kerudung

Bahan Maxmara (Jenis, Karakteristik, Keunggulan & Tips)

Berbagai macam kain mungkin sudah pernah kalian dengar seperti kain spandek, kain wolfis dan kain katun. Tetapi apakah kalian sudah pernah tau mengenai kain maxmara? Agar kalian paham mengenai jenis kain yang satu ini, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Bahan Maxmara

bahan maxmara
bahankain.com

Apa itu bahan maxmara?

Bahan maxmara merupakan jenis serat kain yang mirip dengan kain satin. Sebagian orang menyangka maxmara masuk ke dalam jenis satin. Nama bahan satin sendiri di ambil dari nama teknik tenun memakai serat filament sehingga mempunyai ciri bahan yang mengkilap ataupun glossy.

bahan maxmara ini teksturnya lebih halus tetapi tidak licin, mudah diatur, tetap tegak di dahi, bahannya adem, tidak terawang dan nyaman saat digunakan dibanding dengan jenis bahan satin.

Baca juga Bahan Crepe (Jenis, Karakteristik & Cara Merawatnya) Wajib Kalian Tau

Karakteristik Kain Maxmara

lotus
aminama.com

Berikut ini beberapa ciri khas dari kain maxmara:

  • Mempunyai karakter bahan yang ringan, licin, serta jatuh
  • Tidak gerah saat dipakai
  • Mempunyai tekstur kain yang lebih lembut serta adem dibanding dengan jenis satin
  • Bahannya nyaman saat menyentuh kulit
  • Karakter bahannya yang tipis
  • Sifat kain maxmara tidak transparan
  • Kain maxmara mempunyai serat bahan yang lebih rapi bila dibanding dengan jenis bahan satin
  • Harga relatif lebih mahal dari satin

Tidak hanya itu, karakteristik khas kain ini sifatnya jatuh, dingin serta sedikit mengkilap/ shine tetapi kilapnya cenderung doff (tidak memantulkan cahaya berkilau) membuat penampilan bahan maxmara ini jauh lebih bagus, elegan nan menawan mempesona ketika digunakan.

Jenis-Jenis Kain Maxmara

velvet
mizutex.com

Seperti bahan kain lainnya yang memiliki berbagai jenis-jenis kain. Kain maxmara sendiri juga memiliki banyak macamnya, tetapi disini kita akan membahas 9 jenis kain maxmara yang biasanya di jual dipasaran dan di berbagai toko kain.

Kain Maxmara Lux

Kain maxmara lux mempunyai ciri yang sangat adem, sangat jatuh, sangat lembut saat menyentuh kulit, serta warna bahannya sangat doff. Bila kalian bandingkan jenis maxmara lux dengan jenis yang lain.

Serat dari kain yang dipunyai maxmara lux masih kelihatan jelas dibanding dengan jenis maxmara yang lain. kain maxmara ini termasuk dalam jenis klasifikasi premium, jenis maxmara satu ini tergolong mempunyai tingkat kenyamanan paling tinggi.

Kain Maxmara Galaxy

Bahan maxmara galaxy mempunyai tekstur kain yang lebih mengkilap bila dibandingkan jenis kain yang lain. Sekilas terlihat sama dengan kain maxmara lux, perbedaanya kain ini tidak begitu adem serta serat kain hampir tidak terlihat.

Maxmara galaxy mempunyai ciri yang lebih kaku dan juga warnanya lebih berkilau bila dibandingkan dengan maxmara lux. Walaupun maxmara galaxy tidak seadem maxmara lux, tetapi kain ini masih sangat nyaman untuk kalian gunakan.

Kain Maxmara Premium

Salah satu bahan jilbab berkualitas tinggi serta nyaman saat digunakan dan kelihatan bagus memang terbuat dari bahan maxmara premium. Kualitas produknya yang bagus sehingga harga kain lebih mahal dibanding jenis yang lain.

Detail desain bahan ini lebih hidup, tajam dan bahkan hasil tenunnya maksimal. Pada dasarnya kain maxmara bahannya adem, halus semacam sutera, kainnya jatuh, mudah diatur (tidak licin ketika dipakai) serta yang pasti tetap terkesan modern.

Kain Maxmara Lotus

Maxmara lotus yang tentu agak melar, umumnya kain ini digunakan untuk bahan dasar gamis ataupun dress dari pada jilbab. Sifatnya sama dengan kain satin, adem pada saat dipakai, nyaman dikulit serta tebal sehingga tidak terawang.

Tekstur kain ini sendiri tidak begitu berkilau atau mengkilap, sehingga enak dipandang. Untuk perempuan yang mau telihat anggun, menawan, elegan tetapi tetap bagus dapat memakai bahan ini sebagai dasar pembuatan gamis maupun dress.

Kain Maxmara Midi

Buat kain jenis maxmara midi, mempunyai karakter kain yang paling berkilau serta paling kaku jika kalian bandingkan dengan jenis maxmara galaxy dan maxmara lux. Bila kalian raba bagian dalam kain ini, akan terasa sedikit kasar.

Ciri kain maxmara yang lain adalah mempunyai tekstur permukaan yang licin seperti permukaan lilin, dengan serat kain yang hampir tidak terlihat oleh mata.

Kain Maxmara Polos

Apabila kita bandingkan di antar jenis maxmara galaxy serta maxmara lux, grade maxmara polos berada di atas grade maxmara galaxy, dan bisa di katakan setara dengan grade maxmara lux.

Serat kain maxmara polos mempunyai ciri kain yang cenderung glossy atau mengkilap, yang dibalut dengan tekstur kain yang lembut semacam jenis maxmara lux. Tidak hanya itu karakter kainnya tergolong tidak kaku serta jatuh, hampir mirip seperti maxmara galaxy.

Kain Maxmara Lokal

Kain maxmara yang lokal mempunyai ciri serat yang tebal, glossy ataupun mengkilap cenderung doff, serta bobot kainnya sedikit berat. Jenis ini sangat sesuai untuk pembuatan gamis maupun rok karena tidak perlu adanya pelapis kain furing lagi.

Sifat kain maxmara lokal ini juga tidak menempel pada badan serta tidak menerawang, dan umumnya ada beberapa motif maupun polosan. Buat yang maxmara lokal polos, seringkali digunakan sebagai khimar instan dan hijab( kerundung).

Kain Maxmara Pure Italiano

Buat jenis maxmara pure italiano dapat dikatakan jenis kain maxmara yang premium. Maxmara jenis ini mempunyai karakter kain yang lembut, jatuh, tipis, berkilau, serta bila dibanding dengan jenis maxmara lokal, bahannya lebih ringan.

Jika sobat memutuskan untuk membuat buasana muslimah, seperti gamis, dari maxmara jenis pure italiano, sebaiknya memakai lapisan kain lagi menggunakan furing.

Kain Maxmara Silk

Kain maxmara silk termasuk dalam jenis kain yang premium. Ciri khas dari maxmara silk ini yaitu mempunyai karakteristik kain yang jatuh, berkilau, ringan, lembut dan adem. Jenis kain maxmara silk ini sering disebut dengan maxmara high quality.

Perbedaan Kain Maxmara dengan Kain Satin

detail
insidenesia.com

Berikut ini beberapa perbedaan antara kain maxmara dengan kain satin:

  • Kain maxmara mempunyai serat yang lebih rapat daripada kain satin
  • Bahan kain maxmara bersifat tidak menerawang sama dengan kain satin
  • Maxmara lebih ringan daripada kain satin
  • Kainnya lebih adem daripada jenis kain satin
  • Ciri khas bahannya lebih lembut daripada kain satin
  • Kualitas bahannya berada diatas kain satin
  • Maxmara harganya lebih mahal daripada kain satin

Kelebihan dan Kekurangan Kain Maxmara

Bahan Maxmara (Jenis, Karakteristik, Keunggulan & Tips)
mizutex.com

kain maxmara memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti:

Kelebihan

kelebihan dari kain maxmara yaitu:

  • Kainnya halus dan lembut
  • Tidak panas
  • Tidak mudah Kusut
  • Memiliki banyak pilihan variasi warnanya

Kekurangan

Kekurangan dari kain maxmara yaitu:

  • Cara merawat kainnya membutuhkan cara yang khusus
  • Kainnya sulit untuk dijahit
  • Harganya mahal

Penggunaan Bahan Maxmara

kerudung
hijabenka.com

Banyak kain maxmara digunakan sebagai bahan pembuatan beberapa produk fashion muslimah seperti:

  • Gamis
  • Jilbab
  • Baju kerja

Harga Kain Maxmara

Di toko kain maupun di pasaran, pada umumnya kain maxmara bisa kalian beli dengan harga per meter, yard dan roll (grosir atau eceran). Namun jika kita melihat harga di marketplace, harga kainnya berkisar mulai Rp. 13.000 – Rp. 66.500/ ½ meter. Jadi untuk 1 meternya Rp. 26.000 – Rp. 133.000

Untuk jenis kain maxmara premium, harga setengah meternya di atas Rp. 50.000. Tentunya harga jenis kain premium ini sesuai dengan kualitasnya yang grade terbaik. Namun harga disini hanya bisa dijadikan sebagai referensi dan tidak bisa dijadikan sebagai patokan harga yang paten, karena di pasar dan toko kain setiap orangnya menjual dengan harga yang berbeda-beda.

Cara Merawat Pakaian Kain Maxmara

menyerap keringat
rumah.com

Agar pakaian kalian terawat, tahan lama dan terjaga kualitasnya kalian bisa mengikuti tahap-tahap cara merawat kain maxmara seperti berikut:

  • Lebih baik dicuci dengan secara manual agar serat kain tetap terjaga kualitasnya
  • Gunakanlah sabun cair dan lebih baik ditambahkan dengan pelembut pakaian
  • Jemurlah kain ini pada tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari
  • Gunakan suhu yang sedang (medium) saat menyetrikanya
  • Simpanlah di lemari dalam keadaan sudah kering, jika masih setengah kering maka akan menimbulkan jamur

Itulah beberapa penjelasan mengenai bahan kain maxmara, karakteristik, kelebihan serta kekurangan dan lain-lain. Semoga bermanfaat 🙂

Sumber: https://aminama.com/bahan-kain-maxmara/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat