Biografi Ibnu Sina Singkat & Terlengkap dalam Sejarah Islam

Di dalam sejarah Islam, pemuda generasi Islam terlahir dengan hebat. Mereka bisa menjadi tokoh Islam, yang dikenal hingga saat ini. Mereka bisa meraih kesuksesan dalam usia yang masih sangat muda. Salah satu contoh generasi muda Islam dalam bidang kedokteran yaitu adalah Ibnu sina.

Siapa yang belum mengenal ibnu sina? buat kalian yang masih belum mengenal lebih dekat ibnu sina. Kalian bisa membaca biografi ibnu sina di bawah ini. Ibnu sina bisa kita jadikan motivasi para generasi muda, yang bisa sukses dalam usia yang masih sangat muda. Dan suksesnya Ibnu Sina yaitu, sukses di dunia dan di akhirat juga.

Biografi Ibnu Sina

biografi ibnu sina
kaltim.idntimes.com

Ibnu Sina memiliki nama lengkap yaitu, Abu Ali Al-Husain Ibnu Abdillah Ibn Hasan Ibnu Ali Sina. Ibnu Sina memiliki orang tua, ayahnya bernama Abdullah dan ibunya bernama Sitarah. Ibnu Sina lahir pada tanggal 22 Agustus 980 M atau tahun 370 Hijriyah, di desa Afsanah dekat dengan Bukhara wilayah Uzbekistan.

Ibnu Sina mempunyai keluarga, yang memiliki harta yang berkecukupan. Ayahnya adalah seorang Gubernur distrik di Bukhara, saat pemerintahan Nuh II bin Mansyur yaitu penguasa Samaniyah. Keluarga Ibnu Sina memiliki akhlak dan kepribadian yang baik.

Keluarga Ibnu Sina merupakan keluarga yang beragama muslim. Rumah Ibnu Sina merupakan pusat untuk aktivitas para ulama dan sarjana di masanya. Mereka berkumpul dengan banyak melakukan aktivitas diskusi mengenai berbagai ilmu pengetahuan. Dari sinilah Ibnu Sina bertambah ilmu pengetahuannya.

Masa Kecil Ibnu Sina

masa kecil ibnu sina
idntimes.com

Biografi Ibnu Sina pada masa kecilnya yaitu memiliki orang tua yang berakhlak baik dan berada dalam lingkungan yang baik, pertumbuhan Ibnu Sina sejak kecil sudah tertata dengan baik. Ibnu Sina sejak kecil sudah bisa menguasai Al-Qur’an dan memiliki akhlak yang salih.

Masa kecil Ibnu Sina dijalani dan diisi dengan menambah berbagai ilmu, yang telah dia dapatkan dari para ulama dan sarjana yang sering berada di rumahnya. Tidak hanya itu, dia juga mendapatkan pendidikan dari orang tua dan gurunya.

Baca juga √ Biografi Al Farabi Lengkap dan Benar dalam Sejarah Islam

Ibnu Sina sejak kecil sudah menyukai berbagai ilmu yang dia dapatkan. Dia memiliki semangat yang tinggi, untuk menuntut ilmu. waktu masa kecilnya dia jalani dengan tidak di sia-siakan, dengan bermain dan bercanda saja. Tetapi Ibnu Sina gunakan untuk terus menimba ilmu.

Beberapa ilmu yang telah dipelajari oleh Ibnu Sina adalah:

  • Ilmu Agama Islam
  • Hafal Al-Qur’an di usia 10 tahun
  • Ilmu Teologi
  • Ilmu Filsafat
  • Ilmu Matematika
  • Ilmu Kedokteran

Kecerdasan Ibnu Sina

riwayat pendidikan
islami.co

Ilmu kedokteran adalah menjadi ilmu terakhir yang dipelajari oleh Ibnu Sina. Ilmu inilah yang membuat Ibnu Sina menjadi dikenal dikalangan umat islam maupun di dunia barat, hingga saat ini. Ilmu Kedokteran ini, telah dia dapatkan dari seorang gurunya yang bernama Abu Manshur Al Qamari dan AbuIsa bin Yahya Al Jurnani.

Kecerdasan yang dimiliki oleh Ibnu Sina, membuatnya mampu menguasai ilmu kedokteran hanya dalam waktu satu setengah tahun saja. Bahkan gurunya telah menasehatinya, agar Ibnu Sina lebih baik tidak melakukan pekerjaan selain belajar dan terus menimba ilmu.

Saat berusia 16 tahun, Ibnu Sina sudah menjadi dokter muda yang terkenal di kalangan semua umat muslim. Ilmu kedokteran yang dimiliki Ibnu Sina, telah membuat Raja Bukhara yaitu Nur bin Mansur yang jatuh sakit, ingin meminta pengobatan dan perawatan dari Ibnu Sina.

Ketika Raja Nuh bin Manshur telah sembuh, Ibnu Sina diberi hadiah istimewa oleh sang Raja yaitu perpustakaan besar milik raja.Di perpuastakaan inilah, Ibnu Sina terus giat untuk belajar. Dia telah membaca seluruh kitab-kitab yang ada di dalam perpustakaan itu. Hingga dia berusia 18 tahun, Ibnu Sina telah berhasil menyelesaikan semua bidan Ilmu dan mulai menulis karya-karyanya.

Karya Tulis Ibnu Sina

karya
islami.com

Saat hidup Ibnu Sina di Istana, Ibnu Sina menjalani masa mudanya dengan membaca seluruh buku yang ada di perpustakaan, yang telah dihadiahkan oleh sang Raja. Ibnu Sina juga disibukkan dengan menulis karyanya yaitu kitab Qanun, mengenai ilmu kedokteran dan kitab Al Syifa mengenai ensiklopedia filsafat.

Namun,saat Ibnu Sina menjadi mentri saat pemerintahan Abu Tahir Syamsud Daulah Deilami, membuatnya mengalami konflik politik. Konflik inilah yang membuatnya di penjara di Tajul Muk. Namun penguasa Haedan tidak menghalangi Ibnu Sina untuk terus belajar. Dari sinilah Ibnu Sina tetap menulis karya-karyanya.

Ketika berada di dalam penjara, Ibnu Sina menyibukkan diri dengan mengubah bait-bait syair dan menulis renungan agama dengan menggunakan metode yang indah. Saat berusia 21 tahun, Ibnu Sina menulis karya pertamanya yang berjudul Al Majmu’u. Buku ini berisi mengenai berbagai ilmu pengetahuan.

Karya-Karya Lain Ibnu Sina

Berikut ini adalah beberapa buku karya Ibnu Sina, yang telah terkenal dalam ilmu pengetahuan hingga saat ini:

  1. Fi aqsam Al Ulum Al Aqliyah, buku ini mengenai pembagian ilmu-ilmu rasional
  2. Illahiyyat, buku ini mengenai ilmu ketuhanan di bidang Metafisika
  3. Isaguji, buku ini membahas ilmu logika Isagoge di bidang logika
  4. Kitab An Najat, buku ini mengenai kebahagiaan jiwa di bidang psikologi
  5. Fi Ad Din, buku ini mengenai mineral di bidang Geologi
  6. Al Qashidah Al Ainiyyah, Buku ini tentang syair-syair jiwa manusia di bidang syair
  7. Risalah fi Asbab Huduts Al Huruf, buku ini tentang sebab-sebab terjadinya huruf. Di bidang sastra Arab
  8. Risalah Ath Thayr, buku ini bercerita mengenai burung
  9. Risalah As Siyasah, buku ini mengenai politik

Ilmu Kedokteran Ibnu Sina

penemuan
islami.co

Kitab Al Qanun karya Ibnu Sina, telah menjadi kitab rujukan utama di bidang kedokteran. Kitab ini telah mengupas berbagai penemuan ilmu kedokteran, seperti obat-obatan, berbagai macam penyakit dan bagaimana cara penangannanya dalam dunia medis.

Seiring dengan perkembangan zaman, di abad ke 21 Kitab Al Qanun diterjemahkan dalam bahasa latin. Dan kini bukunya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Prancis dan Jerman. Kitab ini juga pernah dijadikan sebagai kurikulum pendidikan kedokteran di Universitas-Universitas di Eropa.

Ibnu Sina memiliki pemikiran yang hebat, dalam ilmu kedokterannya. Ibnu Sina telah melakukan berbagai macam penelitian besar, dan telah berhasil mendapatkan penemuannya yang telah diabadikan oleh sejarah kedokteran. Berikut ini adalah penemuan-penemuan Ibnu Sina di bidang kedokteran:

  • Mengobati orang yang tercekik kerongkonganya
  • Mengobati kepala yang terluka
  • Mengobati penyakit dalam
  • Penemuan penyakit parasitic
  • Mengobati penyakit menular dan penyakit perut
  • Penyakit ginjal dan saluran kencing
  • Penyakit khusus wanita
  • Penyakit saraf
  • Penyakit kejiwaan
  • Kedokteran Mata
  • Pengobatan Tumor
  • Metode pembiusan
  • Pengukuran denyut nadi dan analisa kedokteran
  • Bidang farmasi

Ibnu Sina di Bidang Filsafat

pemikiran
pinterest.com

Biografi Ibnu Sina dalam bidang filsafat, telah dihasilkan dari studinya dengan para ilmuwan seperti Al Kindi dan Al Farabi. Dari sinilah Ibnu Sina berhasil menyusun sistem filsafat yang lebih lengkap dab menjawab berbagai persoalan filsafat yang tidak pernah terjawab sebelumnya.

Pengaruh besar pemikiran filsafat Ibnu Sina, telah merambah luas tidak hanya di kalangan kaum muslim, tetapi juga merambah di Eropa. Pemikiran filsafat Aristoteles, dia mendapatkan pemikiran filsafat juga dari buku karya Ibnu Sina yang telah mendunia.

Wafatnya Ibnu Sina

wafatnya ibnu sina
ceknricek.com

Pada usia 58 tahun, saat itu Ibnu Sina berada di Hamedan (Iran) tahun 428 Hijriyah. Ibnu Sina telah menemui ajalnya, Ibnu Sina mengalami penyakit maagh yang tidak terobati. Hal ini terjadi karena semasa hidupnya dihabiskan untuk menulis dan mengurus negara.

Ibnu Sina dikuburkan di Hamazan, kehebatan Ibnu Sina dalam sejarah Islam, dia bisa menjadi dokter termuda saat berusia 16 tahun. Dan Karya-karyanya telah mendunia sampai sekarang dan sudah menjadi sumber rujukan dalam ilmu kedokteran.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Ibnu_Sina

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *