karya tulis ibnu sina

Biografi Imam Muslim Singkat & Lengkap Benar dalam Sejarah Islam

Hadits sudah menjadi sember hukum yang kedua dalam Agama Islam. Hadits berasal dari segala hal dari Rasulullah, bisa dari perbuatannya, ucapannya dan sunnah-sunnah Rasulullah lainnya. Banyak umat muslim terdahulu yang meriwayatkan Hadits, namun salah satu yang akan di bahas saat ini yaitu Imam Muslim.

Siapakah Imam Muslim itu? seperti apakah biografi kehidupannya? . Baiklah mari langsung saja kita baca mengenai Biografi kehidupan Imam Muslim. Selamat membaca 🙂 .

Biografi Imam Muslim

biografi imam muslim
wikipedia.com

Banyak pendapat mengenai kelahiran Imam Muslim. Menurut Al Khazraji dalam bukunya Khulashoh Tahdzibul Kamal, dia mengatakan bahwa Imam Muslim lahir pada tahun 204 Hijriyah. Akan tetapi, pendapat yang paling kuat yaitu dari Abu Abdillah Al Hakim An Naisabur. Dalam Kitabnya yang berjudul Ulama Al Amshar.

Di dalam Kitab itulah, dijelaskan bahwa Imam Muslim lahir pada tahun 206 Hijriyah. Imam Muslim Lahir di Kota Naisabur, yang sekarang sudah menjadi Uzbekistan. Imam Muslim lahir dan tumbuh menjadi anak shalih yang giat belajar Agama Islam.

Saat usianya dua belas tahun, Imam Muslim sudah menyukai dan mempelajari ilmu hadits. Sudah dari kecil Imam Muslim giat belajar ilmu Agama Islam dan menekuni Ilmu Hadits yang disukainya. Hal ini mendorong semangat Imam Muslim, untuk menambah wawasan ilmu Haditsnya dengan mengunjungi berbagai kota maupun Negara lainnya.

Baca juga √ Biografi Al Farabi Lengkap dan Benar dalam Sejarah Islam

Perjalanan Imam Muslim Belajar Hadits

perjalanan imam muslim
islam.nu.or.id

Biografi Imam Muslim dalam menuntut ilmu sungguh tinggi. Harapan besar yang dia inginkan untuk bisa mempelajari ilmu Hadits, dia lakukan dengan berkunjung ke kota-kota Maupun Negara lainnya. Berikut ini adalah nama dari beberapa kota Negara yang pernah dikunjungi Imam Muslim untuk belajar ilmu Hadits:

  • Irak
  • Hijaz
  • Syam
  • Mesir
  • Mekkah

Dari Negara-Negara tersebut, Imam Muslim telah mendapatkan ilmu-ilmu baru Hadits dari berbagai gurunya. Menurut Tahdzibut Tahdzib, diceritakan bahwa Imam Muslim, mendapatkan ilmu Hadits dari sepuluh guru ahli Hadits. Diantaranya guru itu adalah:

  • Imam Muslim belajar 1540 Hadits, dari gurunya yaitu Abu Bakar bin Abi Syaibah.
  • Imam Muslim belajar 1281 Hadits , dari gurunya yaitu Abu Khaitsamah Zuhair bin Harab.
  • Imam Muslim belajar 772 Hadits, dari gurunya yaitu Muhamad Ibnul Mutsanna.
  • Imam Muslim belajar 668 Hadits, dari gurunya yaitu Qutaibah bin Sa’id.
  • Imam mUslim belajar 573 Hadits, dari gurunya yaitu MUhammad bin Abdillah bin Numair.
  • Imam Muslim belajar 556 Hadits, dari gurunya yaitu Abu Kuraib Muhammad Ibnul ‘ila.
  • Imam Muslim belajar 460 Hadits, dari gurunya yaitu Muhammad bin Basyar Al Muqallab.
  • Imam Muslim belajar 362 Hadits, dari gurunya yaitu Muhammad bin Raafi’ An Naisaburi.
  • Imam Muslim belajar 300 Hadits, dari gurunya yaitu Muhammad bin Hatim Al Muqallab.
  • Imam Muslim belajar 188 Hadits, dari gurunya yaitu Ali bin Hajar As Sa’adi.

Sebagian guru dari Imam Muslim, adalah guru dari Imam Bukhari saat mempelajari dan mendalami ilmu Hadits. Tidak hanya itu saja, bahkan Imam Muslim juga pernah berguru kepada Imam Bukhari. Imam Muslim berguru mengenai ilmu Haditsnya.

Ibnu Shalah telah berkata : ” Imam Muslim memang belajar kepada Imam Bukhari, dan mendapatkan banyak ilmu Hadits darinya. Namun banyak sebagian guru dari Imam Muslim, adalah guru dari Imam Bukhari juga. Hal inilah yang menjadi salah satu sebab, Imam Muslim tidak meriwayatkan Hadits Imam Bukhari.

Kecerdasan Imam Muslim

pendidikan
pinterest.com

Biografi Imam Muslim mengenai Kecerdasannya tercatat dalam sejarah Islam, dia telah dikenal banyak meriwayatkan puluhan ribu Hadits. Guru besar Hadits Muhammad Ajaj Al Khatib dari Damaskus berkata, ” Hadits yang jumlah Hadits yang dibuat oleh Imam Muslim (Sahih Muslim) berjumlah 3.030 Hadits tanpa pengulangan. Bila dihitung dengan pengulangan maka berjumlah 10.000 Hadits.

Ulama Besar dari Mesir, yaitu Imam Al Khuli berpendapat ” Hadits karya Imam Muslim berjumlah 4.000 hadits tanpa pengulangan dan 7.275 dengan pengulangan. Jumlah Hadits yang ditulis dalam Kitab Sahih Muslim, merupakan hasil saringan sekitar 300.000 Hadits. Dan untuk menyelesaikan Kitab ini, bisa menghabiskan waktu dalam 15 tahun.

Al-Khatib al-Bagdadi berkata: “Muslim telah mengikuti jejak Bukhari, mengembangkan ilmunya dan mengikuti jalannya.” Pernyataan ini bukanlah menunjukkan bahwa Muslim hanya seorang pengikut saja. Sebab ia mempunyai ciri khas tersendiri dalam menyusun kitab, serta memperkenalkan metode baru yang belum ada sebelumnya.

Selain dikenal dengan ilmu Hadits dan Agama Islamnya. Imam Muslim dikenal sebagai orang yang sangat ramah. Kecerdasan dan keramahannya tidak jauh dari gurunya sendiri, yaitu Imam Bukhari. Imam Muslim juga diberi sebutan nama oleh Adz Dzahabi yaitu, Muhsin min Naisabur ( orang baik dari Naisabur).

Baca juga Biografi Ibnu Sina Singkat & Terlengkap dalam Sejarah Islam

Murid-Murid Imam Muslim

murid murid imam muslim
dakwatuna.com

Ilmu Hadits yang dimiliki oleh Imam Muslim, telah dia amalkan. Dia telah mengamalkan ilmunya dengan mengajarkannya kepada murid-muridnya. Dari sinilah banyak ulama-ulama besar yang lahir dari ajaran ilmu Hadits Imam Muslim. Murid-murid dari Imam Muslim diantara lain adalah:

  • Abu Hatim Ar Razi
  • Abul Fadhl Ahmad bin Salamah
  • Ibrahim bin Abi Thalib
  • Abu Amr Al Khoffah
  • Husain bin Muhammad Al Qobani
  • Abu Amr Ahmad Ibnul Mubarak Al Mustamli
  • Al Hafidz Shalih bin Muhammad
  • Ali bin Hasan Al Hilali
  • Muhammad bin Abdil Wahhab Al Fara’
  • Ali Ibnul Husain Ibnul Junaid
  • Ibnu Khuzaimah

Itulah beberapa nama murid dari Imam muslim. Merekalah yang kemudian terlahir menjadi sebagai ulama besar, yang ahli dalam ilmu Hadits. Ilmu Hadits Imam Muslim akhirnya menyebar hingga ke seluruh Umat Muslim di dunia dan telah menjadi dasar hukum setelah Hadits Imam Bukhari.

Karya Tulis Imam Muslim

karya utama
belajarislam.com

Karya tulis Imam Muslim banyak yang menceritakannya dan berpendapat dengan berbeda. Tetapi disini saya akan menjelaskan karya tulis Imam Muslim dari 2 pendapat. Karya Tulis Iman Muslim diantaranya adalah sebagai berikut:

Menurut Imam An Nawawi dalam Tadzibul Asma Wal Lughat, Imam Muslim telah menulis karya kitabnya yaitu:

  1. Kitab Sahih Muslim
  2. KItab Al Musnad Al Kabir ‘Ala Asma Ar Rijal
  3. Kitab Jami’ Al Kabir ‘Ala Al Abwab
  4. Kitab Al ‘Ilal
  5. Kitab Auhamul Muhadditsin
  6. Kitab At Tamyiz
  7. Kitab Man Laisa Lahi Illa Rawin Wahidin
  8. KItab Thabaqat At Tabi’in
  9. Kitab Al Muhadramain

Menurut Adz Dzahabi dalam Tahdzibut Tahdzib, Imam Muslim telah menulis karya kitabnya yaitu:

  1. Kitab Al Asma Wal Kuna
  2. Kitab Al Afrad
  3. Kitab Al Aqran
  4. KItab Sualaat ahmad bin Hambal
  5. Kitab Hadits ‘Amr bin Syuaib
  6. Kitab Al Intifa’ bi Uhubis Siba’
  7. Kitab Masyaikh Malik
  8. KItab Masyaikh Ats Tsauri
  9. Kitab Masyaikh Syu’bah
  10. Kitab Aulad Ash Shahabah
  11. Kitab Afrad Asy Syamiyyin

Itulah beberapa kitab karya dari Imam Muslim, yang masih ada hingga sekarang. Hadits dari Imam Muslim juga tidak asing lagi dikalangan kaum umat Muslim. Karena Hadits Imam muslim, memiliki kesahihan seperti kesahihan kitab karya Imam Bukhari.

Wafatnya Imam Muslim

wafatnya imam muslim
suduthukum.com

Perjalanan hidup Imam Muslim dilalui dengan menimba ilmu di jalan Allah. Dan menyebarkan ilmu Islam dengan Haditsnya di jalan Allah. Perjuangan yang telah dilakukan Imam Muslim selama hidupnya, untuk menegakkan hukum Agama Islam hingga ajalnya pun menjemput.

Banyak pendapat mengenai meninggalnya Imam Muslim. Namun salah satu pendapat mengatakan, Imam Muslim wafat pada Hari ahad sore. Imam Muslim lalu dimakamkan di kampung Nasr Abad yang berada di daerah Naisabur, di hari senin 25 Rajab 261 Hijriyah. Imam Muslim meninggal di usia 55 tahun.

Ibnu Salah telah menceritakan meninggalnya Imam Muslim, dalam Kitabnya yaitu Shiyanatu Muslim. Bahwa Imam Muslim meninggal dikarenakan suatu hal yang tidak biasa. Ibnu Salah berpendapat bahwa Imam Muslim meninggal karena kelelahan pikirannya dalam menelaah ilmu. Wallahu a’lam bishawab

SUmber: https://muslim.or.id/3984-mengenal-imam-muslim.html

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *