ukuran jaket

Bahan Fleece Lengkap (Karakteristik, Kelebihan, Fungsi & Harga)

Buat kalian yang penasaran terbuat dari kain apa jaket, sweater dan hoodie. Disini aku mau share ke kalian tentang bahan kain yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan seperti jaket, sweater dan hoodie. Seperti apakah kainnya? agar lebih jelas kalian bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Bahan Fleece

dan babyterry
fitinline.com

Apa itu bahan fleece?

Bahan fleece merupakan kain yang terbuat dari campuran bahan imitasi dari wool (woll). Istilah fleece yaitu dari bahasa Inggris yang bermakna bulu domba. Kain ini merupakan salah satu jenis kain yang mempunyai tekstur lembut, hangat dan sedikit berbulu pada permukaannya.

Karena karakteristiknya seperti itu, maka banyak orang yang menyukainya dan membuatnya menjadi bahan pembuatan untuk beberapa produk seperti baju hangat yaitu jaket dan sweater. Tidak hanya produk ini saja, kain fleece kerap digunakan sebagai bahan pembuatan selimut maupun bedsheet.

Jika kalian ingin membeli kain fleece di toko maupun di pasaran, kalian akan menemukan banyak jenis-jenis kain fleece yang ditawarkan. Kain ini mulai dari jenis fleece polyethylene, fleece micro, fleece bamboo, fleece polar, cotton fleece dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Baca juga Bahan Babyterry Lengkap (Karakteristik, Kelebihan, Harga & Outfit)

Jenis-Jenis Kain Fleeece yang Wajib Kamu Ketahui

jenis kain
kaoskerah.com

Berikut ini beberapa jenis dari kain fleece yang harus kalian ketahui, sebelum kalian membelinya:

Kain Fleece Polyethylene

Sebgian kain fleece terbuat dari bahan campuran polyester seperti polyethylene terephthalate (PET), nylon, lycra dan beberapa jenis bahan sintetis lainnya. karena mempunyai kandungan polyester yang banyak, maka membuat permukaannya lebih berkilau dibandingkan dengan fleece cotton, namun lebih kaku.

Dalam penerapannya, fleece PE biasanya digunakan untuk pakaian outer seperti jaket dan sejenisnya. Apabila diamati dengan seksama, tampilan terluar kain ini mirip dengan tampilan kaos PE. Tentu, dari segi ketebalan, fleece PE cenderung lebih tebal dibandingkan kaos PE. Salah satu penggunaan dari fleece PE sendiri yaitu untuk pembuatan jaket.

Kain Fleece Micro

Kain fleece micro dan fleece polar terbuat dari bahan yang sama, yaitu dari serat sintetis. Hal yang membedakannya adalah fleece micro mempunyai ciri khas kainnya lebih tipis diri pada dengan jenis kain fleece polar.

Ciri khas lainnya dari kain fleece micro yang membuat konsumen tertarik yaitu karena, kainnya yang terasa lembut saat disentuh. Tidak hanya itu saja kainnya juga termasuk dalam jenis kain yang ringan. Kain fleece micro juga kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian anak-anak dan bayi, sarung tangan, serta syal.

Kain Fleece Cotton

Kain fleece cotton adalah kain yang berasal dari perpaduan dengan katun, maka dari sifat kainnya lebih lembut saat terkena kulit dan lebih halus dari pada jenis kain fleece lainnya. Kain ini mempunyai permukaan yang halus pada kedua sisinya, yaitu pada bagian dalam dan juga bagian luarnya.

Kain fleece cotton mempunyai serat kain yang lebih kasar dibandingkan dengan kaos. Sifat lainnya dari jenis kain ini yaitu lebih sejuk dan adem saat digunakan.

Baca juga Bahan Maxmara (Jenis, Karakteristik, Keunggulan & Tips)

Kain Fleece CVC

Kain fleece CVC lebih dikenal dengan sebutan fleece cotton viscosa. Kain ini mempunyai tekstur serat kain yang lebih kasar dibandingkan dengan kain fleece lainnya, serta mempunyai kualitas di bawah fleece cotton.

Harga kain ini lebih murah dibandingkan dengan fleece cotton. Kain ini mempunyai kualitas yang cukup baik dan biasa digunakan sebagai bahan pembuatan jaket dan hoodie.

Kain Fleece Polar

Kain fleece polar merupakan kain yang diambil dari nama produk perusahaan Malden Mills (polartec), pada tahun 1979. Seiring dengan perkembangan zaman, nama fleece polar sering digunakan untuk bahan pakaian.

Kain fleece berasal dari serat sintesis, contohnya seperti polyester. Kain fleece polar terbagi menjadi 2 macam yaitu anti pil dan non anti pil.

Kain Fleece Sherpa

Kain fleece sherpa adalah kain yang berasal dari bahan dasar polyester. Bisa dikatakan hampir sama dengan fleece polar. Tetapi jenis kain ini mempunyai 2 sisi yang berbeda, yaitu satu sisi mempunyai tekstur bulu yang halus sedangkan sisi yang lain terlihat seperti bulu domba.

Kain Fleece Bamboo

Kain fleece bamboo adalah kain yang dihasilkan dari campuran dari fleece dengan cotton bamboo. Beberapa jenis kain fleece di pasaran lainnya yaitu fleece berber, cuddle, plush, minky, coral dan lain-lain.

Cara Pembuatan Kain Fleece

dan babyterry bagus mana
supplierpeci.com

Kain fleece terbuat dari rajutan benang yang membentuk lembaran kain, Aaron Feuerstein pemilik dari perusahaan tekstil Malden Industries dengan timnya berhasil merubah benang polyester (fabric) yang berkualitas bagus menjadi lembaran kian yang padat.

Lembaran kain ini lalu di proses napping (proses penyikatan pada permukaan kainnya, dengan menggunakan mesin khusus untuk memotong pola loop pada lembaran kain tanpa merusak kainnya. Proses penyikatan ini membuat tekstur permukaan kain menjadi berbulu dan lebih tebal dan disebut dengan kain fleece.

Kain fleece yang sudah melalui proses penyikatan, selanjutnya dirapihkan serabut bulunya yang tidak rapi dengan menggunakan mesin. Di dalam mesin ini terdapat pisau spiral yang bisa merubah bulu fleece menjadi lebih halus, rata dan lembut.

Ukuran benang yang dipakai akan mempengaruhi tingkat ketebalan akhir dari fleece. Diameter benang yang besar, menghasilkan tekstur kain yang halus dan ringan. Sedangkan diameter benang yang kecil, menghasilkan kain yang tebal.

Karakteristik Bahan Kain Fleece

polyester
aminama.com

Kain fleece memiliki karakteristik seperti:

  • Tekstur pada bagian luarnya sedikit berbulu dan memberikan rasa hangat saat digunakan
  • mempunyai daya serap panas yang baik
  • Bisa menyerap keringat dengan baik
  • Kainnya mempunyai sirkulasi udara yang baik
  • Kainnya tidak mudah terbakar
  • Mempunyai sifat kain yang lentur (tetapi tidak mudah melar)
  • Serat kain fleece bisa menghasilkan listrik statis yang lebih besar dibandingkan kain lainnya
  • Kainnya cenderung tebal, lembut dan ringan.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Fleece

ukuran jaket
vorvado.com

Seperti jenis kain lainnya, kain fleece juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh jenis kain fleece:

Kelebihan:

  • Bahan kainnya elastis dan tidak mudah melar
  • Kainnya mudah cepat kering
  • Mempunyai tekstur kain yang halus dan lembut
  • Awet dan tahan lama
  • Harga kainnya yang terjangka
  • Mempunyai sirkulasi udara yang baik

Kekurangan:

  • Tidak cocok digunakan pada suhu yang panas
  • Lapisan kain bagian luarnya mudah terkelupas
  • Cara perawatannya cukup sulit
  • Kainnya mudah kotor
  • Kainnya cukup berat
  • Tidak mudah tahan dengan angin

Penggunaan Kain Fleece

knit
tokopedia.com

Kain fleece banyak digunakan di daerah yang mempunyi iklim cuaca dingin. Hal ini karena kain fleece bisa menghangatkan tubuh. Walaupun begitu, kain ini tidak cocok dipakai di daerah yang mempunyai suhu panas atau ekstrem. Berikut ini beberapa produk yang dihasilkan dari bahan kain fleece seperti:

  1. Sweater
  2. Jaket
  3. Hoddie
  4. Zipper Hoodie
  5. Jogger pants
  6. Sweatpants
  7. Bedsheet
  8. Gamis
  9. Pakaian ski
  10. Selimut

Perbedaan Kain Fleece dengan Kain Babyterry

babyterry vs fleece
konveksigratis.com

Sebelum kalian membeli kain fleece, kalian harus mengetahui perbedaan antara kain fleece dengan kain babyterry. Karena dari kedua kain ini hampir memiliki tampilan yang sama. Berikut ini beberapa perbedaan dari kedua jenis kain tersebut adalah:

  • Kain fleece dibuat dari campuran 80% katun dengan 20% imitasi wool. Sedangkan kain babyterry dibuat dari campuran 80% katun dengan 20% polyterry.
  • Ciri khas kain fleece sedikit kaku, lebih tebal dan cerah dibandingkan dengan kain babyterry. Sedangkan kain babyterry mempunyai ciri khas bahan yang lebih lembut dan elastis.
  • Kain fleece jika digunakan saat siang hari akan membuat gerah, Sedangkan kain babyterry cocok dipakai di wilayah tropis dan saat siang hari.
  • Kain fleece kerap dipakai untuk bahan dasar pembuatan sweater, hoodie, selimut dan bedsheet. Sedangkan kain babyterry banyak dipakai untuk bahan pembuatan handuk, baju anak-anak dan baju bayi.

Harga Kain Fleece

harga
rumahkomunitas.com

Pada umumnya kain fleece dijual dalam bentuk kiloan di pasar, tidak per meter dan per roll. Tetapi hal ini juga bergantung dengan penjual yang menawarkannya.

Menurut harga di beberapa toko online dan marketplace di Indonesia, harga kain fleece di pasaran berkisar antara Rp. 45.000 (jenis kain fleece polar) dan  Rp. 145.000 (jenis kain fleece CVC).

Tapi untuk harga ini tidak bisa dijadikan patokan harga yang paten. Karena setiap toko dan penjualnya biasanya memberikan harga yang berbeda-beda.

Tips Merawat Pakaian Kain Fleece

premium
lifestyle.kompas.com

Pakaian kalian yang berbahan kain fleece akan tetap awet dan tahan lama yaitu dengan merawatnya dengan benar. Berikut ini beberapa cara merawat kain fleece seperti berikut:

  1. Cucilah pakaian bahan fleece kalian dengan menggunakan detergen yang soft. Kalian juga bisa memberikan pelembut pakaian agar serat pada kain akan tetap terjaga kualitasnya. Kalian bisa mencucinya secara manual dan menggunakan mesin cuci
  2. Jenis kain ini sifatnya mudah kering, sehingga kalian tidak perlu menjemurnya langsung di bawah sinar matahari, hanya diangin-anginkan saja sudah bisa kering
  3. Kain ini tidak tahan dengan panas yang berlebihan dan kainnya tidak mudah kusut. Sehingga kalian tidak menyetrikanya juga diperbolehkan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kain fleece, karakteristik, keunggulan, harga dan lain-lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk kalian.

Sumber: https://aminama.com/bahan-fleece/#Perbedaan_Bahan_Kain_Fleece_dan_Baby_Terry

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat