Bahan Jaket (Karakteristik, Jenis, Fungsi & Harga)

Jaket telah banyak digunakan sebagai outfit tambahan yang akan memberikan kesan lebih elegan dan berbeda pada pemakainya. Jaket yang sering digunakan terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Bahan jaket terbagi menjadi beberapa jenis bahan jaket.

Berikut ini kami akan menjelaskan pada kalian mengenai bahan jaket. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Bahan Jaket

mengenal bahan jaket
pinterest.com

Jaket merupakan salah satu jenis produk fashion yang dirancang dengan sedemikian rupa secara khusus sebagai pakaian terluar. Oleh sebab itu, jaket mempunyai karakteristik khas tertentu yang berbeda dengan fashion lainnya.

Jaket (jacket) merupakan jenis pakaian (umumnya tebal) yang berperan untuk melindungi kondisi tubuh agar tetap stabil (hangat). Oleh sebab menggunakan jaket, sehingga pengaruh cuaca yang ekstrim (dingin maupun panas) tidak akan mempengaruhi suhu tubuh.

Jadi, jaket merupakan busana pelindung dari suasana yang tidak kondusif. Kalian pasti merasakan jika dengan menggunakan jaket, maka badan akan menjadi lebih hangat. Jaket terbuat dari beberapa jenis bahan jaket yang berbeda seperti penjelasannya di bawah ini.

Baca juga Bahan Waffle (Karakteristik, Jenis, Kelebihan, Harga & Produk)

Jenis Bahan Jaket

Berikut ini beberapa jenis bahan jaket yaitu:

  • Bahan Fleece
  • Bahan Taslan
  • Bahan Parasut
  • Bahan Diadora
  • Bahan Lotto
  • Bahan Adidas
  • Bahan Baby Terry
  • Bahan Hight Twist
  • Bahan Drill
  • Bahan Kanvas
  • Bahan Corduroy
  • Bahan Denim / Bahan Jeans
  • Bahan Terry
  • Bahan Mikro
  • Bahan Kulit
  • Bahan Tessa
  • Bahan Teteron

Jaket Bahan Fleece

jaket bahan fleece
pinterest.com

Jenis bahan fleece biasanya dibuat dari campuran Cotton dan Wool. Bahan kain ini mempunyai bulu halus, tekstur yang lembut, serta besifat menyerap air (Hidrofobik).

Sifat bahan ini merupakan empuk, halus serta hangat. Bila dipakai untuk membuat jaket, bahan fleece sangat baik dalam menahan panas tubuh sehingga penggunanya akan merasa hangat.

Karena itulah, jaket yang menggunakan bahan fleece sebaiknya tidak dipakai saat cuaca panas terik. Cocok untuk mereka yang berada di wilayah cukup dingin. Bahan fleece biasa digunakan untuk membuat jaket hoodie, jaket varsity, serta sweater.

Bahan fleece ini tersedia dalam beberapa jenis. Setiap jenis bahan fleece memiliki komponen bahan kain dan karakteristik berbeda juga.

Cotton fleece

Jenis fleece ini mempunyai warna yang lebih cerah dan lebih ringan dibandingkan jenis bahan fleece lain. Bahan kain ini mempunyai konsentrasi katun lebih banyak dibandingkan polyesternya.

Polar fleece

Dibuat dari kombinasi polyester, katun, viscose dan serat sintetik lainnya.

Polyester fleece

Memiliki polyester yang cukup banyak sehingga mempunyai tekstur yang lebih kaku serta tampilan lebih mengilap dibanding cotton fleece.

CVC fleece

Terdiri 55% cotton combed serta 45% viscose. Tingkat susut polanya lebih kecil dari bahan katun biasa serta menyerap keringat.

Jaket Bahan Taslan

jaket bahan taslan
pinterest.com

Bahan taslan ialah bahan kain yang sangat populer dan bahan yang terkenal cukup eksklusive untuk dijadikan jaket karena sifatnya anti air/ waterproof( walaupun tidak seluruh jenis bahan taslan bersifat anti air). Jenis bahan taslan ini ada beberapa macam yaitu taslan salur, taslan korea, taslan Lokal.

Sepintas bahan taslan mirip dengan bahan parasut, tetapi jenis bahan taslan lebih tebal, lembut, ringan serta kuat dibandingkan bahan parasut. Bahan taslan ini umumnya digunakan untuk jaket motor, jaket varsity, rompi, parka atau jaket untuk keperluan outdoor lainnya. Jenis kain ini, tidak hanya anti air, bahan taslan juga tidak mudah ditembus angin.

Jaket Bahan Parasut

jaket bahan parasut
pinterest.com

Bahan parasut ialah bahan yang sangat tipis serta cenderung kedap air atau angin sehingga cocok digunakan pada musim hujan. Tidak hanya itu, bahan parasut juga mudah perawatannya karena mudah dibersihkan dan sebaiknya tidak terlalu sering dicuci.

Jika perawatannya tepat, jaket parasut akan tahan lama walaupun sering digunakan. Sifat bahan parasut yang kedap air dan angin, maka tidak bisa menyerap keringat dan sangat tidak dianjurkan menggunakan jaket berbahan parasut saat cuaca panas.

Jenis jaket yang memakai bahan parasut merupakan jaket yang digunakan pengendara motor. Jenis bahan kain ini sangat sesuai untuk jaket hoodie, jaket varsity, jaket motor atau jaket olahraga, seperti windrunner.

Jaket Bahan Diadora

jaket bahan diadora
pinterest.com

Bahan Diadora merupakan bahan yang sering digunakan untuk jaket yang bernuansa sport. Bahan ini agak terlihat mengkilat serta agak lebih tebal dibanding dengan bahan- bahan lain yang sering digunakan untuk jaket sport.

Bahan ini disebut diadora karena bahan ini meniru dari merek terkenal Diadora( perusahaan Sport International) sehingga disebut oleh orang indonesia bahan diadora. Bahan Diadora ini biasanya digunakan untuk sweater/ pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty.

Baca juga Bahan Kanvas Lengkap (Jenis, Karakteristik, Kelebihan & Harga)

Jaket Bahan Lotto

jaket bahan lotto
pinterest.com

Bahan Lotto merupakan bahan yang terlihat agak mengkilat hampir sama dengan bahan Diadora tetapi lebih tipis dari bahan Diadora, bahan Lotto umumnya digunakan untuk jaket bertipe sporty.

Bahan Lotto disebut lotto karena bahan ini meniru dari merek terkenal Lotto( industri Sport International) sehingga disebut oleh orang indonesia bahan Lotto. Bahan Lotto ini umumnya digunakan untuk pembuatan sweater/ pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty.

Jaket Bahan Baby Terry

bahan jaket
pinterest.com

Jenis kain yang satu ini termasuk bahan kain yang mempunyai daya serap air yang tinggi karena dibuat dari katun. Memiliki permukaan yang lembut, tebal, agak berbulu, serta terdapat lipatan serat kecil di salah satu sisinya. Kekurangan utama kain high twist merupakan sifatnya yang panas serta tidak dapat menyerap air dengan baik.

Biasanya Baby Terry dipakai untuk bahan pembuatan handuk mandi, tetapi banyak juga yang memanfaatkannya untuk bahan jaket hoodie, sweater, serta jaket untuk anak. Jenis bahan ini terbilang nyaman digunakan, adem, serta nyaman walaupun bahannya tebal.

Jaket Bahan Hight Twist

bahan jaket
pinterest.com

Bahan hight twist bahnnya terlihat mengkilap dan rapih, biasa di pakai untuk bahan jaket, semi jas, jas, blazer dan juga celana. Tetapi bahan ini sedikit panas sebab memiliki bahan sintetis.

Di pasar Indonesia bahan high twist muncul dengan bermacam nama, merk, serta kualitas. Nama, merk ataupun istilah itu antara lain Jet Black, Tiger, Sebastian, Caravelle, Intercooler, Maxi Style, Staff, Serasi, dan lainnya.

Jaket Bahan Drill

bahan drill
pinterest.com

Bahan drill biasa digunakan sebagai bahan jaket- jaket yang menyerap keringat, sifat- nya halus serta dingin jika dipakai. Jaket ini cukup cocok untuk jaket pengendara sepeda motor yang tidak ingin kepanasan dan sekedar menghindari kulit menjadi hitam.

Tetapi bahan drill ini bisa juga dijadikan jaket buat komunitas, kelompok maupun paguyuban. Terdapat berbagai tipe bahan drill yang beredar di pasaran, antara lain American drill, Japan drill, Taipan drill serta drill jenis lain dengan nama yang berbeda- beda.

Jaket Bahan Kanvas

jaket bahan kanvas
pinterest.com

Bahan kanvas merupakan bahan jaket yang digunakan untuk membuat jaket- jaket kasual dan setengah resmi. Banyak jaket- jaket distro memakai bahan ini. Kanvas juga beragam jenisnya, dari serat dan ketebalan yang berbeda- beda.

Bahan kanvas lapisan atasnya sedikit berbulu dan benang maupun material ringan mudah menempel pada bahan kanvas.

Jaket Bahan Corduroy

jaket bahan corduroy
pinterest.com

Bahan corduroy merupakan jenis kain tekstil dibuat dari serat kapas tebal yang dipuntir, mempunyai tekstur yang baik serta halus. Kain ini terdiri dari tali berumbai yang akan terlihat seperti saluran yang berupa garis- garis disepanjang kainnya.

Jenis bahan corduroy umumnya dipakai untuk membuat sweater, blazer perempuan, celana panjang, serta jaket anak.

Jaket Bahan Denim

jaket bahan denim
pinterest.com

Bahan Demin/ Jeans ini umumnya di pakai untuk pembuatan celana jeans. Akan tetapi saat ini telah banyak juga yang memakainya untuk dibuat jaket, rompi, topi, maupun blazer. Coraknya yang cukup unik membuat jenis bahan ini disukai banyak orang. Teksturnya juga bervariasi, ada yang lembut dan kasar, tidak begitu lentur, dan kuat.

Jaket Bahan Terry

bahan jaket
pinterest.com

Bahan katun yang sangat nyaman untuk jaket maupun sweater, tebal tetapi tidak panas karena tidak berbulu. Sesuai untuk mereka yang berada di cuaca tropis. Bahan ini mirip dengan Fleece, cuma serat( alurnya) lebih kecil serta lebih halus tidak berbulu. Penggunaannya hampir sama dengan bahan Fleece. Untuk serat yang lebih kecil lagi dinamakan Baby Terry.

Jaket Bahan Mikro

bahan jaket
pinterest.com

Mempunyai bahan yang sangat kuat untuk menahan angin, sedikit anti air dan tidak dingin jika di pakai saat kita mengendarai motor di malam hari. Bahan mikro ini bisa digunakan untuk jaket maupun kemeja. Umumnya jaket ini disukai para pria yang suka touring.

Jaket Bahan Kulit

jaket bahan kulit
pinterest.com

Kelebihan, jaket dari bahan kulit lebih tahan lama, mampu menahan resapan air dan angin. Karena itu, kebanyakan jaket dengan bahan kulit merupakan jaket dan rompi motor. Tetapi, bahan kulit sendiri terdapat 2 jenis, kulit alami dan kulit sintetis.

Untuk kulit alami umumnya terbuat dari kulit hewan asli, seperti kulit domba, kulit kambing, dan kulit sapi. Ciri bahan kulit alami permukaannya agak kasar karena ada tekstur kulit alaminya, lentur, dan warnanya cenderung kusam.

Sebaliknya, kulit sintetis mempunyai ciri yang relatif kaku, permukaannya halus, warnanya tegas dan mengkilap.

Jaket Bahan Tessa

Bahan tessa yang digunakan untuk jaket semi jas, mempunyai harga dan kualitas yang terletak di bawah bahan jas.

Jaket Bahan Teteron

Sifat bahan teteron kasar, karakteristik khas dari bahan ini merupakan adanya serabut yang mirip garis. Tidak menyerap keringat dan panas. Jenis jaket ini tidak bisa direkomendasikan untuk wilayah yang bercuaca panas yang ekstrim.

Fungsi dan Manfaat Jaket

bahan jaket

Fungsi jaket yang utama adalah sebagai pelindung badan. Sebagai produk fashion laki-laki dan perempuan jaket kulit punya fungsi ganda, yaitu sebagai pelindung dan style busana. Sebagai pelindung, jaket kulit berguna untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil dari pengaruh cuaca alam.

Jika bermutu ekspor, jaket kulit mampu memberikan rasa puas bagi pemakainya karena dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Bahkan, kalangan artis pun banyak yang memakainya loh…

Jadi fungsi jaket itu pada awalnya adalah untuk melindungi tubuh supaya tetap hangat. Beberapa kondisi yang memungkinkan kamu memakai jaket adalah:

  • Olahraga seperti lari
  • Traveling
  • Cuaca dingin, seperti hiking atau naik gunung (mendaki bromo, dieng), musim salju (winter), musim gugur, musim hujan
  • Berkendara, seperti naik motor untuk touring
  • Wanita pria lansia, seperti nenek dan kakek
  • Cuaca panas, seperti jaket keselamatan pemadam kebakaran
  • Model jaket khusus seperti hijabers atau pria gemuk

Harga Jaket

bomber yang bagus
shopee.co.id

Untuk harga jaket kini bervariasi dan harganya bisa sesuai denggan kualitas dari bahan jaketnya. Foto di atas merupakan harga jaket yang ada di marketplace. Namun harga jaket di atas belum bisa dijadikan harga paten karena setiap penjual maupun toko, menjual jaket berbeda-beda.

Jika kalian tidak ingin repot dan bingung, kalian bisa membeli jaket di pasaran dan di distro mall. Kalian bisa memilih jaket sesuai dengan keinginan kalian dan harganya cukup dengan kantong kalian.

Cara Merawat Bahan Jaket

cara merawat bahan jaket
pinterest.com

Agar jaket kalian bisa awet dan kualitasnya tetap terjaga, kalian harus mengetahui bagaimana cara merawatnya. Berikut ini ikuti beberapa tips untuk merawat jaket dengan mudah:

  • Lebih baik dicuci secara manual dengan menggunakan tangan, agar kualitas bahan kainnya tetap terjaga
  • Berilah pelembut pakaian agar kain tetap halus
  • Jemurlah di tempat yang tidak langsung di bawah sinar matahari
  • Baliklah jaket kalian saat menjemurnya agar warnanya tidak cepat pudar
  • Jika ingin menyetrikanya kalian perlu mengetahui jenis bahan jaketnya terlebih dahulu, karena pada setiap jenis bahannya mempunyai perawatan yang berbeda-beda.

Sumber: http://vendorjaket.com/8-jenis-bahan-kain-yang-tepat-untuk-membuat-aneka-jaket/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat