kain katun

Bahan Katun (Karakteristik, Jenis & Outfit Gamis Bahan Katun)

Indonesia yang memiliki iklim tropis, banyak masyarakat yang menggunakan bahan katun sebagai bahan dasar pembuatan pakaian. Hal ini dilakukan karena bahan katun bersifat lembut, dingin dan tahan lama.

Selain itu, bahan katun juga digunakan sebagai bahan baku trend fashion terutama untuk para desaigner. Kualitas kain katun yang terjamin bagus dan cocok digunakan sebagai bahan baku pakaian.

Mengenal Bahan Katun

bahan katun
publizonagranada.es

Apa itu bahan katun?

Katun merupakan salah satu tipe bahan kain yang berasal dari serat alami tumbuhan kapas dengan nama latin gossypium. Serat kapas ini lalu diolah dengan teknik dipintal menjadi helaian benang, lalu ditenun menjadi kain katun.

Bahan ini menduduki posisi paling tinggi sebagai bahan baku tekstil yang sangat banyak diproduksi, bila dibanding dengan serat buatan ataupun sintetis. Kain katun memiliki banyak variasi mulai dari harga, mutu hingga kualitasnya.

Bahan kain katun juga termasuk dalam jenis kain yang mudah perawatannya, serta tidak mudah luntur warnanya. Seratnya yang kuat dan cukup tebal, awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Pada umumnya katun terbagi menjadi 2 jenis yaitu:

  1. Katun yang dipintal dan ditenun dari serat alam tanaman kapas
  2. Linen yang dipintal dan ditenun dari serat alam tanaman rami

Linen termasuk dalam jenis katun, jenis katun ini biasanya jarang ditemui karena banyak faktor. Namun, dibandingkan dengan jenis katun biasa, katun linen memiliki daya tahan yang lebih baik serta seratnya yang lebih kuat.

Jenis-Jenis Kain Katun

Bahan katun yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian, terbagi menjadi beberapa jenis yang bervarian dan memiliki ciri khas masing-masing. Berikut ini penjelasan dari jenis-jenis kain katun:

Kain Katun Stretch

bahan katun stretch
shopee.co.id

Katun stretch merupakan jenis katun yang berasal dari dua jenis serat, yaitu serat kapas dengan serat spandek. Katun ini bersifat elastis dan bisa menyerap keringat dengan baik.

Banyak orang yang berpendapat bahwa jenis katun stretch ini mempunyai bahan yang sama dengan katun spandek. Katun Stretch pada umumnya banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan legging, kaos, celana dan gamis panjang.

Kain Katun Flanel

kain katun flanel
id.aliexpress.com

Katun flanel memiliki karakteristik melalui motifnya kotak-kotak dan sedikit berbulu. Kain flanel yang bermotif kotak-kotak ini pada umumnya sering disebut dengan sebutan flanel yarn dyed.

Kain katun flanel dibuat dengan menggunakan cara ditenun (plain weave), lalu dilanjutkan dengan proses penyikatan (brushed) pada salah satu sisinya, dengan menggunakan mesin untuk menghasilkan tekstur permukaan yang lembut.

Kain Katun Denim

kain katun denim
jumi.store

Katun denim umumnya digunakan oleh para produsen untuk membuat baju denim  (mulai dari celana hingga jaket). Mungkin kalian sudah sering mendengar nama celana Jeans serta Levi’s?

Jadi, celana jeans maupun Levi’s yang selalu ditemui di pasaran itu sebenarnya merupakan celana bahan katun denim. Sedangkan Jeans serta Levi’s merupakan nama brand ataupun merek dagangnya. Kedua tipe celana ini memakai katun (cotton) sebagai bahan dasarnya.

Kain Katun Satin

kain katun satin
id.aliexpress.com

Pada jenis katun sateen, dari segi bahan mirip dengan jenis katun biasa. Yang membedakannya ialah pada proses penenunan katun sateen, yang dilakukan dengan teknik satin. Katun sateen mempunyai tampilan permukaan yang lumayan mengkilap serta berkilau.

Info tambahan satin sendiri ialah nama cara tenun untuk menghasilkan bahan kain yang mengkilap. Jadi kain satin juga terbuat dari serat lainnya seperti sutra, nylon, polyester, dll. Buat lebih jelasnya kalian bisa membeli kain ini.

Kain Katun Carded

kain katun carded
tokopedia.com

Nama dari katun carded juga sama seperti katun combed, yaitu diambil dari teknik pembuatannya yaitu carding. Jenis katun ini memiliki ciri khas dengan bahan yang tidak selembut dan sehalus katun combed. Walaupun begitu, jenis katun ini mempunyai daya serap yang sama dengan kain katun combed.

Pada pembuatan katun combed, prosesnya memakai teknik combing ataupun sisir, setelah itu serat- serat panjang yang dihasilkan dari proses tersebut dipilih untuk membuat benang.

Sedangkan pada pembuatan katun carded memakai proses garuk, sehingga menciptakan serat- serat pendek yang masih menyatu, hal inilah yang menyebabkan benang kainnya yang dihasilkan tidak sehalus katun combed.

Kain Katun Combed

kain katun combed
elfadz.com

Katun combed mempunyai ciri khas bahan yang halus, lembut dan baik saat menyerap keringat. Nama dari katun combed ini diambil dari cara bahan katun ini dibuat, yaitu dengan combing.

Katun combed memiliki 3 jenis tingkatan ketebalan yaitu:

  • Combed 24s (bahannya lebih tebal serta harganya lebih murah dibandingkan dengan jenis 30s).
  • Combed 30s (bahannya yaitu pada tingkat sedang dan sering digunakan sebagai bahan pembuatan kaos).
  • Combed 40s (memiliki bahan yang tipis).

Kain Katun Minyak

kain katun minyak
worldatlas.com

Katun minyak berkarakteristik mengkilap bahannya seperti minyak, maka dari itu jenis katun ini diberi nama dengan katun minyak. Namun, di Indonesia jenis kain katun ini masih jarang diketahui.

Ciri khas dari katun minyak mirip dengan jenis katun silk sutra, hal yang membuatnya berbeda yaitu katun minyak lebih mengkilap. Mengkilap pada serat bahan katun ini akan berkurang jika setelah mengalami beberapa kali proses pencucian.

Kelebihan dari jenis katun minyak yaitu memiliki daya serap keringat yang cukup baik.

Kain Katun Satin Jepang

kain-katun-jepang-
kaos-kerah.com

Jenis kain katun jepang ini berasal dari Negara jepang, dimana di Jepang ini kain katun satin banyak diproduksi. Setelah itu Katun satin Jepang diimpor di berbagai negara lainnya.

Ciri khas dari katun satin Jepang yaitu:

  • Mempunyai tekstur yang lembut
  • Berwarna cenderung kuat
  • Terasa dingin dan nyaman saat digunakan

Kain Katun Bangkok

baju kain katun thailand_bangkok_
corousell.com

Jenis katun Bangkok ini diproduksi dan berasal dari kota Bangkok. Salah satu ciri khas dari kain katun ini yaitu, memiliki motif yang berupa lukisan Thailand pada permukaan kainnya. Katun ini mempunyai tekstur permukaan yang sedikit kasar, bahannya juga lebih tipis dibandingkan dengan jenis katun lainnya.

Kain katun Bangkok pada umumnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan blouse maupun kemeja. Karena bahannya yang tipis, kita harus lebih hati-hati saat memakainya dan kita harus tau terlebih dahulu bagaimana cara merawat bahan ini agar tahan lama.

Kain Katun Paris

kain katun paris
id.corousell.com

Katun Paris bahannya hampir sama dengan katun biasa namun, kualitas dari katun Paris lebih bagus dibandingkan dengan jenis katun biasa. Katun Paris memiliki ciri khas lebih ringan dan tipis dibandingkan dengan katun biasa.

Pada umumnya katun ini banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan gamis syar’i, blouse, hijab dan lain-lain. Jenis kain katun Paris ini akan mudah kalian temui di pasaran dan di berbagai toko kain terdekat kalian.

Kain Katun Silk Sutera

bahan-kain-katun-silk-sutra-
insidenesia.com

Katun silk sutera adalag hasil dari perpaduan antara campuran sutera dengan katun. Bahan kain ini mempunyai karakteristik tekstur dari sutera, terasa dingin saat dipakai dan ketika kainnya diraba akan terasa lembut dan halus. Katun ini juga memiliki kualitas kain yang kuat dan awet.

Kain Katun Cina

kain katunn cina
ahyanahijab.com

Jenis katun Cina atau yang lebih dikenal dengan nama katun twill, merupakan katun yang berasal dari Negara Cina dan banyak diproduksi disana. Katun ini mempunyai ciri khas bahan yang tipis dengan warna kain yang tidak terlalu mencolok. Terkadang kualitas bahannya kurang bagus.

Kain Katun Rayon

bahan-katun-rayon
gamisjilbabsyari.com

Jenis katun rayon banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan gamis, tidak hanya itu kain rayon juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan kerudung. Katun rayon memiliki karakteristik tekstur yang licin, ringan serta bisa menyerap keringat dengan baik. Namun, kelemahan dari katun ini adalah kainnya yang mudah kusut.

Kain Katun Biasa

kain katun biasa
laristahijab.com

Katun biasa mempunyai kualitas bahan yang standar, harganya juga lebih murah dibandingkan dengan jenis kain katun yang lain. Katun biasa juga memiliki ciri-cir sebagai berikut:

  • Mempunyai banyak jenis motif, seperti bunga, garis, polosan
  • Tidak mempunyai kode warna pada gulungan maupun di pinggir kainnya
  • Mempunyai daya serap keringat yang baik

Jenis Kain Katun yang Rekomended

Berikut ini jenis-jenis kain katun yang rekomended, bagus untuk bahan fashion kalian:

Kain Katun Ima Royal Platinum

kain katun ima royal platinum
pintaram.com

Katun ima royal platinum merupakan kain yang memiliki tekstur berupa kotak-kotak kecil yang terlihat pada permukaan kainnya. Selain itu bahnnya ringan, tidak menerawang dan tidak terlalu jatuh. Bahannya sedikit mengkilap namun tidak terlalu mencolok.

Kain Katun Linen Euro

kain katun linen euro
dawnfarias.com

Jenis katun linen adalah bahan kain yang paling kaku dan mempunyai serat benang yang paling besar dan longgar. Hal ini menyebabkan kain saat digunakan menerawang. Kelebihan pada kain ini yaitu adem saat digunakan.

Kain Katun Madinah

kain katun madinah
elhafashion.com

Katun Madinah merupakan jenis kain katun yang memiliki tekstur lembut dan adem saat digunakan. Ciri khas dari kain ini adalah ringan, jatuh dan tidak menerawang sehingga cocok digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian.

Ketebalan dan kualitas kain yang bagus, banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan gamis syar’i. Selain itu kain ini juga mudah menyerap keringat dengan baik dan cocok digunakan pada daerah tropis seperti di Indonesia.

Kain Katun Toyobo Fodu Import Premium

Kain-katun-Toyobo-FODU-impor premium
mizutex.com

Katun toyobo fodu merupakan produk impor sama seperti katun toyobo original. Namun, katun toyobo fodu mempunyai kualitas serat kain yang lebih tebal dan rapat. Sehingga kualitasnya berada diatas katun toyobo original.

Kain Katun Toyobo Original Import

kain katun toyobo original impor
mizutex.com

Katun toyobo merupakan jenis katun impor yang memiliki tekstur tidak kaku, ringan, adem, halus dan tidak licin kainnya. Serat pada kainnya yang tersususun rapat membuat katun ini tidak menerawang saat digunakan.

Ketebalan pada katun toyobo sangat pas, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan baju formal maupun non-formal. Kualitas kain ini merupakan yang paling baik daripada katun biasa.

Kain Katun Jepang Polos Tokai Senko

katun jepang polos tokai senko
tokopedia.com

Katun jepang polos tokai senko adalah jenis kain katun yang diproduksi secara lokal, namun memiliki kualitas yang bagus. Kain katun ini berbeda dengan jenis katun lainnya, karena bahnnya lebih kaku, namun tergolong ringan dengan serat benang yang sangat rapat.

Jenis katun ini banyak sekali digunakan sebgai brand fashion, banyak para desaigner yang menggunakan bahan katun ini sebagai bahan utama pembuatan mukena, kebaya dan lain-lain.

Kain Katun Ima Polos dan Ima Slub Import

bahan-katun-ima polos
gamisjilbabsyari.com

Katun ima polos dengan ima slub merupakan jenis katun yang sma dari berbagai sisi. Hal yang membedakannya yaitu jika bahan katun ima polos permukaannya lebih halus dan polos.

Jenis kain katun ini merupakan produk impor dari Jepang, katun ini memiliki tingkat ketebalan hampir sama dengan katun supernova. Akan tetapi, kualitas dan keawetan bahan kainnya masih diatas katun supernova.

Kain Katun Supernova

kain katun-supernova
pusathijabterbaru.com

Katun supernova merupakan bahan yang bertekstur halus dan tidak licin. Bila dipakai maka akan terasa adem dan nyaman, harga dari kain ini cukup murah. Ciri khas dari katun supernova yaitu bahannya ringan, tetapi tidak jatuh. Jenis katun ini banyak diminati masyarakat dan dijadikan sebagai bahan utama pembuatan pakaian.

Karakteristik Kain Katun

jepang
insidenesia.com

Karakteristik bahan katun yaitu seperti:

  • Mempunyai tekstur kain yang lembut serta halus
  • Daya tahannya kuat serta awet
  • Dingin maupun adem disaat dikenakan
  • Bersifat hypoallergic, yang maksudnya tidak menimbulkan alergi pada banyak orang
  • Sebagian jenis katun ada yang mengkilap
  • Ada sebagian serabut- serabut halus( tergantung dari jenis katunnya)

Kelebihan Kain Katun

Kain katun memiliki beberapa kelebihan antara lain:

  • Tidak panas disaat digunakan, bahan ini juga bisa menyerap keringat dengan baik
  • Aman dipakai, terasa adem serta lembut bila bersentuhan dengan kulit
  • Kuat serta tahan lama
  • Meresap keringat dengan baik

Kekurangan Kain Katun

Bahan katun memiliki beberapa kekurangan antara lain:

  • Mudah kusut sebab teksturnya juga agak kasar walaupun tergantung dengan jenis kain yang digunakan
  • Mudah luntur

Outfit Gamis Kain Katun dengan Macam-Macam Warna

Tampil Percaya Diri dengan Outfit Gamis Kain Katun Warna Merah Maroon

rayon
zalora.co.id

Ceriakan Harimu dengan Outfit Gamis Kain Katun Warna Ungu

foil
zalora.co.id

Terlihat elegan dengan Outfit Gamis Kain Katun Warna Abu-Abu

premium
zalora.co.id

Semakin Cute dan Kalem Menggunakan Outfit Gamis Kain Katun Perpaduan Warna krem dan Coklat Pastel

apple
zalora.co.id

Ciptakan Suasana Sejuk dengan Outfit Gamis Kain Katun Warna Navy

scott
zalora.co.id

Cara Merawat Pakaian Kain Katun

biasa
idea.grid.id

Agar pakaian kalian yang berbahan dasar kain katun bisa tahan lama, kalian perlu tau cara merawatnya. Berikut ini cara merawatnya yaitu:

  1. Mencucinya dengan menggunakan detergent secukupnya, karena jika menggunakan dengan kadar yang berlebihan maka akan mengurangi daya tahan kain. Gunakanlah detergent yang soft, agar kain tetap lembut dan terjaga kualitasnya.
  2. Mencuci dengan manual menggunakan tangan akan membuat serat pada kain tetap awet. Jika menggunakan mesin cuci, maka akan menarik serat dan membuat serat pada kain semakin rentan cepat rusak.
  3. Saat menjemur pakaian bagian dalam pakaian dibalik keluar agar warna pada kain tetap awet, jangan dijemur langsung dibawah sinar matahari.
  4. Gunakan suhu yang sedang saat menyetrika pakaian kain ini.
  5. Gunakan lapisan kain saat menyetrika bahan kain ini, agar hasil setrika lebih lembut dan halus.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian bahan katun, jenis-jenis kain katun, karakteristik, Outfit gamis kain katun berserta tips cara merawatnya. Semoga bermanfaat Jazakumullah khairan 🙂 .

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *