√ Makanan Khas Malang Terenak yang Wajib Kalian Coba

Makanan Khas Malang

Menikmati waktu liburanmu di Malang, belum lengkap rasanya bila tidak mencoba aneka makanan khas Malang, jajanan khasnya. Tidak lupa juga untuk membawakan keluarga kita oleh-oleh khas Malang. Malang terkenal dengan kota yang dingin. Memiliki banyak aneka wisata dan Kulinernya juga.

Banyak wisatawan dari berbagai daerah untuk datang ke Malang, salah satunya karena ciri khas kulinernya yang membuat nagih dan rindu, suhunya yang dingin membuat wisatawannya juga semakin betah, tempat wisatanya yang asik dan kulinernya yang mantap.

Disini saya akan berbagi nama-nama makanan khasnya, jajanan, dan juga oleh-olehnya dari Malang buat kalian. Berikut beberapa nama makannya:

Bakso Malang

Makanan khas bakso malang
by memontum.com

Buat kalian yang gemar makan bakso, jangan lewatkan buat makan bakso di Malang, karena Malang bagaikan gudangnya para penjual dan sekaligus penikmat bakso. Baksonya tidak dijual hanya di kota saja tetapi juga bisa kita temukan di desa, pasar, pedagang kaki lima, bahkan di pelosok insyaallah ada hehe.

Ciri khas dari bakso Malang adalah isi dari baksonya, isinya tidak hanya baksonya saja, tetapi diisi dengan berbagai macam isi seperti: siomay basah, siomay goreng, gorengan usus, tahu, telur puyuh, krupuk pangsit, ditambah dengan bumbu-bumbu seperti daun seledri dan bawang merah goreng, makain mantap deh.

Spesialnya kita disini belinya bisa mengambil makanannya sesuai dengan selera kita, jadi kita bisa merasa puas karena tidak ada batasan buat kalian para penikmat bakso, enak banget dijamin deh bakal ketagihan haha.

Orem-Orem

makanan khas orem-orem Malang
by resepnusantara.id

Mungkin buat kalian yang masih asing mendengar nama makanan ini, disini aku bakal kasih tau kalian. Orem-orem itu adalah makanan yang disajikan dengan ketupat. terbuat dari tempe yang dipotong kecil-kecil yang sudah dibumbui dan diberi telur asin diatasnya sehingga memiliki rasa yang lezat sekali.

Memang tampaknya terlihat sepintas seperti opor atau sayur lodeh, tapi makanan ini disajikan dengan kuah kaldu ayam yang sangat kental. Dari perpaduan rasa tempe dengan telur asinnya, rasanya itu enak, ditambah makannya dengan ketupat dan diberi kuah yang kental, wah memberikan kesan semakin kuat citra rasanya.

Cwie Mie

cwie mie malang
by kooliner.com

Cwie mie sudah tidak asing lagi bagi kalian penggemar makan mie, cwie mie itu memang sepintas mirip dengan mie ayam, namun yang membedakannya cwie mie disajikan dengan menggunakan potongan ayam yang lebih halus. Biasanya diberi toping siomay basah, pangsit goreng, dan juga daun selada.

Buat kalian yang suka makan pedas, cwie mie di Malang juga diberi tingkatan level pedasnya, wah semakin menggugah selera makan ya, ayo mari dicoba, dan pilihlah tingkatan level pedas sesuai dengan seleramu. Dijamin pasti bakal ketagihan sama rasanya cwie mie.

Tempe Mendol

makanan mendol khas malang
by merahputih.com

Mendol adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tempe kedelai yang telah dicampur dengan bumbu, seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya. Lalu makanan ini diaduk menjadi satu bersama tempe dan kemudian dibentuk menyerupai combro.

Tempe mendol ini biasanya disajikan sabagai lauk atau pun dimakan langsung sebagai menu utama.
Tempe mendol rasa bumbunya lebih terasa dan memiliki tekstur yang lebih padat. Tempe mendol ini bisa kamu temui di penjual pecel. Rata-rata penjual nasi pecel di Malang menyuguhkan tempe mendol sebagai pelengkap.

Bakso Bakar

makanan bakso bakar khas malang
by sibukliburan.id

Makanan yang satu ini sudah menjadi makanan yang sering diburu oleh para wisatawan, pasti bakal kebayang kan bakso biasa aja rasanya udah enak, apalagi ditammbahi dengan bumbu speisialnya lalu dibakar sampai agak kering gitu, wah rasanya makin enak banget. Ketika dibakar pun aromanya udah kemana-mana, sampai manggil-manggil perut juga, ngasih kode, pengen disantap tu mereka, haha.

Tahu Campur

tahu campur khas malang
by resephariini.com

Tahu Campur merupakan makanan khas Malang yang tidak boleh terlewatkan jika sudah berada di kota apel ini. Makanan ini cocok banget dimakan saat suasana lagi dingin, Biasanya makanan ini disajikan dengan beberapa bahan tambahan seperti, sop daging sapi, perkedel singkong, toge segar, selada air, mie kuning dan tidak ketinggalan Tahu yang dicampurkan di dalamnya.

Rasanya nikmat sekali, jangan sampai kelewatan ya buat nyobain tahu campur. Baca Juga Makanan Khas Makassar Terenak yang Wajib Kalian Coba

Tahu Telor

tahu telur khas malang
by cookpad.com

Tahu telor beda dengan tahu campur, tahu campur disajikan dengan kuah yang khas dengan sop daging, sedangkan tahu campur berbahan hanya tahu yang dicincang, dicampur dengan telur lalau digoreng, setelah itu dibaluri dengan bumbu dari kacang.

Kita juga bisa memesan rasa pedas, rasa pedasnya akan terasa dari bumbu kacangnya yang lengkap, tidak lupa dengan diberi toping kerupuk agar memakannya menjadi semakin nikmat. Baca juga √ Makanan Khas Kalimantan Terenak yang Wajib Kalian Coba

Oleh-Oleh Makanan Khas Malang

Jika kita sudah berkunjung di kota Malang, jangan lupa untuk membelikan oleh-oleh makanan khas Malang. sayang sekali bila kalian tidak membelinya, karena kalian akan melewatkan rasa nikmat yang tak bisa terlupakan. Karena Kota Malang memiliki beragam macam Oleh-oleh makanannya seperti:

Lapis Tugu Malang

kue lapis tugu khas malang
by dimanaaja.com

Buat kalian penggemar kue coklat, dan brownies, kalian pasti akan menyukai makanan ini. karena makanan ini bukan seperti kue lapis biasa, tetapi rasanya itu senikmat brownies coklat, makanan ini juga memiliki variasi rasa, ada rasa coklat, keju, pandan, telo dan original.

oleh-oleh ini juga halal dan aman karena sudah tercantum tgl kadaluarsanya, jadi kalian tidak perlu khawatir dan meragukan oleh-oleh ini. untuk harganya juga terjangkau bagi kalangan masyarakat. Bila kalian beli, pasti nggk akan nyesel, tapi makin ketagihan nanti haha.

Malang Strudel

malang strudel
by dream.co.id

Inilah oleh-oleh terbaru dari Malang. Resmi dibuka akhir 2014, Malang Strudel menyediakan Strudel berbagai varian rasa. Strudel sendiri merupakan pastry atau kue berlapis dengan isi aneka buah. Di sini, selain menemukan Strudel isi apel, Anda juga bisa menemukan strudle dengan varian lain seperti stroberi, mix fruit, pisang dan nanas.

Buat kalian yang menyukai buah dan juga kue, ini adalah salah satu produk oleh-oleh yang menggabungkan antra keduanya. rasanya yang berlapis dan bervariasi membuat kita dengan mudah untuk memilih, sesuai dengan selera kita.

Keripik Buah

keripik buah khas malang
by piknikdong.com

Malang memiliki suhu dan tanah subur yang cocok untuk dijadikan sebagai budidaya buah apa pun. karena mengalami panen buah yang banyak, hingga akhirnya warga memiliki inisiatif untuk memanfaatkan buah menjadi produk kripik buah khas Malang.

Beragam buah bisa dikreasikan menjadi keripik. Buah yang sebelumnya juicy dan segar, ternyata melalui proses panjang bisa jadi garing dan renyah. Beberapa keripik buah yang bisa Anda temukan di antaranya adalah keripik apel, nangka, salak, kelengkeng, rambutan dan semangka.

Untuk rasanya tidak kalah enak dengan rasa buah segar, sebelum dijadikan kripik buah. Rasa manisnya yang alami, teksturnya yang renyah dan terbuat dari bahan alami tanpa bahan pengawet sama sekali. Kalian bisa nih mencobanya, dan bisa membelinya di semua toko pusat oleh-oleh khas Malang.

Kripik Tempe

kripik tempe khas malang
by sanantempe.com

Malang termasuk kota produksi tempe yang banyak juga, tidak hanya produksi tempe untuk lauk makan saja, tetapi juga diproduksi untuk kripik tempe juga. Kripik tempe khas malang ini dibuat secara sehat dan alami, untuk rasanya juga bervariasi, ada rasa balado, jagung manis, original, manis, gurih dan masih banyak lainnya.

Karena dari bahan dasar alami dan tidak menggunakan bahan pengawet, maka kripik ini juga ada masa kadaluarsanya. Kalian bisa mencobanya karena rasanya yang lezat, tidak hanya dibuat cemilan saja, tetapi juga bisa dibuat menjadi lauk makan juga.

Kripik Ceker

kripik ceker khas malang
by oceankripik.blogspot.com

Tak hanya keripik buah dan keripik tempe, Malang juga ternyata punya keripik ceker istimewa. Oleh warga Malang, ceker ayam diolah menjadi keripik yang garing, renyah dan rasanya gurih nikmat. Keripik ceker dipercaya mengandung banyak kebaikan bagi tubuh seperti asam amino, kolagen dan kalsium.

Buat kalian pecinta ceker sejati, pasti kalian akan ketagihan saat mkan ini, karena kalian tinggal menikmati saja, tanpa harus memisahkan tulangnya. kalian bisa membelinya di berbagai toko pusat oleh-oleh khas Malang.

Pia Mangkok

pia mangkok khas malang
by fjbkaskus.co.id

Malang juga mempunyai oleh-oleh makanan yaitu pia mangkok, pia mangkok juga termasuk oleh-oleh yang simple dan mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama yaitu berkisar 2 minggu. Untuk rasanya pia ini memberikan kesan tekstur yang lembut dalamnya dan renyah luarnya saat digigit di mulut.

Pia ini tidak hanya disukai oleh para wisatawan yang berburu oleh-oleh, namun juga banyak sekali digemari oleh warga Malang sendiri. Ayo buat kalian yang mau mencobanya, bisa langsung membelinya di toko oleh-oleh Malang.

Bakpao Telo

bakpao telo khas malang
by malang.merdeka.com

Bakpao yang satu ini tidak hanya berbahan dari tepung saja, namun kali ini berbeda variasi, bakpao ini terbuat dengan tambahan campuran telo, telo yang digunakan bisa dengan singkong atau ubi jalar. kalian bisa memilih rasa sesuai dengan selera kalian.

Karena bakpao ini memliki banyak variasi rasa yang lezat semua, kalian bisa membelinya di pusat toko oleh-oleh Reopoeblik Telo, disana kalian tidak hanya menemukan bakpao telo saja, tetapi juga ada brownies, nugget, pizza dan makanan lainnya yang berbahann dasar alami yaitu dari telo.

Jajanan Khas Malang

Karena sudah membahas makanan khas dan juga oleh-oleh khasnya, jangan kita lupakan jajanan tradisionalnya yang tidak kalah rasanya dengan makanan-makanan yang sudah modern pada saat ini. Malang juga memiliki jajanan khas yang banyak disukai orang yaitu antara lain:

Putu Lanang

putu lanang khas malang
by malang.merdeka.com

Kue Puthu Lanang adalah jajanan tradisional khas Malang berbahan dasar tepung beras, gula jawa dan tidak lupa diberi parutan kelapa yang sudah ada dari Tahun 1935. untuk mendapatkan kue ini kita harus mengantri karena rasanya yang legendaris dan lezat membuat pembeli harus mengantri.

Harganya juga terjangkau, penikmatnya tidak hanya dari kalangan orang tua saja, tetapi anak-anak kecil juga banyak yang menyukainya, perpaduan rasa gurih dari kelapaya dan manis dari gulanya, membuat rasa putu ini mantap.

Sempol

sempol khas malang
by femme.id

Sempol adalah jajanan yang akan sering kita jumpai saat di Malang, sempol jajanan yang berbeda dari jajanan lainnya, karena dari cara pembuatan dan penyajiannya yang cukup unik, dimulai dari berbahan dasar tepung dengan campuran bawang putih dan daging ayam yang telah dihaluskan.

Lalu adonan dibalutkan di bambu yang sudah dibentuk seperti tusukan sate, setelah itu di kukus sampai padat. setelah matang sempol digoreng, dicelupkan, digulung ke dalam telur yang sudah dikocok. jika sudah matang sempol bisa dinikmati dengan ditambahkan saus sambal. Rasanya mantap banget.

Ketan Legenda

ketan legenda malang
by turtransjawa.id

Beranjak sejenak ke alun-alun Kota Batu yang masih berada di wilayah Malang. Anda akan menemukan Pos Ketan Legenda 1967 yang menawarkan berbagai menu hidangan yang terbuat dari ketan. Jajanan yang satu ini sudah melekat di pikiran wisatawan dan dianggap sebagai jajanan yang wajib untuk dibeli jika sedang ke Malang.

Tempatnya yang kecil dan sederhana ini nggak pernah sepi pembeli. Kalian bahkan harus bersabar mengantre untuk mencicipi sepiring ketan dengan aneka topping. Mulai dari ketan bubuk, ketan susu keju, ketan susu durian, hingga ketan ayam pedas. Harganya yang terjangkau. Cocok untuk nongkrong bareng keluarga menikmati hangatnya ketan di dinginnya Kota Malang.

Dodol Apel

dodol apel khas malang
by dodol-buah-selectablogspot.com

Jajanan khas Malang ini menggunakan bahan dasar apel hijau khas Malang, dodol apel ini rasa dan aromanya juga terasa apelnya, dodol apel juga sangat terkenal di berbagai wilayah Indonesia, karena citra rasanya yang lezat dan alami. Jika kalian sedang berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mencoba dodol apel ini.

Kue Leker

kue leker khas malang
by dimanaaja.com

Kue leker akan sering kita jumpai ketika ita pergi ke Malang, penggemarnya tidak hanya anak kecil saja, tetapi juga kepada para wisatawan, para wisatawan luar daerah dibuat ketagihan dengan rasa manis dan renyahnya dari kue ini.

Kue ini teksturnya seperti cerps yang renyah, namun didalamnya diisi dengan berbagai macam selai buah, ada juga yang diisi dengan rasa coklat, keju, dan juga pisang. untuk harganya tergantung dengan ukurannya, jika kecil ukurannya maka akan murah harganya dan sebaliknya.

Angsle

angsle khas malang
by malang.merdeka.com

Angsle adalah salah satu jajanan yang tidak bisa terlewatkan, karena suhu dingin di Malang yang cukup tinggi, membuat suasana semakin lengkap bila ditemani semangkuk angsle yang hangat dan mengenyangkan. Mungkin angsle bisa dibilang mirip dengan kolak, namun ternyata ada perbedaannya.

Jika kolak menggunakan santan yang bercampur dengan gula merah, namun angsle menggunakan santan dengan gula putih saja, topping angsle juga menarik tampilannya dan enak rasanya seperti: mie pink (petulo), ketan putih, kacang hijau, kacang tanah, mutiara, potongan roti, dan kuah santan.

Es Durian Tempo

es durian tempo khas malang
by resepnusantara.id

Es durian tempo ini cukup jarang yang menjualnya, karena buah durian terkadang ada hanya ketika musimnya tiba, buat kalian para penggemar durian, kalian bisa mencoba es durian tempo ini, karena es ini disajikan dengan isi ketan, cendol, dan diberi kuah kental durian yang telah diblender.

Kalian bisa menikmati es durian ini saat lagi suasana panas dan merasa haus pasti terasa nikmat, harganya terjangkau, dan kalian bisa kenyang setelah memakan jajanan ini, karena dari isinya ketan dan kuah kental yang asli dari duren.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *