doa diberi kemudahan

Doa Diberi Kemudahan yang Benar dan Lengkap dalam Islam

Memanjatkan doa agar diberi kemudahan kepada Allah pasti pernah dilakukan oleh siapa pun saat ia merasa kesusahan. Manusia tidaklah sempurna, sesukses apapun manusia pasti dia pernah berada dalam masa-masa yang sulit.

Dimasa-masa sulit inilah biasanya kita memanjatkan doa agar diberi kemudahan oleh Allah SWT. Sehebat-hebatnya manusia pasti dia mempunyai batas kekuatan atau kekuasaan dimana hal tersebut tidak bisa disangkal oleh siapapun.

Berdoa kepada Allah apalagi untuk meminta diberi kemudahan ditengah kesulitan haruslah dilakukan dengan baik dan dengan doa yang benar secara Islam. Berikut ini saya akan berbagi doa agar diberi kemudahan yang benar dalam Islam. Simak penjelasannya di bawah ini ya 🙂

Pengertian Doa

dimudahkan segala urusan dan rezeki
dream.co.id

Secara bahasa kata “doa” itu bermakna seruan, jadi berdoa itu artinya menyeru, mengucap dan memanggil. Sedangkan secara istilah “doa” adalah suatu permohonan atau permintaan yang diucapkan kepada Allah SWT seperti contoh: meminta ampunan, pertolongan dari hal-hal yang ditakutkan, keselamatan hidup, ucapan rasa bersyukur, minta diberikan rizki yang halal dan ketetapan iman dan Islam, dan lain sebagainya.

Baca juga Doa Pembuka Rezeki

Etika dalam Berdoa

mohon kebaikan dalam semua urusan
islami.co.id

Dalam Islam berdoa juga ada etikanya (adabnya), agar doa yang dilakukan bisa terkabulkan dan mendapat ridho dari Allah. Berikut ini beberapa etika saat berdoa yang wajib kalian ketahui:

  1. Berwudhu sebelum berdoa, menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan saat berdoa
  2. Sebelum berdoa dahulukan untuk memuji Allah SWT, kemudian bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW
  3. Mengakui dosa yang telah diperbuat dengan penuh rasa takut kepada Allah
  4. Berdoa dengan tujuan yang baik baik
  5. Menghindari doa yang buruk terhadap diri sendiri, anak dan harta, karenan Rasulullah telah bersabda “Jangan sekali-kali kamu mendoakan buruk terhadap diri kamu dan juga terhadap anak-anak kamu dan juga terhadap harta kamu, karena khawatir doa kamu bertepatan dengan waktu dimana Allah mengabulkan doamu.” (HR. Muslim).
  6. Merendahkan suara saat sedang berdoa
  7. khusyu’ saat berdoa dan yakin bahwa doa kita akan dikabulkan oleh Allah

Baca juga Ini Kunci & Doa Agar Hati Tenang yang Wajib Kalian Ketahui

Berikut ini beberapa doa agar kalian bisa diberi petunjuk dan kemudahan oleh Allah SWT:

Doa Diberi Kemudahan

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul haznaa idza syi’ta sahlaa”

Artinya : “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”.

Doa Memohon Pertolongan

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِي

“Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanaabih, wa’ fuannaa waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘alal qaumilkaafiriin”.

Artinya : “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”

Doa Memohon Rahmat dan Diberi Petunjuk

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

“Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa”.

Artinya : “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”.

Doa Dimudahkan Urusan

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي
“Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii“

Artinya : “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”.

Doa Meminta Pertolongan

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ
“yaa hayyu ya qoyyum birohmatika astagiist“

Artinya : “Wahai Yang Maha Hidup Kekal, Yang terus menerus mengurus ( mahluk-Nya ), hanya dengan rahmat-Mu saja, saya meminta pertolongan”.

Doa Memohon Kebaikan

أَللّٰهُمَّ أَصْلِحْ لِىْ دِيْنِىَ الَّذِىْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ دُنْيَاىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَاشِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ آخِرَتِىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَادِىْ وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَهً لِّىْ فِىْ كُلِّ خَيْرٍ وَّ اجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِّىْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ

“Allahumma ashlih lii diini al ladzii huwa ‘ishmatu amrii, wa ashlih lii dunyaa al latii fii haa ma’aa syii. Wa ash lih lii aakhiroti al latii fii haa ma’aa dii, waj’alil hayaata dziyaadatal lii fii kulli khair, waj’alil mauta raa hatal lii min kulli syar“.

Artinya : “Ya Allah mohon kebaikan pada urusan agamaku karena itu adalah penjaga semua urusanku. Aku mohon kebaikan pada urusan duniaku karena itu tempat hidupku. Aku mohon kebaikan pada urusan akhiratku karena itu tempat kembaliku. Jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku waktu istirahat bagiku dari segala keburukan”.

Doa Memohon Ampun

رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Robbanaa atmim lanaa nuuronaa waghfirlanaa innaka ‘alaa kulli sayaiin qadiir“.

Artinya : “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Keutamaan Berdoa Kepada Allah

dimudahkan segala urusan dunia dan akhirat
dream.co.id
  • Pertama, doa merupakan bentuk penghambaan dan ketaatan kepada Allah SWT. dalam artian doa termasuk bagian dari ibadah. Rasulullah Saw.:

اَلدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

Berdoa adalah termasuk bagian dari ibadah (HR. Abu Daud, No, 1481)

  • Kedua, doa bisa menjadi perantara untuk menolak bencana sebelum ia turun atau menjadi sebab terangkatnya bencana tersebut apabila sudah turun.

لَا يَرُدُّ اْلقَضَاءَ إِلَّا الدُّعَاءُ

Tidak ada yang dapat menolak ketentuan Allah Swt. kecuali doa (HR. Tirmidzi, 2139)

  • Ketiga, buah atau hasil dari berdoa sudah dijamin oleh Allah Swt. Dalam artian tidak ada doa yang sia-sia. Bisa saja doanya cepat terkabul seperti yang diminta. Bisa juga doanya menjadi simpanan kelak di akhirat. Atau bisa saja doa tersebut menajadi penolak keburukan yang akan menimpanya. Rasulullah Saw. bersabada:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُوْ بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيْهَا اِثْمٌ وَلَا قَطِيْعَةُ رَحِمٍ اِلَّا أَعْطَاهُ اللهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ اِمَّا أَنْ تُعْجَلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَاِمَّا أَنْ يُدَخِّرَهَا لَهُ فِيْ الْآخِرَةِ وَاِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوْءِ مِثْلَهَا

Tidaklah seorang muslim yang memanjatkan doa kepada Allah Swt. selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturrahim, kecuali Allah Swt. akan memberikannya tiga hal; (1) Doanya cepat dikabulkan, (2) Allah Akan menjidakan doanya sebagai simpanan di hari kiamat kelak, (3) Allah Swt. akan menjauhkannya dari keburukan yang sepadan. (HR. Ahmad, no. 11149, Maktabah Syamilah)

  • Keempat, doa menjadi sebab untuk tegar dan mendapatkan pertolongan dari Allah atas musuh atau dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Kelima, doa menjadi tanda atau dalil dari keimanan bagi orang yang berdoa.
  • Keenam, doa tanda kepasrahan dalam diri berarti orang yang berdoa berarti tawakkal kepada Allah. Dia sudah memasrahkan semua urusannya kepada Allah.
  • Ketujuh, dengan berdoa akan terhindar dari murka Allah. Dalam artian orang yang berdoa kepada Allah mengaku bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan sedikitpun dalam hidup. Hidupnya tergantung bagaimana takdir Allah, dengan berdoa dia menyadari keterbatasan yang ada dalam dirinya. Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّهُ مَنْ لَمْ يَسْأَلِ اللهَ يَغْضَبُ عَلَيْهِ

Sesungguhnya barang siapa yang tidak berdoa (meminta) kepada Allah, maka ia akan mendapatkan murka-Nya. (HR. Tirmidzi, no. 3373)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat