Kerajinan Limbah Organik yang Unik, Kreatif dan Menarik Wajib Kalian Tau

Sebagian orang banyak yang membuang limbah secara sembarangan. Mereka tidak tahu bagaimana cara untuk mengurangi limbah, dengan dibuangnya secara sembarangan maka akan mencemari alam. Sehingga keterampilan masyarakat Indonesia begitu jenius, mereka bisa membuat kerajinan dari jenis bahan limbah organik.

Pengertian Kerajinan Limbah Organik

tas anyaman daun pandan
tokopedia.com

Kata Limbah Organik berasal dari kata Limbah serta Organik. Makna dari Limbah merupakan sisa ataupun benda yang telah di buang oleh pemiliknya, serta tidak di manfaatkankan kembali. Akan tetapi terkadang masih bisa di manfaatkan. Sebaliknya pengertian Organik merupakan bahan- bahan yang dibuat dari alam ataupun makhluk hidup.

Baca juga Kerajinan Kulit Jagung yang Kreatif, Unik dan Cara Membuatnya

Jadi limbah organik ini merupakan sesuatu jenis limbah yang bisa diperbaharui, diuraikan, dan bisa di daur ulang kembali. Limbah organik ini merupakan hasil dari perkumpulan sisa- sisa tumbuhan serta hewan- hewan yang sudah mati dan mengalami pelapukan hingga pembentukan kembali.

Sehingga kerajinan limbah organik adalah, suatu kerajinan yang terbuat dari bahan sisa alam atau makhluk hidup. Namun bahan ini masih bisa untuk dimanfaatkan kembali dan dibuat menjadi bahan kerajinan-kerajinan dari limbah oraganik.

Jenis-Jenis Bahan Limbah Organik

Dalam jenis bahan limbah organik, terbagi menjadi 2 jenis bahan yaitu:

1. Limbah Organik Basah

anorganik
kerajinankreatif.com

jenis limbah basah memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga jika digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan. Diperlukan proses pengeringan dengan teknik menjemur di bawah sinar matahari.

Bahan limbah organik basah yang bisa dijadikan sebagai karya kerajinan yaitu:

  • Kulit Buah
  • Kulit Jagung
  • Kulit Bawang
  • Kulit Sayuran
  • Daun-Daunan

Dilakukan proses pengeringan bahan, karena jenis bahan yang kering bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan. Sehingga bahan yang sudah kering, akan lebih mudah dibentuk dan diolah saat proses pembuatannya.

2. Limbah Organik Kering

contoh, organik
crona.co.id

Jenis limbah organik kering memiliki kadar air yang rendah. Saat proses pembuatan kerajinan dengan memakai bahan ini, juga tidak terlalu ribet. Hal ini karena jenis bahannya yang sudah kering, menandakan bahannya yang sudah siap di pakai.

Bahan organik kering yang bisa dijadikan sebagai karya kerajinan yaitu:

  • Kardus
  • Kayu
  • Tempurung Kelapa
  • Kulit Telur
  • Serbuk Gergaji

Jenis bahan limbah organik kering, merupakan bahan yang sering digunakan oleh para pengrajin sebagai bahan baku utama untuk membuat kerajinan. Karena bahannya yang sudah siap dipakai dan mudah dalam proses pembuatannya.

Pengelompokkan Hasil Limbah Organik

contoh, bahan, alam
amazon.com

Buat pengelompokan yang dihasilkan dari limbah organik ini dibagi 4 ialah:

1. Wilayah Pertanian

Limbah organik yang dihasilkan dari wilayah ini ialah jerami padi, kulit jagung, batang dari daun singkong, kulit bawang dan yang lain-lain.

2. Wilayah Pegunungan

Limbah organik yang sangat banyak dihasilkan dari wilayah semacam pegunungan ini, merupakan kulit buah- buahan dengan tekstur yang lumayan keras semacam kulit durian, kulit petai Tiongkok, salak, serta yang lain.

3. Wilayah Perkotaan

Ada pula Limbah yang berada di wilayah perkotaan biasanya seperti kulit kacang, serutan kayu, kertas, kulit telur, kardus, kayu, serbuk gergaji, serta yang lain. Metode pembuatan bahan limbah organik biasanya tidak ada yang berbeda. Pembuatannya bisa dikerjakan oleh mesin ataupun juga dengan metode yang manual.

4. Wilayah Pesisir Pantai

Limbah organik yang ada di wilayah pesisir tepi laut ini lumayan banyak sekali, antara lain ialah cangkang dari kerang laut, tulang ikan, sisik ikan, serabut kelapa, tempurung kelapa, serta yang yang lain.

Baca juga Kerajinan Tangan dari Sedotan Kreatif, Mudah dan Cara Membuatnya

Manfaat Kerajinan Limbah Organik

manfaat limbah organik
tokopedia.com

Kerajinan hasil dari bahan limbah organik memiliki berbagai manfaat, yang biasa digunakan oleh manusia. Berikut ini beberapa manfaat dari kerajinan limbah organik adalah:

  1. Sebagai bahan kerajinan
  2. Sebagai produk hiasan
  3. Sebagai kebutuhan rumah tangga
  4. Sebagai produk bisnis jualan

Teknik Pembuatan Kerajinan Limbah Organik

kerajinan kulit telur
cakbagus.net

Dalam pembuatan kerajinan limbah organik, terdapat beberapa teknik yang sering dilakukan oleh para pengrajin seperti:

1. Teknik Ukir/Pahat

Teknik ukir atau pahat adalah sebuah teknik dalam proses pembuatan suatu kerajinan. Teknik ini dilakukan dengan mengikuti sesuai dengan pola yang sudah digambar. Terdapat beberapa jenis dalam teknik mengukir, antara lain:

  • Teknik ukiran tembus
  • Teknik ukiran rendah
  • Teknik ukiran timbul
  • Teknik ukiran utuh

Teknik ukir ini biasanya dilakukan pada bahan limbah kering kayu. Tidak hanya itu, biasanya teknik ini digunakan dalam pembuatan kerajinan bahan lunak yaitu sabun batang dan lilin.

2. Teknik Anyaman

Teknik menganyam biasa untuk digunakan sebagai teknik dalam pembuatan kerajinan dari bahan lunak dan limbah organik kering. Dalam menggunakan teknik ini, diperlukan keahlian serta ketelitian khusus. Teknik ini juga bisa digunakan untuk menganyam jenis bahan seperti daun pandan kering, kulit jagung dan kulit sayuran.

3. Teknik Tempel dengan Lem

Teknik yang mudah yaitu, menggunakan teknik tempel dengan lem. Teknik ini bisa diterapkan saat kalian akan membuat kerajinan dari limbah organik. Jenis bahan limbah organik kering sangat cocok menggunakan teknik ini. Sehingga proses pembuatannya tidak cukup lama dan hasil kerajinannya juga bagus serta berkualitas.

Contoh Kerajinan Limbah Organik

Berikut ini beberapa contoh karya kerajinan dari bahan limbah organik, antara lain:

1. Hiasan Dinding dari Bahan Bekas

contoh kerajinan limbah organik
idwarta.com

Limbah organik bisa digunakan menjadi bahan baku pembuatan kerajinan, hiasan dinding yang bagus seperti gambar di atas ini. Bahan yang digunakan mulai dari kayu, kertas, dan anyaman daun kering. Itulah beberapa bahan bekas yang bisa kalian buat hiasan di dinding.

2. Kerajinan dari Kardus Bekas

kerajinan kardus bekas
keepo.me

Kardus bekas bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan peralatan tulis dan buku kita. Dengan begini kita benar dalam memanfaatkan barang limbah organik. Selain bisa digunakan sendiri, kita juga bisa menjadikan hasil kerajinan ini, sebagai peluang bisnis.

3. Kerajinan dari Sedotan Bekas

kursi-dari-sedotan-bekas
moondoggiesmusic.com

Sedotan bekas yang banyak berserakan dimana-mana, bisa kalian sulap menjadi kursi sedotan yang cantik. Kerajinan dari sedotan juga bisa kalian fungsikan sebagai hiasan. Dengan bermodal bahan yang terjangkau, kalian bisa membuat berbagai macam kerajinan dari sedotan.

4. Kerajinan Kerang Laut

kerajinan kerang laut
idntimes.com

Buat kalian yang suka ke pantai, jangan lupa buat berkreasi selalu. Kalian bisa menggunakan kerang bekas, menjadi sebuah phigora yang sangat bagus seperti gambar di atas ini. Untuk membuatnya juga mudah, kalian hanya perlu menggunakan teknik lem. Biasanya para pengrajin menggunakan jenis lem tembak.

5. Kerajinan Kulit Telur

kerajinan kulit telur
food.detik.com

Sisa kulit telur yang sudah tidak terpakai, juga bisa kalian sulap menjadi kerajinan telur sebagai hiasan di rumah. Bagaimana menarik sekali bukan?. Untuk membuatnya pun mudah, kalian hanya memerlukan cat warna-warni sebagai media motifnya.

6. Tas Jerami Padi

tas jerami padi
indonesian.alibaba.com

Jerami padi yang masih tersisa, bisa kita gunakan sebagai bahan baku utama untuk membuat tas wanita. Tas ini terlihat sangat unik dan cantik, walaupun hanya berbahan dasar dari jerami padi. Tas dari bahan ini juga memiliki tekstur yang kuat dan tahan lama. Dengan memakai tas ini, kalian bisa tampil dengan style fashionnable.

7. Kerajinan Daun Muda Kelapa

kerajinan-limbah-organik daun kelapa
masnid.com

Daun kelapa muda, biasa digunakan sebagai bahan utama untuk membuat ketupat. Dalam setahun sekali umat muslim membuat kerajinan ini dengan serentak, untuk menyambut datangnya hari raya idul fitri. Hasil nasi yang terbuat dari daun ini, juga memiliki tekstur yang berbeda. Rasanya jauh lebih nikmat dan lembut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kerajinan limbah organik. Tunjukkan kreatif kalian, jagalah alam kalian dengan memanfaatkan kembali limbah organik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, Jazakumullah khairan telah membaca.

Sumber: https://id.pinterest.com/fatmawatiheny/kerajinan-limbah-bahan-keras/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *