bahan waffle

Bahan Waffle (Karakteristik, Jenis, Kelebihan, Harga & Produk)

Kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai salah satu jenis kain yang sangat unik, yaitu bahan waffle. Kenapa disebut dengan waffle? agar kalian bisa memahaminya dengan mudah, yuk simak penjelasannya di bawah ini ya.

Mengenal Bahan Waffle

kain waffle milano
pusathijabterbaru.com

Apa itu bahan waffle?

Bahan Waffle merupakan salah satu jenis kain rajutan yang dibuat dari katun yang mempunyai tekstur permukaan seperti kulit jeruk. Kain waffle juga sering disebut mirip dengan dengan kue waffle, banyak orang yang menyebutnya dengan istilah kain kue waffle. Tidak cuma itu, kain ini juga dikenal dengan istilah kain honey comb atau sarang lebah.

Kain Waffle tidak cuma dibuat dari satu macam bahan saja melainkan dibuat dari berbagai macam bahan dasar, mulai dari cotton combed, polyester( PE), linen bahkan spandex maupun lycra. Kain ini juga sering dicampurkan dengan jenis bahan yang lain, contoh seperti polyester. Dengan mengombinasikan antara bahan katun dan polyester, maka akan didapatkan sifat unggul dari kedua bahan tersebut.

Kain waffle menjadi kain yang sangat sesuai untuk dikenakan di daerah beriklim tropis, seperti Indonesia. Hal ini karna sifatnya yang adem saat dikenakan serta mudah menyerap keringat,. Tidak hanya itu, kain ini mempunyai rajutan yang tergolong renggang, tidak padat serta rata seperti halnya combed.

Karakteristik Bahan Waffle

karakteristik bahan waffle
bahankain.com

Sebelum kalian ingin membeli kain waffle ini, hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu mengenali terlebih dahulu mengenai karakteristiknya. Berikut ini beberapa karakteristik kain waffle yang harus kamu ketahui yaitu:

Memiliki Tekstur Kain Seperti Kulit Jeruk

Apabila kita lihat dengan seksama, kain waffle memiliki tekstur yang cenderung mirip seperti kulit jeruk. Rajutannya juga tidak rata, yaitu cenderung bergelombang. Tekstur yang seperti kulit jeruk ini memanglah mirip dengan jenis kain crepe, akan tetapi kedua jenis kain ini mempunyai perbedaan dari segi proses pembuatannya.

Memiliki Karakter Kain yang Cukup Jatuh

Kain waffle dapat digolongkan sebagai kain yang mempunyai sifat kain yang cukup jatuh. Tetapi karakter dari kain ini tidak sejatuh seperti halnya kain spandek jersey stela. Meskipun faktanya kain ini mempunyai berat kain yang lumayan berbobot.

Baca juga Bahan Kanvas Lengkap (Jenis, Karakteristik, Kelebihan & Harga)

Kainnya Tidak Kaku

Ciri dari bahan kain waffle selanjutnya ialah mempunyai sifat kain yang tidak kaku, sehingga akan memberikan kesan elegan saat dikenakan.

Memiliki Varian Warna Dasar yang Lengkap

Salah satu ciri- ciri sekaligus kelebihan dari kain waffle sendiri ialah mempunyai variasi warna dasar yang lengkap. Sebagian warna dasar yang ada pada kain waffle sendiri ialah warna putih, hitam, merah, dsb.

Banyaknya ragam warna dasar pada kain ini akan menjadi daya tarik tertentu untuk konsumen, khususnya kaum hawa. Hal ini karena mereka dapat memilih warna sesuai selera serta kebutuhan masing- masing.

Memiliki Daya Serap Keringat yang Baik

Ciri- ciri kain berikutnya ialah mempunyai kemampuan daya serap keringat yang sangat baik. Karna material dasar waffle sendiri merupakan berasal dari katun, sehingga tidak heran jika sifat katun yang terkenal dengan daya serapnya yang tinggi menurun ke kain waffle.

Kainnya Tebal dan Nyaman

Apabila dilihat dari segi bahannya, jenis kain ini cenderung lebih tebal dibanding dengan jenis kain yang lain. Walaupun demikian, bahan ini tidak menimbulkan pemakainya menjadi gerah, kok. Justru sangat nyaman saat dikenakan.

Memiliki Banyak Motif

Pada mulanya, kain waffle banyak dibuat untuk baju olahraga tanpa adanya motif yang ada pada kain. Bersamaan perkembangan zaman, kain ini mulai diberi motif- motif yang menarik sehingga mampu menarik konsumen untuk memilikinya.

Baca juga Bahan Banner (Jenis, Fungsi, Harga & Contoh) Wajib Kalian Ketahui

Kelebihan Bahan Kain Waffle

premium
bahankain.com

Kelebihan dari jenis kain ini hampir sama dengan jenis kain katun, hal ini karena bahan dasar waffle sendiri adalah katun. Agar kalian bisa mengenal lebih dalam jenis kain ini, berikut ini beberapa kelebihannya :

  • Memiliki tekstur kain yang unik
  • Kainnya dingin saat digunakan
  • Mempunyai daya serap keringat yang baik
  • Mempunyai beragam variasi warna serta motifnya
  • Jenis kain yang cocok digunakan pada iklim tropis

Kekurangan Bahan Kain Waffle

apakah kain wafel panas
pusathijabterbaru.com

Kekurangan dari kain waffle yaitu:

  • Harganya yang mahal
  • Jenis kain yang lama keringnya
  • Kainnya tebal dan lumayan berat
  • Panas saat digunakan
  • Tidak tahan dengan suhu terlalu panas

Jenis-Jenis Bahan Kain Waffle

jenis bahan waffle
bahankain.com

Kain waffle bahan cotton 100%

Yang pertama merupakan kain waffle yang dibuat dari bahan katun 100%. Kain waffle yang berbahan cotton 100% combed sangat sesuai untuk busana yang dikenakan sehari hari, seperti sweater, hoodie, t- shirt serta gamis. Sebab bahan 100% katun pastinya membuat kain lebih nyaman pada saat dipakai.

Salah satu brand populer yang produknya banyak menggunakan kain waffle cotton 100% merupakan Uniqlo. Kekurangan bahan yang dibuat dari 100% cotton combed merupakan produk mudah rusak serta mudah terkena kuman.

Kain Waffle 100% Polyster

Kain waffle ada yang dibuat dari 100% bahan polyester. Umumnya bahan yang dibuat dari bahan polyester cenderung lebih kuat serta lebih murah tetapi bila dipakai tidak senyaman bahan katun.

Bahan yang dibuat dari bahan ini juga sedikit mempunyai efek kilau serta tidak tahan terhadap panas karna memang dibuat dari serat sintetis ialah bahan yang sama dengan plastik.

Untuk bahan wafle yang berbahan 100% polyester tidak mempunyai daya serap keringat yang baik sehingga dari itu umumnya bahan ini bukan dimanfaatkan untuk busana tetapi untuk bahan perlengkapan rumah tangga seperti gordern, taplak meja serta bahan kelengkapan rumah tangga yang lain.

Kain Waffle Linen

Tidak hanya cotton( kapas) dan serta polyester kain waffle ada yang dibuat dari bahan katun linen. Nah linen sendiri termasuk bahan alami sehingga daya serap air sangat bagus. Oleh karenanya kain waffle bahan linen banyak digunakan buat bahan handuk badan serta handuk tangan.

Tetapi terdapat juga yang digunakan untuk bahan baju karna cukup nyaman dikenakan. Bahan waffle linen yang digunakan buat bahan baju akan diproses agar kain lebih halus.

Kain Waffle Spandex

Kain waffle spandex merupakan kain waffle yang strecth maupun dapat ditarik 3 hingga 5 kali lipat lebar bahan. Tetapi spandex sendiri tidak dapat digunakan untuk kain jika tidak dicampur dengan bahan lain seperti polyester ataupun katun. Jadi kain spandex umumnya campuran antara katun dengan spandex ataupun polyester dengan spandex.

Baca juga Bahan Lacoste Lengkap (Jenis, Karakteristik, Kelebihan & Harga)

Kain Waffle Viscose

Viscose merupakan kain yang dibuat dari proses kimia yang menjadikan kayu menjadi serat seperti kapas. Nah serat kapas buatan ini dapat digunakan untuk benang yang bisa digunakan buat membuat berbagai macam kain termasuk kain waffle.

Kain viscose mempunyai ciri yang sama dengan bahan katun kapas sehingga banyak sekali brand, brand besar seperti Zara maupun uniqlo memakai bahan ini. Karna tidak hanya murah bahan ini sangat ramah lingkungan serta pastinya nyaman saat dikenakan.

Kain Waffle seat campuran

Nah kain waffle campuran ini yang sangat banyak di jual di pasaran sebab harga relatif murah serta kualitas dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Kain waffle ini dapat dicampur antara polyester dengan katun, katun viscose viscose, linen dengan polyseter ataupun linen dengan katun kapas. Pencampuran dapat 80%/ 20%, 50%/ 50% ataupun disesuaikan dengan kebutuhan kain serta harga kain. Sehingga wajar saja kain yang kita beli di pasaran mempunyai harga serta kualitas yang berbeda.

Perbedaan Bahan Waffle dengan Bahan Crepe

milano seperti apa
pusathijabterbaru.com

Meskipun sangat mirip, bahan waffle bukan termasuk keluarga bahan crepe karena yang dimaksud kain crepe adalah kain yang tipis seperti penekuk makanan (crepe), jadi bisa dipastikan bahan waffle adalah kain yang berbeda dengan kain crepe. Berikut ini perbedaannya:

  1. Kain waffle lebih tebal dari kain crepe
  2. Bahan waffle lebih berat dari bahan crepe
  3. Bahan waffle menggunakan teknik rajut sedangkan bubble mengunakan teknik tenun
  4. Cekungan tekstur bahan waffle lebih dalam dari pada bubble crepe
  5. Kain waffle memiliki permukaan yang berbeda (tidak bisa dipakai bolak-balik) sedangkan bahan crepe bisa dipakai bolak balik.
  6. Bahan waffle dibuat dengan berbagi macam bahan sedangkan bahan crepe dibuat dengan bahan polyester
  7. Harga kain waffle lebih mahal dari pada bahan kain crepe

Contoh Produk dari Bahan Kain Waffle

milano premium seperti apa
aminama.com

Saat ini kain waffle sudah banyak sekali diproduksi untuk menjadi berbagai macam keperluan, mulai dari kebutuhan perlengkapan untuk hotel, furniture, hingga kebutuhan pakaian sehari-hari. Berikut beberapa penggunaan kain waffle dalam dunia industri pakaian :

  • Cardigan.
  • Baju (atasan wanita).
  • Celana kulot.
  • Gamis.
  • Legging.
  • Rok.
  • Blazer,
  • Rompi.
  • Jacket (jaket).
  • Hoodie.
  • Handuk tangan.
  • Celemek.
  • Kimono (bathrobe waffle).
  • Serbet, dsb.

Harga Kain Waffle di Pasaran

harga kain waffle
jumi.store

Di pasaran sendiri kain waffle banyak dijual dalam ukuran per meter, kiloan, hingga roll (gulungan/yard). Dari penelusuran kami di beberapa marketplace dan toko online yang cukup populer di Indonesia, harga yang ditawarkan oleh penjual kain ini berkisar antara Rp 25.000,- per meter hingga Rp 87.500,- per meter.

Namun harga ini belum bisa untuk dijadikan sebagai harga yang paten, karena di setiap penjual dan toko kain biasanya memiliki dan memberikan harga yang berbeda-beda.

Cara Merawat Pakaian Bahan Kain Waffle

kain wafel import
chalk&most.com

Untuk mencegah kerusakan pada pakaian bahan kain waffle, kalian harus tau terlebih dahulu bagaimana cara merawat jenis kain ini. Berikut ini cara untuk merawat pakaian bahan kaian waffle:

  • Lebih baik dicuci secara manual agar serat kain tidak cepat rusak
  • Gunakan deterjent cair dan ditambahkan pelembut pakaian agar serat kain tetap lembut
  • Agar warna pada kain tidak cepat pudar, jemurlah dengan dibalik keluar bagian dalam pakaian
  • Setrika pakaian jenis kain ini dengan menggunakan suhu yang sedang saja, karena kain waffle tidak tahan dengan suhu yang panas
  • Simpanlah dalam keadaan yang kering, agar tidak mudah terkena serangan jamur.

Sumber: https://pusathijabterbaru.com/bahan-waffle/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat