Kerajinan dari Plastisin yang Unik dan Cara Membuatnya Mudah

Karya seni memanglah banyak sekali variasinya. Indonesia banyak mempunyai para pengrajin yang bisa menghasilkan karya-karya yang unik dan kreatif. Salah satu kerajinan yang akan di bahas kali ini yaitu mengenai kerajinan dari plastisin.

Di zaman modern ini, banyak sekali mainan anak-anak yang terbuat dari bahan plastisin. Bahannya yang mudah dibentuk membuat anak-anak menyukainya. Bahan plastisin ini juga mudah sekali untuk kalian buat sendiri di rumah.

Yuk kenali lebih dekat mengenai kerajinan dari plastisin ini, simak penjelasan di bawah ini ya.

Kerajinan dari Plastisin

Plastisin merupakan salah satu jenis Clay. Clay ini dalam dunia kerajinan dimaksud sebagai tanah liat buatan ataupun tiruan yang dibuat dari bahan- bahan semacam tepung, polymer, paraffin, bubur kertas serta lain lain.

Plastisin sendiri disebut sebagai The oil- based Clay yang dibuat dari bahan- bahan semacam asam alifatik, petroellum jelly, garam kalsium serta lain lain. Plastisin ini sesungguhnya bukan nama zat melainkan nama merek tanah liat permodelan yang haknya dipegang oleh Flair Leisure Products plc.

Plastisin kerap dipergunakan sebagai mainan anak- anak juga sebagai bahan untuk membuat kerajinan. Karna terkenal, masyarakat banyak juga yang membuat plastisin tiruan dengan bahan- bahan semacam tepung terigu, garam halus, minyak goreng, air serta pewarna makanan.

Plastisin juga bisa membantu meningkatkan daya imajinasi dan sisitem motorik halus anak.

Berikut ini beberapa daftar kerajinan yang terbuat dari bahan plastisin:

Contoh Kerajinan dari Bahan Plastisin

Bahan plastisin banyak dikreasikan menjadi beberapa jenis kerajinan, seperti:

  • Kerajinan plastisin bentuk hewan
  • Kerajinan plastisin bentuk bunga
  • Kerajinan plastisin bentuk tokoh kartun

Dan masih banyak lagi jenis lainnya, namun untuk kali ini kita akan membahas mengenai hal ini terlebih dahulu. Berikut ini penjelasannya.

Baca juga Kerajinan Limbah Organik yang Unik, Kreatif dan Menarik Wajib Kalian Tau

Kerajinan Plastisin Bentuk Hewan

Banyak anak kecil yang suka memainkan plastisin ini dengan membentuknya menjadi bentuk hewan. Bahannya yang lunak dan halus, membuat bahan ini menjadi salah satu rekomendasi mainan anak-anak yang tidak membahayakan. Berikut ini beberapa contoh hewan yang terbuat dari bahan plastisin seperti:

Kerajinan Bahan Plastisin Bentuk Siput

kerajinan dari plastisin
pinterest.com

Kerajinan Bahan Plastisin Bentuk Hiu

cara membuat ikan
tokopedia.com

Kerajinan Bahan Plastisin Bentuk Gajah

cara membuat hewan
kerajinantangan.com

Kerajinan Bahan Plastisin Bentuk Kelinci

bentuk hewan
pinterest.com

Kerajinan Bahan Plastisin Bentuk Kura-Kura

bentuk hewan
id.aliexpress.com

Kerajinan Plastisin Bentuk Bunga

cara membuat bunga
gingermint.com
cara membuat bunga
pinterest.com
yang mudah
pinterest.com

Kerajinan Plastisin Bentuk Tokoh Kartun

dengan mudah
kerajinantangan.com
yang bermanfaat
sahabatnesia.com
yang bermanfaat
pinterst.com

Cara Membuat Plastisin

cara-membuat-playdough-sendiri-di-rumah
carapraktis.info

Berikut ini cara untuk membuat plastisin dengan mudah dan bisa kalian buat sendiri di rumah. Ikutilah langkah-langkah seperti di bawah ini ya:

Sediakan Air Sebanyak 1 Gelas

Tuang air kurang lebihnya sebanyak satu gelas ke dalam mangkuk atau bisa di wadah yang lumayan besar, agar bisa menampung dan bisa mengaduk seluruh bahan-bahan yang akan dicampurkan.

Tambahkan Pewarna Makanan

Berilah tambahan pewarna makanan sesuai dengan keinginan kalian, namun berilah secukupnya saja jangan terlalu banyak saat memasukkan pewarnanya. Sebab semakin banyak pewarna yang dimasukkan maka warna pada plastisin tersebut akan menjadi semakin pekat.

Masukkan Bahan-Bahan yang Kering

Setelah tahap pemberian warna, kalian bisa melanjutkan pada tahap selanjutnya yaitu masukkan kurang lebih sebanyak 4 gelas tepung dan 1,5 gelas garam ke dalam wadah yang sudah diberi isi air pewarna.

Beri Tambahan Minyak Goreng

Minyak berfungsi untuk membuat plastisin lebih lunak dan mudah saat dibentuk. Kalian bisa memberi minyak sebanyak 2 sendok makan terlebih dahulu.

Jika terjadi penggumpalan pada adonan atau sudah mulai terlihat kering, kalian bisa memberikan tambahan lagi kurang lebihnya hanya beberapa sendok supaya tidak mengering.

Remas dan Oleni Adonan Tersebut

Setelah itu kalian remas- remas adonan plastisin atau playdough tersebut memakai kedua tangan kamu sampai terasa lembut dan tingkatan kelembabannya sesuai apa yang kalian inginkan.

Untuk langkah ini adananya menggumpal dan juga kering, sehingga kita harus menambahkan minyak kurang lebih sebanyak 1 ataupun 2 sendok makan.

Simpanlah  Plastisinnya

Bila telah hangat serta kalis, buatlah bentuk sampai menyerupai bentuk bola. Adonan tersebut telah siap digunakan untuk anak- anak bermain sambil belajar, terutama keterampilan dalam membentuk.

Jika sedang tidak digunakan, maka simpanlah playdough tersebut ke dalam wadah yang sekiranya kedap suara, misalnya semacam plastik. Hal tersebut itu bertujuan agar adonan plastisin ini bisa senantiasa dalam kondisi lembut dan bisa dengan mudah untuk dibentuk.

Tips Membuat Playdough

  1. Bila kalian mau menaruh permainan playdough ini atau plastisin setelah selesai digunakan, maka kamu bungkuslah mainan tersebut ke dalam kantong Ziplock ataupun wadah berbahan plastik supaya mainan tersebut tidak mengering. Kalian juga dapat menaruh plastisin ke dalam lemari es untuk membuatnya lebih awet. Umumnya lilin plastisin ini dapat bertahan sepanjang 3- 7 hari pada saat kalian simpan pada lemari es.
  2. Tidak boleh meremehkan fungsi dari garam, sebab garam yang ditambahkan ke dalam adonan itu mempunyai fungsi sebagai pengikat air, sehingga tekstur yang kenyal dan juga kelembaban pada adonan dapat bertahan lebih lama.
  3. Buat bahan minyak goreng tersebut bisa kalian ganti dengan minya bayi( baby oil) yang mempunyai aroma jauh lebih wangi, hal tersebut dikhususkan jika adonan tidak menggunakan minyak aroma.

Baca juga Kerajinan Bahan Lunak yang Unik Beserta Jenis dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Permainan dari Plastisin

Berikut ini jenis-jenis permainan yang terbuat dari plastisin, dan bisa kalian ajarkan kepada sang buah hati. Jenis permainan tersebut seperti:

Belajar Bangun Datar

jenis permainan plastisin
pinterest.com
  1. Ajari kepada anak- anak kalau mereka itu akan bermain dalam membuat bermacam- macam bentuk memakai lilin plastik sebagai bahannya. Diawali dari bentuk yang sangat simpel dulu, semacam membuat suatu bulatan. Ajak juga anak- anak buat menghubungkan ke dunia nyata yang terdapat di dekat mereka.
  2. Tidak hanya membuat suatu lingkarang, pola yang biasa digunakan adalah membuat bentuk segi 4 kemudian sambungkan dengan beberapa barang yang berada di dekat mereka pada dunia nyata.
  3. Langkah terakhir ialah dengan membuat bentuk segitiga.

Mengenal Huruf dan Angka

permainan parafin
kumparan.com
  1. Langkah terakhir ialah dengan membuat bentuk segitiga.
  2. Ajarkan serta kenalkan kepada anak- anak kalau mereka itu akan bermain permainan huruf serta angka.
  3. Ambilah kertas dan setelah itu gambar salah satu angka sebagai suatu contoh untuk anak- anak.
  4. Kemudian kalian ajarkan anak- anak untuk memipihkan lilin, setelah itu susun hingga membentuk suatu angka.
  5. Jalani hal tersebut sampai anak dapat dengan mandiri tanpa ada gambar. Hal tersebut wajib dicoba pada saat keadaan anak sedang gembira, jangan pernah untuk memaksa anak, sebab anak tersebut akan mudah bosan dengan permainan yang diulang.

Mengenal Hewan

gajah
okezone.com
  1. Meminta kepada si anak untuk menyebutkan misalnya nama hewan ataupun apapun yang ia tahu, upayakan hewan yang mereka sukai dan yang mudah untuk dibentuk.
  2. Kalian ajarkan kepada si anak untuk bermain dengan membentuk suatu hewan yang ia ingin dengan memakai lilin plastik.
  3. Biarkan sikecil itu berimajinasi dengan membentuk hewan yang sangat dia sukai.

Mengenal Buah dan Tumbuhan

jenis tanaman
merdeka.com
  1. Beri suatu penjelasan kepada anak, tentang bermacam- macam jenis tanaman yang ia temui disekitar mereka.
  2. Ajak anak dalam mengumpulkan beragam jenis bunga dan juga tumbuhan
  3. Bila daun telah dikumpulkan, maka ajari anak- anak untuk membuat cap pada lilin plastisin dengan beragam bentuk daun
  4. Bila mau membentuk buah, ajaklah anak buat berkreasi dengan membuat bentuk buah 3 ukuran sesuai apa yang anak tahu seputar buah, apapun bentuknya harus diberikan apresiasi kepada anak.

Sumber: https://bukabukumu.com/kerajinan-dari-plastisin/#Cara_Membuat_Plastisin_atau_Playdough

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *