√ Makanan Khas Kalimantan Terenak yang Wajib Kalian Coba

Kalimantan adalah sebuah pulau yang terkenal dengan alamnya yang masih alami terjaga kelestariannya, tidak hanya itu, pulau  Kalimantan juga memiliki banyak macam suku dan budayanya yang masih kental. Kalimantan memiliki ciri khas tersendiri, termasuk dengan ciri khas dari makanannya.

Disini saya akan menjelaskan beberapa makanan khas dari 5 Provinsi Kalimantan yaitu:

1. Khas Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah menjadi salah satu Provinsi terbesar di Kalimantan, penduduk di kalimantan Tengah mayoritas dari suku Dayak, Jawa dan Banjar. Penduduknya membawa pengaruh besar, tidak hanya dari segi budaya, tetapi juga dari segi pariwisata dan kulinernya yang terkenal.

Potensi alamnya yang masih alami dan indah dimanfaatkan para penduduk sebagai tempat wisata yang bisa menarik perhatian, tidak hanya penduduk domestik, namun juga penduduk dari mancanegara. Tidak hanya itu saja, kuliner khas kalimantan Tengah, juga menjadi potensi besar untuk sekaligus menarik para pengunjung wisata disini.

Baca juga Makanan Khas Malang Terenak yang Wajib Kalian Coba

Kuliner khas dari Kalimantan Tengah seperti:

Juhu Umbut Rotan

juhu umbut rotan
by borneochannel.com

Pulau Kalimantan Tengah yang sebagian besar alanyma hutan tropis, memberi pengaruh pada bidang kulinernya. Apakah kalian pernah mendengar rebung? Juhu umbut rotan sama juga seperti rebung, olahan kuliner ini terbuat dari bahan rotan yang masih muda.

Untuk memasak kuliner ini, kalian harus ekstra kuat dan berhati-hati ketika menghilangkan duri-duri yang mengitari batang rotan. Lalu batang rotan yang muda bisa dipotong menjadi kecil-kecil untuk dimasak, bisa dimasak dengan diberi santan maupun tidak. Makanan ini akan sering kalian jumpai di kota Parangkalaya.

Bangamat

bangamat
by dapur.com

Kuliner yang satu ini membuat menguji nyali kita, karena kuliner ini menyajikan makanannya dengan menggunakan daging kelelawar. Cara membuatnya: setelah dibersihkan, daging bisa diolah dengan menggunakan bahan rempah-rempah sampai matang.

Pengolahan daging kelelawar biasanya juga direbus secara bersamaan dengan sulur kenari atau dengan sayur hati batang pisang. Bagi kalian yang mau menyantap kuliner unik dan ekstrim ini, kalian bisa langsung ke Kalimantan tengah ya.

Juhu Kujang

juhu kujang
by lifestyle okezone

Juhu kujang adalah makanan khas dari Kalimantan Tengah yang berbahan dasar keladi. Keladi adalah jenis tanaman terna, yang daunnya lebar dan berumbi, yang banyak hidup di alam liar. Tanaman keladi juga sering digunakan oleh masyarakat untuk obat-obatan herbal serta bahan membuat masakan tertentu.

Karena hidup di alam liar, sebelum mengolah masakannya, Tanaman keladi dibersihkan dengan sampai bersih, hal ini dilakukan dengan bertujuan agar tidak timbul rasa gatal ketika mengkonsumsinya. Juhu kujang biasanya disajikan dengan bumbu rempah-rempah, ikan, santan kelapa, dan potongan kecil daun nangka muda.

2. Khas Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan merupakan salah satu Pulau di Indonesia yang memiliki tempat wisata yang unik, seperti pasar terapung, jembatan Barito, pulau kembang, makam batu dan masih banyak lagi, dari sinilah membuat para penduduk luar domestik menjadi tertarik untuk pergi berkunjung kesana.

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan bila berkunjung kesana yaitu mencicipi makanan khas penduduk lokal yang biasa mereka makan. Citra rasa makanannya yang lezat dan unik membuat para penikmatnya ketagihan. berikut beberapa makanan yang akan saya beritahu:

Soto Banjar

soto banjar
by merdeka.com

Soto banjar sebenarnya tidak jauh beda dengan soto lain pada umumnya, yang membedakannya adalah soto ini kuahnya lebih pucat, tidak menggunakan bumbu rempah-rempah terlalu banyak, dan topingnya bisa ditambahkan dengan kacang tanah juga, bisa dinikmati dengan ketupat, kerupuk dan sambal agar lebih nikmat.

Baca Juga Makanan Khas Makassar Terenak yang Wajib Kalian Coba

Makanan ini akan sering kalianjumpai tidak hanya di rumah makan saja, tetapi di pedagang kaki lima juga ada, makanan ini sudah menjadi makanan favorit disana, jadi jangan lupa kalian untuk mencoba makanan soto banjar yang lezat ini ya.

Manday

manday
by resepnusantara.id

Manday adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari kulit cempedak,  atau kalau orang Kalimantan Selatan menyebutnya tiwadak, Cempedak ini hanya bisa kita dapatkan ketika musimnya datang, bau cempedak juga sangat ciri khas sekali dan rasa buahnya seperti durian.

Proses pengawetannya cukup sederhana, yaitu dicampur dengan garam, kemudian didiamkan dalam tempat yang tertutup rapat. Sedangkan lama pengawetan tergantung selera masing-masing, semakin lama maka akan semakin gurih dan semakin enak.

Manday umumnya dimasak dengan cara di goreng, walaupun ada juga yang memasaknya dengan cara digulai dan dibakar. Dengan ditambah beberapa rempah-rempah maka rasa asam dan gurih dari kulit cempedak pasti enak rasanya.

Iwak pakasam

iwak pakasam
by resepnusantara.id

Siapa yang tidak mengenal makanan khas satu ini, iwak pakasam ini lezat sekali, cara pembuatan iwak pakasam atau kadang juga disebut iwak basamu ini hampir sama dengan Manday, perbedaannya hanya bahan dasarnya yaitu ikan seperti ikan gabus, ikan pepuyu, ikan mangki, dan Ikan Sepat.

Proses pembuatannya yaitu, ikan yang sudah dibersihkan akan diberikan garam seperti Manday dan diberi juga samu, yaitu beras yang sudah ditumbuk tapi masih berbentuk. Kemudian ikan tersebut didiamkan beberapa waktu.

Lamanya pengawetannya tergantung selera masing-masing, ada yang berbulan-bulan saja, tapi ada juga yang bertahun-tahun. Katanya, semakin lama maka akan semakin asin dan enak rasanya. Ikan ini biasa dimasak dengan bawang goreng.

3. Kalimantan Utara

Kalimantan Utara yang beribukota kota Tarakan. Provinsi termuda di Indonesia ini berbatasan langsung dengan Malaysia, bagian Sabah dan Serawak. Mayoritas penduduknya dari Kalimantan Selatan karena program transmigrasi.

Selain itu terdapat pula penduduk asal Sulawesi Selatan, dayak, banjar, Bulungan, tidung dan Kutai. Keanekaragaman etnis yang berada di provinsi ini tentu mempengaruhi kuliner khasnya. Berikut adalah makanan khas Kalimantan Utara:

Sate Temburung

sate temburung
by doripos.com

Sate temburung terbuat dari kerang temburung, makanan khas Kalimantan Utara ini lezat sekali bila disajikan dalam bentuk sate, banyak penduduk lokal yang membuat makanan ini, dan sudah menjadi salah satu makanan favorit mereka.

Masyarakat Kalimantan utara juga kerap mengadakan pesta makan sate temburung, pada saat acara pergantian tahun baru, acara keluarga dan acara besar lainnya. Jika kalian berkunjung ke Kalimantan Utara jangan lupa untuk mencicipi makanan tradisional unik yang satu ini.

Nasi Subut

nasi subut
by ksmtour.com

Makanan khas Kalimantan utara yang selanjutnya ialah nasi subut. Nasi ini merupakan makanan tradisional yang berasal dari kabupaten Tana Tidung. Adapun perbedaan dari nasi ini, nasi ini tidak berwarna putih seperti nasi pada umumnya, tetapi warnanya adalah ungu.

Makanan tradisional Kalimantan selatan yang satu ini terbuat dari jagung, nasi, dan ubi jalar yang berwarna ungu. Warna ungu dari ubi jalar kemudian mendominasi warna pada nasi subut ini. Adapun proses pembuatan makanan ini  tidak terlalu sulit, beras ditanak seperti biasa, kemudian ubi jalar dipotong dadu dan direbus atau dikukus bersama biji jagung. Ketiga bahan tersebut kemudian dicampur dan diberi sedikit garam dan bumbu penyedap.

Tudai

tudai
by cookpad.com

Selain keppah, terdapat pula kerang lain yang dapat dijadikan kuliner nikmat di Kalimantan Utara. Keran tersebut bernama tudai. Tudai merupakan kerang berdaging tebal yang memiliki cangkang berwarna hitam dan jingga. Kalian dapat menemukan kerang ini di daerah Bulungan.

Tudai bisa dibuat sambal goreng maupun direbus. makanan ini biasa disajikan pada acara pesta pernikahan, keluarga, orang jualan dan lain sebagainya. Kalian dapat menemui dengan mudah makanan ini, yaitu di daerah tanjung selor, Kalimantan Utara.

4. Khas Kalimantan Barat

Kalimantan Barat juga menjadi salah satu pemilik penduduk yang banyak dengan berbagai suku dan budaya. Dari sinilah banyak sekali ciri khasnya, salah satunya yaitu pada ciri khas makanannya yang susah dicari, karena hanya adanya di Kalimantan Barat.

Berikut daftar kuliner khas Kalimantan barat yang wajib kalian coba:

Bubur Pedas

bubur pedas
by idntimes.com

Bubur pedas merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari suku Melayu di Sambas Kalimantan Barat. Pada awalnya, bubur ini merupakan sajian kerajaan di keraton sambas. Karena sangat digemari, bubur pedas ini menjadi makanan khas masyarakat sambas.

Bubur pedas ini kemudian menjadi sangat disukai penduduk kalimantan Barat, karena rasa nikmatannya dan manfaat kesehatannya. Bagi kalian yang tidak menyukai sayur, bubur pedas dapat menjadi solusi untuk kebutuhan sayur kalian.

Makanan Khas Kalimantan Barat ini terbuat dari bahan beras yang dihaluskan, kemudian di oseng tanpa minyak. Lalu ditambahkan dengan beraneka macam sayuran seperti kangkung, pakis, daun kesum, wortel, ubi, dan rempah-remah lainnya.

Apabila menggunakan resepnya yang asli, sayuran yang ditambahkan ke bubur ini dapat mencapai 30 macam. Karena untuk menambah cita rasa, biasanya bubur pedas ditambahkan daging, kacang tanah dan ikan teri. Bubur ini bisa ditemukan jika kalian berkunjung ke Kalimantan Barat. Biasanya dijual di warung-warung pinggiran jalan hingga restoran atau hotel.

Asam Pedas Tempoyak

asam pedas tempoyak
by backpaker.com

Makanan khas asam pedas tempoyak ini berasal dari daerah Ketapang Kalimantan Barat. Pasti kalian sudah sangat familiar dengan kuliner asam pedas, namun yang membedakan asam pedas khas Ketapang dengan yang lainnya adalah penambahan tempoyak.

Tempoyak merupakan daging buah durian yang telah difermentasikan. Bagi penikmat durian, mungkin kalian bisa langsung menyukainya. Bahan dari durian biasanya menjadi tambahan bumbu pada makanan yang nantinya akan memberikan aroma dan rasa ciri khas pada masakannya.

Asam pedasnya menggunakan ikan patin sebagai bahannya. Ikan patin mempunyai tekstur daging yang lembut serta rasa yang khas. Sangat cocok jika dikombinasikan dengan tempoyak. Asam Pedas Tempoyak ini semakin lezat jika ditemani dengan nasi panas.

Ale-Ale

ale-ale
by borneochannel.com

Kuliner Khas yang satu ini berasal dari daerah ketapang. Ale – ale merupakan hewan air laut sejenis kerang. Kerang ini banyak terdapat di daerah Ketapang, Kalimantan Barat, sampai ale-ale dijadikan sebagai maskot kota. Perairan di daerah ketapang masih terjaga, sehingga ale-ale dapat ditemukan dengan mudah dan belum tercemar polusi.

Ale-ale dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang lezat. Kalian dapat membuatnya menjadi serundeng ale-ale (dengan kepala parut), sambal ale-ale, ale-ale asam manis, dan masih banyak lagi sesuai dengan selera kalian. Pada dasarnya kalian hanya perlu merebus kerang tersebut terlebih dahulu dan kemudian diberi bumbu seseuai dengan selera.

5. Khas Kalimantan Timur

Makanan khas Kalimantan Timur didasari oleh perpaduan antara kebudayaan suku asli Kalimantan Timur, seperti suku Kutai dan Dayak dengan kebudayaan suku pendatang seperti, suku Banjar, Bugis dan Banjar. Jadi, jika kalian sedang berkunjung ke Kalimantan Timur, jangan lupa mencoba makanan khas andalan provinsi ini.

Berikut adalah beberapa makanan khasnya:

Ayam Cincane

ayam cincane
by merahputih.com

Dulu, makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini hanya akan dihidangkan saat acara-acara penting, seperti pernikahan atau kelahiran. Tetapi sekarang menu ini sudah banyak dijual di warung-warung makan di Kalimantan Timur. Bahan utamanya adalah ayam kampung, karena daging ayam kampung dikenal lebih gurih dibanding ayam potong ataupun ayam lainnya.

Daging ayam kampungnya diberi bumbu dengan bermacam rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kemiri dan lain sebagainya. Ayam ini dibakar menggunakan bara api, tunggu hingga matang atau bisa juga digoreng. Ayam Cincane ini sangat nikmat bila disantap dengan nasi putih. Dan diberi juga  jeruk sebagai penambah rasa agar lebih mantap.

Nasi Bekepor

nasi bekepor
by dapur-teh-eunur.blogspot.com

Makanan khas Kalimantan Timur selanjutnya ialah Nasi Bekepor. Nasi ini memiliki komposisi yaitu nasi putih yang dicampur dengan rempah-rempah, kemudian dimasak mengunakan alat masak khusus khas Kalimantan Timur. Dalam penyajiannya, Nasi Bekepor biasanya disajikan dengan sayur asam khas Kalimantan Timur, yaitu sejenis sayur asam yang diolah bersama dengan ikan air tawar dan ubi manis.

Gence Ruan

gence ruan
by food.detik.com

Makanan khas Kalimantan Timur gence ruan masih asing di telinga kalian yang bukan orang asli Kalimantan Timur. Gence Ruan dibuat dengan bahan dasar ikan Gabus atau masyarakat lokal menyebutnya ikan Haruan. Karena ikan ini memilki daging yang bertekstur kenyal dan empuk sehingga lezat saat disantap.

Ikan gabus ditaburi garam, kemudian dibakar dengan bara api, setelah dibakar ikan gabus disiram dengan tumisan bumbu yang terbuat dari bermacam-macam rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabe, dan rempah lainnya agar terasa lebih nikmat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *