond georgette tergolong lumayan melar serta sedikit lebih kasar dibanding dengan diamond italiano.

Bahan Kain Baby Doll

kain ceruti babydoll
bahankain.com

Bila dibanding dengan yang jenis keluarga crepe yang yang lain, baby doll ataupun barbie ceruti mempunyai karakter serat kain yang sangat ringan, sangat jatuh, sangat tipis, sangat menerawang, serta bahannya tidak melar ataupun elastis.

Jika kalian membeli kain baby doll secara eceran, maka kalian akan memperoleh harga yang lumayan mahal buat jenis kain crepe ini. Sebab sifat bahan kainnya yang tipis serta menerawang ini, bahan baby doll sesuai buat bahan pembuatan burqah.

Bahan Kain Wolly Crepe

kain-wollycrepe
notepam.com

Jika kalian bandingkan dengan jenis crepe yang yang lain, woll crepe mempunyai tekstur kulit jeruk yang sangat halus, apalagi tidak terlihat.

Bahan kain ini mempunyai ciri kain yang ringan, tidak mudah kusut, jatuh, serta nyatanya nyaman saat dikenakan. Bahan kain ini tergolong lumayan tebal, tidak elastis ataupun tidak melar serta sifatnya juga tidak menerawang sebab mempunyai serat kain yang rapat.

Salah satu contoh dari bahan ini yang di jual dipasaran ialah wolly crepe caltri. Harga kain wolly crepe agak lebih mahal bila di bandingkan dengan bahan wolfis serta sejenisnya, ialah berkisar Rp 40. 000,- per m.

Bahan Kain Barbie Crepe

kain barbie crepe
mizutex.com

Bahan barbie crepe ialah bahan yang karakteristiknya persis dengan wolly crepe, dapat dikatakan duplikat dari bahan wolly crepe. Walaupun demikian, barbie crepe mempunyai grade diatas wolly crepe.

Jadi walaupun ciri kedua bahan kain ini sama, tetapi kualitasnya sangat berbeda ya. Dapat dikatakan bahan ini lebih dingin, adem serta lebih nyaman dibanding duplikatannya itu.

Bahan Kain ITY Crepe

kain ITY crepe
beautifulextiles.com

ITY crepe ialah salah satu dari keluarga crepe yang mempunyai tekstur permukaan yang tidak rata, akan tetapi sifatnya lumayan halus bila dibanding dengan moss crepe. Keunggulan crepe jenis ini ialah pada serat kainnya yang lumayan rapat serta serat kainnya dingin, sehingga nyaman untuk dikenakan.

Bahan Kain Crepe de Chine

kain crepe de chine
indonesian.alibaba.com

Crepe de chine merupakan salah satu dari keluarga crepe yang bahan dasarnya dari sutera dan tidak menciptakan warna yang berkilauan. Jenis crepe ini umumnya digunakan oleh desainer untuk membuat dress elegan.

Crepe de chine merupakan salah satu contoh dari crepe yang dibuat dari silk ataupun sutra, yang termasuk ke dalam crepe silk.

Dari segi harga, bahan crepe de chine masih tergolong lumayan mahal. Walaupun dibandrol dengan harga yang lumayan mahal, bahan ini tidak cocok untuk pemakaian di luar ruangan. Perihal ini sebab jika terkena matahari langsung, warnanya akan memudar.

Jadi jika kalian mau membeli jenis crepe yang satu ini dapat dipertimbangkan terlebih dulu fungsi pakaiannya, apakah untuk pemakaian di luar ruangan ataupun di dalam ruangan.

Bahan Kain Crepe Marocain

kain crepe marocain
heworld.co.id

Crepe morocain ialah salah satu keluarga crepe yang bahan dasarnya dari sutra, serta kadangkala di campur dengan kombinasi wol ataupun rayon. Ciri dari bahan kain ini ialah bergelombang dengan motif garis- garis.

Bahan ini umumnya digunakan oleh desainer bagaikan bahan dasar setelan jas untuk laki- laki dan dress elegan untuk pakaian perempuan.

Inspirasi Outfit Gamis Bahan Kain Crepe dengan Macam-Macam Warna Cerahnya

Tampil kalem dengan outfit gamis kain crepe perpaduan warna biru pastel dengan warna krem

tosalie
zalora.co.id

Tampil fresh dengan outfit gamis kain crepe perpaduan warna putih dan warna ungu muda

harga kain
zalora.co.id

Semakin feminim dengan outfit gamis kain crepe perpaduan warna abu-abu dan warna ungu muda serta motif garis warna hitam

gamis
pusathijabterbaru.com

Tampil kalem dan elegan dengan outfit gamis kain crepe perpaduan warna coklat pastel dan warna hitam

karakteristik kain ity
shopee.co.id

Tampil berani dan glamour dengan outfit gamis kain crepe perpaduan warna merah dan warna maroon

premium
zalora.co.id

Cara Merawat Bahan Kain Crepe

Kualitas kain akan melemah dan bisa rusak dalam jangka waktu cepat, jika kalian kurang mengerti dalam merawatnya. Maka dari itu disini saya akan berbagi bagaimana caranya untuk merawat pakaian berbahan kain crepe ini. Berikut ini langkah-langkahnya:

Cara Mencuci Pakaian Kain Crepe

mencuci baju dengan tangan
surfexcel.lk

Bahan crepe merupakan jenis bahan kain yang tergolong mempunyai sifat kain yang lembut, oleh karenanya hendaknya mencuci baju dengan memakai tangan, jangan mesin mencuci. Sobat dapat menguceknya dengan lembut. Jika menggunakan mesin cuci maka dalam jangka lama akan merusak serat pada kain.

Cara Menjemur Pakaian Kain Crepe

tips menjemur kain crepe
kumparan.com

Hendaknya sehabis kalian mencuci baju jenis crepe ini tidak melakukan pemerasan terhadap kainnya supaya tekstur kainnya tidak rusak. Tidak hanya itu, saat menjemur kain ini sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung, ataupun alternatif yang lain bisa di angin- anginkan saja dengan kipas angin.

Cara Menyetrika Kain Crepe

tips menyetrika kain crepe
gumtre.com

Ada hal yang butuh dicermati sebelum kalian menyetrika kain ini, yaitu crepe ini tidak tahan terhadap temperatur yang sangat panas. Jadi hendaknya kalian menyetrika dengan temperatur yang sangat rendah atau low. Jika terlampau panas, bahan bisa meleleh bahkan terbakar. Jadi kalian butuh hati- hati yang untuk menyetrika kain jenis ini.

Cara Menyimpan Kain Crepe

tips menyimpan kain crepe
lifestyle.kompas.com

Simpanlah pakaian kain crepe kalian di dalam lemari dalam kondisi yang kering, jika dalam keadaan setengah kering atau masih lembab maka hal di takutkan adalah adanya jamur pada kain. Dengan begitu maka kualitas kain menjadi tidak sebagus pada awal pemakaian.

Baca juga ya artikel-artikel lain mengenai jenis-jenis bahan lainnya disini. Seperti bahan wolfis, bahan spandek, bahan jersey, bahan ceruti dan lainnya. Semoga bermanfaat Jazakumullah khairan telah membaca 🙂 .

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *