Pengertian Termometer Lengkap (Sejarah, Jenis, Harga & Cara Memakai)

Assalamu’alaikum teman-teman, kali ini kita akan berbagi pengetahuan kepada kalian mengenai pengertian termometer. Supaya kalian bisa memahami materi ini, yuk simak dengan baik penjelasannya di bawah ini. Selamat membaca 🙂

Sejarah Termometer

sejarah termometer
today.line.me

Saat pertama kali ditemukan, termometer disebut dengan“ termoskop” yang berperan untuk mengukur perbandingan jenis cairan.

Orang pertama yang menentukan skala numerik para termoskop merupakan Santorio, seorang ilmuwan dari Italia.

Di samping itu, Galileo menghasilkan suatu termometer air sederhana pada 1593, yang digunakannya untuk mengukur variasi temperatur.

Termometer paling awal yang menyerupai termometer dewasa ini diciptakan oleh pakar fisika Jerman, Daniel Gabriel Fahrenheit pada 1714. Dia merupakan orang pertama yang memakai air raksa dalam termometernya, sebagaimana cairan yang digunakan saat ini.

Saat sebelum abad ke- 17, tidak terdapat cara untuk mengukur suhu, tidak dalam satuan apapun. Sampai pada 1724, ditemukan skala pertama yang disebut“ Fahrenheit”, sesuai dengan nama Daniel Gabriel Fahrenheit.

Ilmuwan Jerman itu sangat berpengaruh pada perkembangan alat pengukuran suhu, seperti pada 1709 menciptakan termometer alkohol, serta pada 1714 menciptakan termometer air raksa.

Pada 1742, ditemukan juga skala yang lain untuk memastikan satuan angka suhu, yaitu“ Celsius”. Skala itu ditemukan oleh seorang pakar astronomi Swedia, bernama Aders Celsius.

Bersamaan dengan perkembangannya, termometer tidak cuma digunakan untuk mengukur suhu air saja, namun digunakan untuk banyak hal. Seperti termometer medis yang ditemukan oleh Sir Thomas Allbutt pada 1867.

Termometer ini menyerupai termometer modern, serta terus dikembangkan untuk urusan kedokteran. Termometer ini digunakan untuk mengukur temperatur seseorang, dengan cara menempatkannya di bawah lidah, di bawah ketiak, maupun di dalam anus.

Pengertian Termometer

pengertian termometer
bukalapak.com

Apa itu termometer?

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Sebutan termometer berasal dari bahasa Latin “thermo” yang berarti panas dan meter yang berarti untuk “mengukur”.

Alat ini menggunakan termometrik dari zat, yaitu perubahan dari sifat- sifat zat yang disebabkan karena perubahan susu dari zat tersebut.

Zat cair termometrik ialah zat yang mudah mengalami suatu perubahan fisis pada saat dipanaskan maupun didinginkan, misalnya alkohol dan air raksa.

Air raksa digunakan di termometer karena memiliki fase pemuaian yang teratur bersamaan dengan temperatur di sekitarnya. Titik beku air raksa juga sangat rendah, sekitar – 39°C, sedang titik didihnya tinggi, mencapai 357°C.

Fungsi Termometer

fungsi termometer
line.today.me

Pada dasarnya Fungsi Thermometer ialah sebagai alat mengukur suhu. Suhu yang diukur juga beragam. Di bidang medis, thermometer berperan untuk mengukur suhu tubuh manusia untuk mengetahui tubuh seseorang demam atau tidak.

Thermometer juga berperan untuk mengetahui temperatur oven untuk memasak, temperatur kamar, temperatur ruangan serta lain sebagainya.

Jenis-Jenis Termometer

Sebelum kalian membeli termometer, kalian harus mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis termometer. Berikut ini beberapa jenis termometer yang bisa kalian ketaui:

Termometer Termokopel

jenis termometer
hisham.id

Pada bidang elektronika, termokopel merupakan sensor temperatur yang banyak dipakai untuk mengubah perbandingan temperatur dalam benda menjadi pergantian tegangan listrik( voltase).

Termometer ini dibuat dari 2 kawat yang bahannya dari logam, jenisnya ini berbeda serta dihubungkan pada suatu amperemeter. Cara kerjanya ialah ketika temperatur berbeda maka akan menghasilkan arus listrik yang berbeda juga.

Termokopel yang sederhana bisa dipasang, dan mempunyai jenis konektor standar yang sama, juga bisa mengukur temperatur di jangkauan temperatur yang pantas besar dengan batas kekeliruan pengukuran kurang dari 1°C.

Keuntungan pada termokopel ialah pada jangkauan temperatur luas dari–100°C sampai 1500°C, tidak hanya mempunyai jangkauan yang luas, termometer termokopel ini bisa juga mengukur suatu temperatur dengan cepat serta dapat dihubungkan pada rangkaian lain seperti komputer.

Termometer Inframerah

jenis termometer
olx.co.id

Termometer inframerah menawarkan keahlian utk mengetahui temperatur secara optik–selama objek diamati, radiasi energi sinar inframerah diukur, dan disajikan sebagai temperatur.

Mereka menawarkan metode pengukuran temperatur yang cepat dan teliti dengan objek dari kejauhan dan tanpa disentuh, situasi ideal dimana objek bergerak cepat, dalam letaknya, sangat panas, terletak di lingkungan yang berbahaya, serta/ ataupun terdapatnya kebutuhan menjauhi kontaminasi objek( seperti makanan, alat kedokteran, obat- obatan, produk ataupun test, dll.)

Termometer Galileo

jenis termometer
4muda.com

Termometer Galileo( atau termometer Galilea), dinamai fisikawan Italia, Galileo Galilei, merupakan termometer yang dibuat dari gelas silinder yang tidak terbuka berisi cairan bening kemudian serangkaian barang yang kerapatannya sedemikian rupa sehingga mereka naik atau turun pantas perubahan suhu.

Termometer Termistor

fungsi termometer
karyamandiritechindo.com

Termistor( thermistor) merupakan alat atau komponen ataupun messfühler elektronika yang dipakai untuk mengukur temperatur. Prinsip basis dari termistor merupakan perubahan nilai tahanan( maupun ganjalan atau werstan atau resistance) bila temperatur atau temperatur yang mengenai termistor indonesia berubah. Termistor ini merupakan gabungan antara kata termo( temperatur) dan resistor( alat pengukur tahanan).

Termometer Gas

jenis termometer
berkelas.com

Termometer gas seperti bola kaca dan berisi sebuah gas yang disambungkan pada manometer. Cara kerjanya yaitu ketika bola gas terkena panas maka gas yang berada di dalam tabung kaca akan terurai dan menekan zat cair yang terdapat pada mano-meter.

Kenaikan zat cair itu dipakai dalam mengetahui suhu yang ada di sekitar bola kaca.
Termometer gas berfungsi berdasarkan pada sifat pemuaian gas. Contoh gas yang dapat dipakai yaitu gas hidrogen dan helium yang memiliki tekanan yang rendah, jika gas itu terkena panas maka volume gas akan bertambah.

keuntungan pada termometer gas yaitu lebih teliti dibanding termometer cairan. Termometer gas bisa digunakan dalam mengukur suatu suhu yang sangat tinggi dan mengukur suhu yang sangat rendah, yang lebar jangkauannya yaitu sekitar –250°C sampai 1500°C.

Termometer Alkohol

jenis termometer
olx.co.id

Termometer alkohol yaitu termometer yang menggunkan vin sebagai media pengukur, yang merupakan alternatif dari termometer air raksa dengan guna yang sama. Namun bukan sama seperti air raksa dalam termometer kaca.

Isi termometer alkohol tidak beracun dan akan menguap dengan lumayan cepat. Ruang dalam bagian atas cairan ialah campuran dari nitrogen kemudian uap dari cairan. Dengan meningkatnya temperatur maka volumenya naik.

Cairan yang dimanfaatkan bisa berbentuk etanol murni maupun asetat isoamyl, tergantung pada produsen dan aktivitas yang berhubungan dengan temperatur. Karena termometer ini merupakan transparan, maka cairan yang terbuat harus terlihat dengan penambahan pewarna merah/ biru.

Termometer ini sebatas dapat mengukur temperatur badan makhluk hidup( manusia lalu hewan). Termometer ini gak dapat mengukur yang gede suhunya sebelumnya 78°C.

Termometer Klinis

termometer klinis
pengertianilmu.com

Termometer ini spesial digunakan untuk mendiaknosa penyakit serta bisanya diisi dengan raksa maupun alkhohol. Termometer ini memiliki lekukan kecil diatas wadahnya yang berperan untuk melindungi supaya temperatur yang ditunjukkan setelah pengukuran tidak berganti sehabis termometer diangkat dari tubuh pasien. Skala pada termometer ini antara 35°C sampai 42°C.

Termometer Laboratorium

jenis termometer
belapendidikan.com

Termometer ini memakai cairan raksa maupun alkhohol. Bila cairan meningkat panas maka raksa maupun alkhohol akan memuai sehingga skala nya meningkat.

Supaya termometer sensitif terhadap temperatur maka ukuran pipa harus dibuat kecil( pipa kapiler) dan supaya peka terhadap perubahan temperatur maka dinding termometer( reservoir) dibuat setipis mungkin dan apabila memungkinkan dibuat dari bahan yang konduktor.

Termometer Ruangan

jenis termometer
alatlabiratorium.com

Termometer ini berperan untuk mengukur temperatur pada suatu ruangan. Pada dasarnya termometer ini sama dengan termometer yang lain hanya saja skalanya yang berbeda. Skala termometer ini antara- 50°C hingga 50°C.

Termometer Digital

Karena perkembangan teknologi maka diciptakanlah termometer digital yang prinsip kerjanya sama dengan termometer yang lainnya yaitu pemuaian.

Pada termometer digital memakai logam sebagai sensor suhunya yang kemudian memuai serta pemuaiannya ini diterjemahkan oleh rangkaian elektronik dan ditampilkan dalam bentuk angka yang langsung bisa dibaca.

Termometer Bimetal Mekanik

jenis termometer
seputarilmu.com

Termometer bimetal mekanik merupakan suatu termometer yang dibuat dari 2 buah kepingan logam yang memiliki koefisien mulai berbeda yang dikeling( dipelat) jadi 1. Kata bimetal sendiri memiliki arti yaitu bi bertanda 2 sebaliknya kata material berarti logam, sehingga bimetal berarti“ 2 logam”.

Termometer yang mempunyai 2 buah keping logam yang fungsi pemuaiannya berbeda, sehingga jika terkena perubahan suhu maka termometer bimetal akan terjadi pelengkungan menuju arah tertentu.

Pada temperatur yang bertambah, maka keping termometer bimetal akan melengkung pada arah logam yang memiliki koefisien muai lebih rendah.

Namun bila temperatur menurun, maka keping termometer bimetal akan melengkung pada arah logam yang mengalami koefisien muai lebih tinggi. Termometer bimetal ini dipakai dalam mengukur temperatur oven kompor, termostat, pemanggang, maupun circuit breakers.

Bagian-Bagian Termometer

Berikut ini beberapa bagian dari termometer yang harus kalian ketahui:

  1. Tabung Gelas
    Tabung gelas merupakan badan thermometer yang didalamnya berisi komponen utama seperti skala dan pipa kapiler.
  2. Pipa Kaca
    Pipa kaca (pipa kapiler) merupakan tabung sempit yang berisi zat cair seperti air raksa maupun alkohol. Fungsi dari pipi yaitu menjadi tempat terjadinya pemuaian zat cair tersebut. Ketika zat cair memuai maka zat tersebut akan naik keatas pipa kapiler. Ketika suhu mulai menurun, zat cair akan menyusut dan turun ke bawah.
  3. Skala
    Skala adalah bagian thermometer yang berupa garis-garis berisi angka. Fungsi dari bagian ini yaitu untuk menunjukkan derajat celsius suatu benda. Semakin besar angka pada skala, maka semakin besar pula suhu benda tersebut.
  4. Zat Cair Pengisi Thermometer
    Zat cair pengisi thermometer menjadi bagian terpenting karena berfungsi sebagai komponen dalam mengindikasikan derajat suhu suatu benda. Ketika panas. Zat cair atau raksa akan memukau. Sebaliknya ketika suhu benda rendah atau dingin, maka zat tersebut akan menyusun.
  5. Lekukan
    Lekukan biasanya terdapat pada kolom raksa thermometer badan. Bagian ini berfungsi agar zat cair yang telah memuai tidak mudah turun kembali. Sebelum thermometer digunakan, pengguna harus mengibas-ngibaskan alat ukur terlebih dahulu agar air raksa turun pada posisi semula.
  6. Tandon
    Tandon atau (reservoir) adalah bagian paling bawah pada thermometer. Bagian ini berfungsi sebagai titik tempat kontak antara benda yang akan diukur suhunya menggunakan thermometer. Ketika terjadi sentuhan antara tandon dan benda, maka akan terjadi perpindahan kalor secara konduksi. Sehingga suhu tandon akan berubah mengikuti suhu benda dan zat cair didalam pipa kapiler akan memuai atau menyusut sesuai suhu derajat pada benda tersebut.

Cara Kerja Termometer

cara kerja termometer
serviceacjogja.pro

Cara Kerja Thermometer secara garis besar yaitu:

  1. Ketika zat cair terkena atau dikenai panas (berupa panas dari benda), maka zat cair pada tandon akan mengembang atau memuai.
  2. Karena zat cair dalam tandon memuai, maka zat cair akan masuk kedalam kapiler. Selanjutnya, zat tersebut berhenti pada skala suhu tertentu. Nah, skala tersebut yang menunjukkan suhu benda yang bersangkutan.

Thermometer menjadi salah satu alat ukur yang bisa membantu urusan manusia. Salah satunya pada bidang kesehatan. Dengan adanya thermometer, maka para dokter maupun orang biasa juga bisa mengetahui mengenai kesehatannya, entah suhu badannya normal maupun sedang demam.

Harga Termometer

pengertian termometer
shopee.co.id

Untuk harga termometer sendiri beragam dan bisa berbeda sesuai dengan jenis merk termometernya. Jika kalian ingin mengetahui lebih jelasnya kalian bisa membeli alat termometer di apotik terdekat kalian. Harga termometer di atas ini hanya sebagai patokan harga saja.

Cara Menggunakan Termometer dengan Benar

cara menggunakan termometer
idntimes.com

Berikut ini beberapa cara menggunakan thermometer badan digital dengan mudah.

  1. Cara menggunakan Thermometer Digital di mulut.
    Menggunakan thermometer digital di mulut dapat dilakukan oleh semua umur. Namun lebih direkomendasikan untuk anak diatas 4 tahun. Pertama, pastikan tidak ada makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut kurang lebih 15 menit terakhir. Kemudian buka mulut anak dan letakan sensor thermometer di bawah mulut. Tutup mulut hingga terdengar bunyi “biip” yang menandakan alat ukur sudah selesai mengukur suhu.
  2. Cara menggunakan Thermometer Digital dibawah ketiak.
    Penggunaan Thermometer Digital di bawah ketiak dapat dilakukan oleh siapa saja. Caranya yaitu lepas baju terlebih dahulu kemudian himpit thermometer di ketiak. Pastikan bahwa bagian sensor thermometer bersentuhan langsung dengan kulit. Tahan hingga thermometer berbunyi dan selesai mengukur suhu.
  3. Cara Menggunakan Thermometer Digital di Anus.
    Menggunakan thermometer digital dianus biasanya dilakukan pada bayi yang usianya di bawah 3 bulan. Caranya mengoleskan pelembab pada bagian anus terlebih dahulu. Tempatkan thermometer sekitar ½ inchi ke dalam anus dengan lembut. Tahan alat ukur tersebut menggunakan tangan dan tunggu hingga sensor berbunyi.

itulah beberapa penjelasan dari pengertian termometer, terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat :).

Sumber: https://rumus.co.id/termometer/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat