kemeja

Bahan Wolfis (Karakteristik, Jenis, Tips & Outfit Gamis Wolfis)

Jika kalian mengikuti trend fashion, kalian pasti akan mengetahui salah satu jenis kain yang populer sebagai bahan dasar pembuatan gamis syar’i. Apakah jenis kain yang dimaksud ini? Jenis kain yang dimaksud yaitu kain wolfis.

Apa itu kain Wolfis ?

 agar kalian bisa lebih memahami yuk kita simak penjelasan bahan kain wolfis di bawah ini.

Kenali Bahan Wolfis untuk Baju Gamis

bahan kain wolfis
aminama.com

Bahan wolfis merupakan jenis kain yang tidak dibuat dari serat campuran, baik dari serat sutra dan serat katun. Melainkan bahan wolfis ini adalah jenis kain yang terbuat dari 100% polyester. Sehingga kualitas kain wolfis masih di bawah kain katun dan sutra.

Bahan wolfis atau yang bernama asli woolpeach, adalah bahan kain yang memiliki karakteristik halus, lembut, tidak tembus pandang serta tidak membuat gerah. Jenis kain ini memiliki tekstur kain yang halus dan seratnya yang rapat sehingga tidak terlihat. Baca juga Bahan Spandek (Karakteristik, Jenis, Fungsi & Outfis Gamis Spandek)

Kualitas kainnya yang cukup baik dengan harga yang sangat terjangkau, membuat bahan kain wolfis menjadi bahan yang paling banyak dicari dan digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat jilbab dan gamis syar’i.

Karakteristik Bahan Kain Wolfis

bahan-kain-wolfis
insedensia.com

Secara karakteristiknya, bahan kain wolfis tidak memiliki ciri khas tersendiri seperti kain moscrepe, kain spandek dan jenis kain lainnya. Namun, ternyata kain wolfis memiliki karakteristik tersendiri seperti:

  • Jenis bahannya terdapat yang tebal serta terdapat yang tipis, tetapi ringan.
  • Kain wolfis tidak mudah kusut.
  • Kain wolfis mempunyai sifat tidak tembus pandang.
  • Permukaan bahannya tidak licin.
  • Kainnya tidak panas serta nyaman buat dipakai.
  • Mempunyai serat bahan yang halus serta rapat.
  • Kainnya sangat mudah buat disetrika.

Memang kain wolfis sangat mudah untuk disetrika, tetapi kalian bisa menyetrikanya dengan suhu panas yang sedang saja. Karena jenis bahan kain wolfis ini tidak tahan dengan panas.

Kelebihan dari Kain Wolfis

kelebihan kain wolfis
ohioyr.org

Berikut ini kelebihan yang dimiliki oleh kain wolfis seperti:

  • Jenis bahannya yang tidak mudah kusut
  • Memiliki tekstur yang halus
  • Berbahan tidak transparan
  • Berat bahannya ringan
  • Memiliki karakter bahan jatuh
  • Harga kainnya yang terjangkau
  • Bahannya terdiri dari varian warna
  • Jenis kain ini sangat mudah di temukan

Kekurangan Kain Wolfis

kekurangan kain wolfis
aminama.com

Berikut ini kekurangan yang dimiliki kain wolfis seperti:

  • Bahannya yang memiliki berbagai variasi warna
  • Memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda

Inspirasi Outfit Gamis Wolfis dengan Warna-Warna Pastel

Berikan kesan Elegan dengan Jilbab Segi Empat Warna Abu-abu Pastel 

bahan balotelli dan wolfis bagus mana
grid.id

Tampil Anggun dengan Perpaduan Warna Krem Pastel dan Hijau Army

perbedaan kain wolfis dan wollycrepe
shopee.co.id

Outfit Warna Pink yang dipadukan dengan hijab Pashmina Warna Putih buat dirimu terlihat Semakin Feminim dan Mempesona!

kemeja
muslimmodis.net

Outfit Warna Biru Pastel Pilihan Tepat untuk Style Casualmu!

monalisa seperti apa
lazada.co.id

Tampil Kalem dan Menawan dengan Perpaduan Outfit Warna Abu-abu dan Dusty Pink yang wajib kalian Coba!

gamis
gamismu.com

Jenis-Jenis Bahan Wolfis yang Berkualitas

Sebelum kalian mau membeli kain wolfis, hal pertama yang harus kalian ketahui yaitu jenis-jenis kain wolfis. Karena kain wolfis mempunyai tingkatan maupun variasi yang berbeda, hal ini juga ikut mempengaruhi tingkat kualitas dari kainnya. Berikut ini jenis-jenis kain wolfis seperti berikut:

Bahan Wolfis Premium

jilbab
pusathijabterbaru.com

Jenis bahan wolfis premium ini memiliki ciri-ciri sperti berikut:

  • Mempunyai serat kain yang rapi, kuat, rapat, dan
  • halus. Terlebih lagi serat kainnya sulit untuk diraba.
  • Bahannya terasa halus, lembut, tidak mempunyai tekstur, tidak licin serta tidak kasar sama sekali.
  • Lumayan tipis, ringan, bahannya jatuh dan bahannya tidak transparan ataupun tidak menerawang
  • Bahannya tidak meresap keringat
  • Buat harga kain wolfis (woolpeach) premium per m ialah Rp 27. 000,- hingga Rp 30. 000,-

Bahan Wolfis Monalisa

monalisa
pusathijabterbaru.com

Bahan monalisa merupakan salah satu tipe kain yang mempunyai kualitas jempolan serta terkenal akan kerapatan tenunan serat kainnya yang cukup tinggi. Hal inilah yang membuat kain ini mempunyai sifat tidak transparan ataupun menerawang, sehingga tidak membutuhkan furing lagi bagaikan lapisan tambahan pada baju. Baca juga Bahan Jersey (Karakteristik, Jenis & Outfit Gamis Bahan Jersey)

Serat monalisa berasal dari katun microfiber yang dilengkapi dengan teknologi High Definition Printing, sehingga menghasilkan kualitas gambar yang bagus serta tajam. Kain ini biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jilbab, gamis, mukena serta sejenisnya.

Bahan Wolfis Grade a

tekstur
shopee.co.id

Sebagian penjual pada umumnya membedakan kain wolfis berdasarkan pada tingkatan ataupun biasa disebut dengan istilah grade.

Pada biasanya, bahan ini terdiri dari 3 tingkatan ialah:

  • Grade A
  • Grade B
  • Grade C

Kain wolfis dengan kualitas grade A, mempunyai tekstur bahan yang sangat halus dengan karakteristik kain yang sangat jatuh. Buat kualitas grade B, mempunyai tekstur bahannya kurang halus dan karaternya bahannya kurang jatuh.

Sebaliknya grade C mempunyai tekstur bahan yang sedikit kasar dengan karakteristik bahan yang kurang jatuh. Pasti saja dari ketiga grade bahan diatas, grade A mempunyai harga bahan yang sangat mahal dibanding grade bahan yang lain.

Nah, kalau kalian hendak membeli jenis wolfis tertentu, lebih baiknya ditanyakan terlebih dahulu apakah kain tersebut masuk ke dalam jenis grade A, B ataupun C.

Tidak hanya itu hendaknya dikonsultasikan terlebih dulu ke penjual kain serta penjahit, apakah bahan dengan grade tertentu sesuai buat dijadikan busana muslimah syar’ i ataupun tidak. Agar nantinya busana muslimah yang sudah terbuat, tidak membentuk lekukan badan serta menutup aurat secara sempurna.

Cara Menjaga Kualitas Kain dan Agar Tahan Lama berikut tips yang bisa kalian tiru!

Agar kain wolfis kalian awet dan tetap terjaga kualitasnya, maka kalian harus mengikuti beberapa tips-tips di bawah ini:

Tips Mencuci Kain Wolfis

mencuci baju dengan tangan
surfexcel.lk

Tips mencuci kain wolfis juga terbilang mudah, kalian hanya perlu mencucinya dengan menggunakan sedikit deterjen dan menguceknya dengan perlahan sampai bersih. Menggunakan deterjennya hanya sedikit karena kain wolfis memiliki serat yang rapat, sehingga mudah sekali menyerap.

Bila menggunakan deterjen terlalu berlebihan, maka hal yang ditakutkan yaitu ketika pembilasan cucian, deterjen masih banyak yang menempel pada serat kainnya. Sehingga saat sudah kering terdapat bercak putih pada kain yang berasal dari deterjen yang belum bersih saat pembilasan.

Tips Menjemur Kain Wolfis

tips menjemur kain wolfis
kumparan.com

Tips untuk menjemur jenis kain wolfis ini cukup mudah caranya. Kalian hanya perlu menjemurnya di tempat yang tidak terkena langsung cahaya matahari. Agar warna pada kain tidak cepat pudar, maka kalian bisa membalik kain saat menjemurnya.

Saat menjemurnya kalian tidak menggunakan hanger baju, maka hal ini akan mengkhawatirkan serat akan ikut tertarik saat menjemurnya. Namun, agar lebih aman kalian bisa menjemurnya dengan menggunakan hanger baju.

Tips Menyetrika Kain Wolfis

tips menyetrika kain wolfis
gumtre.com

Karena kain wolfis tidak tahan dengan panas, maka kain ini bisa halus dengan sendirinya. Tetapi hal ini terjadi bila kain baju kalian tidak terlalu kusut, maka kalian boleh untuk tidak menyetrikanya. Bila kusut kainnya kalian bisa menyetrika dengan suhu yang sedang saja.

Tips Menyimpan Kain Wolfis

tips menyimpan kain wolfis
lifestyle.kompas.com

Tips agar kain wolfis kesayangan kalian awet dan tetap terjaga kualitasnya yaitu. Dengan menyimpannya dengan cara yang benar seperti:

  • Kain bisa digantung dengan menggunakan hanger
  • Dilipat rapi dan dimasukkan ke dalam lemari

Pastikan dengan benar jika kain wolfis kalian benar-benar sudah kering sebelum dimasukkan ke dalam lemari. Bila belum kering maka akan mengakibatkan kain kalian terkena jamur.

Berikut di atas adalah penjelasan mengenai bahan wolfis, jenis-jenis kain wolfis, inspirasi outfit gamis wolfis serta tips merawat kain wolfis. Semoga bisa bermanfaat dan membuat inspirasi untuk kalian, Jazakumullah khair telah membaca 🙂 .

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *