Peninggalan Sejarah Islam yang Benar & Terbukti Hingga Saat Ini

Agama Islam adalah Agama paling berkesan dalam Sejarah Islam. Sejarah peradaban Islam sudah ada sejak Rasulullah di utus oleh Allah, untuk mengajarkan pada umat manusia mengenai Agama yang telah sempurna yaitu Agama Islam.

Dengan perjuangan Rasulullah serta para sahabat dan persatuan umat muslim. Agama Islam bisa menyebar dengan luas, mulai dari benua Amerika sampai benua Eropa. Islam menyebar hingga sepertiga dunia dan dari ini Islam meninggalkan sejarah-sejarahnya.

Sejarah-sejarah yang ditinggalkan oleh Agama Islam, bisa berupa peninggalan-peninggalan. Peninggalan-peninggalan ini bisa berupa bangunan, budaya, Tradisi, Ilmu dan lain sebagainya. Agar lebih memahami, berikut ini bukti peninggalan sejarah Islam yang masih ada sampai sekarang.

Peninggalan Sejarah Islam di Arab

arab
okezonehaji.com

Agama Islam pertama kali diturunkan oleh Allah, yaitu di Arab. Di Arab inilah Rasulullah diutus oleh Allah untuk mengajarkan kepada umat manusia mengenai Agama Islam. Di Arab terdapat peninggalan sejarah Islam, yang masih ada hingga sekarang. Berikut ini, beberapa bangunan bersejarah dalam Islam:

Ka’bah

ka'bah
islampos.com

Ka’bah adalah peninggalan paling bersejarah untuk seluruh umat muslim. Ka’bah pertama kali dibangun oleh Nabi Ibrahim. Ka’bah menjadi kiblat seluruh umat muslim di dunia. Tidak hanya itu Ka’bah adalah salah satu pusat tempat yang dikunjungi umat muslim, yaitu ketika menunaikan ibadah haji.

Ka’bah sangat dijaga dari segi kebersihan hingga keamanannya. Karena ka’bah adalah tempat suci, kiblat ibadah untuk seluruh umat muslim. Dan Ka’bah menjadi suatu bukti dengan adanya perjuangan para Nabi dan Rasulullah yang telah memperjuangkan agama islam di jalan Allah.

Masjidil Haram

masjidil haram
merdeka.com

Masjidil haram adalah salah satu bukti peninggalan sejarah Islam. Masjidil haram merupakan sebuah masjid terbesar di dunia, yang cukup untuk dikunjungi oleh jutaan bahkan seluruh umat muslim yang menjalankan haji dan yang umat muslim yang bermukim di Arab.

Masjid ini telah dibangun sejak pemerintahan Khulafaur Rasyidin. √Sejarah Khulafaur Rasyidin Lengkap Masa Peradaban Islam Masjid ini memiliki banyak keistimewaan, bila berdoa di masjid ini.

Maka doanya insyaallah akan mudah dijabah oleh Allah. Bahkan banyak umat muslim yang berbondong-bondong untuk melaksanakan shalat di masjidil haram.

Masjid Nabawi

masjid nabawi
suarakutim.com

Masjid Nabawi adalah masjid yang didirikan sejak masa Rasulullah. Masjid ini di bangun di tempat pertama kali Rasulullah datang di Madinah. Rasulullah dahulu membangun masjid ini dengan para sahabat, dengan menggunakan bahan bangunan yang sederhana, yaitu berupa bahan dari batang kurma dan pelepah kurma.

Kini Masjid Nabawi telah berubah menjadi masjid yang sangat bagus. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar di dunia. Masjid ini dikunjungi oleh seluruh umat muslim di dunia, ketika mereka melaksanakan ibadah haji maupun umroh.

Pada Masjid Nabawi terdapat makam Rasulullah, maka masjid ini menjadi sangat bersejarah bagi umat Islam.

Peninggalan Sejarah Islam di Turki

peninggalan sejarah di turki
apahabar.com

Tidak hanya di Arab saja, peninggalan sejarah peradaban Islam juga ada di Turki. DI Turki ada bangunan masjid dan bangunan museum peninggalan sejarah Islam. Hingga sampai saat ini, bangunan ini masih terjaga dan terkenal. Berikut ini beberapa bangunan peninggalan sejarah Islam di Turki:

Masjid Selimiye – Edirne Turki

masjid selimiye turki
harmoni.id

Masjid Selimiye adaah bangunan masjid yang megah, mewah, indah dan memiliki empat buah kubah. Masjid ini dibangun pada tahun 1568-1574, oleh seorang arsitek yang bernama Mimar Sinan. Bangunan ini dibangun atas perintah Sultan Selim II. Masjid ini adalah peninggalan Ottoman di kota Edirne Turki.

Bangunan ini sudah dianggap sebagai karya terbaik dan mendapatkan penghargaan tertinggi dari arsitektur Islam. Uniknya gambar masjid ini terdapat di pecahan uang kertas 10.000 lira Turki. Masjid Selimiye termasuk ke dalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO.

Masjid Rüstem Pasha – Istanbul Turki

masjid rustem pasha
idntimes.com

MAsjid ini di bangun pada tahun 1563 oleh Ottoman Mimar Sinan, sebagai mengenang patih Rutem Pasha yang telah meninggal 1561. Bangunan ini sangat dikenal dengan ubin uniknya yang dibentuk dengan pahatan yang berbentuk bunga dan geometri.

Di dalam masjid ini, berdiri di atas pilar-pilar dengan formasi segi delapan. Terdapat pintu-pintu yang diukir dengan seindah mungkin. Meski tidak terlalu besar dan mewah, masjid ini tetap terlihat kuat dan indah. Sampai saat ini, masjid Rustem Pasha masih digunakan untuk beribadah oleh umat Islam.

Chinli Kiosk – Istanbul Turki

museum istanbul
flickr.com

Istana satu ini adalah bangunan megah yang dibangun oleh Ottoman Sultan Mehmed II, sebagai wujud istana kebahagiaan. Istana ini menjadi salah satu bangunan bersejarah Islam termegah di Istanbul Turki. Eksteriornya terdiri dari batu bata yang mengkilap dengan indah.

Pada tahun 1953, bangunan ini dijadikan sebagai museum seni Islam dan Turki. Yaitu dengan nama Museum of Islamic Art. Tempat bersejarah ini dibuka untuk umum di setiap harinya. dimulai dari pikul 09.00-17.00. Lalu tempat ini libur pada hari senin.

Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia

peninggalan sejarah di indonesia
satujam.com

Agama Islam juga telah menyebar di Negara Indonesia. Negara Indonesia juga menjadi salah satu penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Penyebaran Islam yang telah terjadi, meninggalkan peninggalan-peninggalan sejarah Islam. Peninggalan tersebut berupa:

Masjid Agung Demak

peninggalan sejarah di indonesia
pesonatravel.com

Salah satu masjid tertua di indonesia yaitu adalah Masjid Agung Demak. Masjid ini merupakan peninggalan kerajaan Islam di Indonesia. Masjid ini berada di kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah. Pendiri masjid ini yaitu Raden Patah, raja pertama dari kesultanan Demak sekitar tahun ke 25 Masehi. Masjid ini digunakan para wali untuk menyebarkan Agama Islam di pulau Jawa.

Masjid Gedhe Kauman

peninggalan sejarah islam di indonesia
visistingjogja.com

Masjid Gedhe Kauman (kraton ngayogyakarta hadiningrat), adalah masjid raya kesultanan yogyakarta. Masjid ini di dirirkan oleh Sri Sultan Hamengku buwono I, bersama dengan Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat. Dan Kyai Wiryokusumo sebagai arsitek dari masjid ini. Masjid ini di dirikan pada 29 Mei 1773 M.

Masjid Agung Sunan Ampel

peninggalan sejarah di indonesia
tripadvisor.co.id

Masjid yang dikenal dengan Masjid Sunan Ampel, yaitu adalah masjid Ampel. Masjid ini terletak di kota Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini dibangun pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel. Masjid ini juga terletak tidak jauh dari makan Sunan Ampel.

Masjid ini sekarang menjadi wisata religi di kota Surabaya. Masjid ini dikelilingi oleh bangunan berasitektur tiongkok dan Arab. Di daerah sini, banyak orang yang berjualan dengan berbagai khas oleh-oleh. Seperti kurma, tasbih, minyak wangi dan jajanan lainnya.

Karya sastra

karya sastra
wistau.com

Suluk dan Hikayat adalah salah satu bentuk karya sastra peninggalan sejarah Islam. Karya ini bisa berupa bahasa daerah, Arab atau bahasa melayau. Suluk yang terkenal seperti syair si burung pingai, perahu, abdul Muluk, dan gurindam dua belas. Coontoh Hikayat seperti Babad Tanah Jawa dan Bustan Al Salatin dari Aceh.

Tradisi

hajatan
photography.com

Tradisi yang hingga kini masih dipegang di antaranya adalah ziarah, syukuran, selamatan, hajatan, dan sekaten.

Kaligrafi

kaligrafi
pasberita.com

Kaligrafi adalah tulisan berbahasa Arab yang ditulis sedemikian rupa hingga nampak indah. Biasanya digunakan sebagai hiasan dinding masjid, gapura masjid, batu nisan, dan gapura pemakaman. Makam dengan hiasan kaligrafi di antaranya adalah makam Fatima binti Maimun, Ratu Nahrasiyah dari Kesultanan Samudera Pasai, Maulana Malik Ibrahim, raja-raja Banten, dan beberapa yang lainnya.

Istana

istana kerajaan
romadecade.com

Istana menjadi salah satu bentuk riil, yang bisa disaksikan hingga kini, mengenai bagaimana kira-kira istana zaman dahulu.

Istana-istana peninggalan kerajaan Islam yang masih berdiri hingga kini di antaranya adalah Istana Kesultanan Ternate dan Tidore, Keraton Kasultanan dan Pakualaman oleh Kerajaan Mataram, dan Istana raja Gowa di Gowa, Sulawesi Selatan.

Sumber: https://sejarahlengkap.com/indonesia/kerajaan/peninggalan-kerajaan-islam-di-indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *