Sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia yang Benar dan Lengkap

Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku, ras, dan Agama yang berbeda. Tidak hanya itu, Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang berbeda juga. Kebudayaan ini lahir dari masing-masing suku yang ada di Indonesia.

Baca juga √ Sejarah Pendidikan Islam Sesuai Zaman Rasulullah

Kebudayaan yang ada juga bermacam-macam. Ada kebudayaan yang masih tetap ada dari leluhurnya, ada pula kebudayaan Islam yang masih tetap terjaga keaslian dan kelestariannya hingga sekarang. Berikut ini kita akan membahas mengenai Sejarah Kebudayaan Islam yang ada di Indonesia.

Pengertian Sejarah Kebudayaan Islam

pengertian sejarah kebudayaan islam
ganaislamika.com

Sejarah memiliki arti yaitu kisah lampau. Sedangkan Kebudayaan adalah adat atau sebuah tradisi yang sudah menjadi suatu kebiasaan manusia tersebut. Dan Islam adalah Agama dari Allah yang diturunkan Kepada Rasulullah dan didakwahkan kepada seluruh umat manusia.

Jadi Sejarah Kebudayaan Islam adalah, Tradisi umat muslim pada zaman dahulu yang sudah menjadi suatu hal kebiasaan manusia. Bisa dikatakan seperti tradisi yang sudah turun-menurun. Kebudayaan Islam ini cepat menyebar dan dikenal di kalangan banyak orang.

Sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia

pedagang arab menyebarkan islam
belapendidikan.com

Berawal dari Islam pertama kali ada di Indonesia, yaitu saat Dinasti Umayyah mendirikan pangkalan dagang yang berada di pantai barat Sumatera. Indonesia yang terkenal dengan rempah-rempah serta sumber daya alamnya yang melimpah. Maka ramasi dan sering dikunjungi oleh para pedagang dari berbagai penjuru dunia.

Para pedagang muslim juga banyak yang datang ke Indonesia. Mereka datang untuk berdagang. Tidak hanya melakukan bisnis berdagang saja, tetapi para pedagang muslim yang berasal dari Arab, Gujarat dan Persia. Mereka juga menjalankan Dakwah di Indonesia dengan membawakan ajaran Islam.

Banyak beberapa versi pendapat yang berbeda, mengenai adanya agama Islam pertama kali di Indonesia. Namun secara Islami pendapat ini bisa kita ambil dan percaya, Tidak hanya dari para pedagang. Di saat itu ada 9 Waliyullah yang ikut menyebarkan Agama Islam di Indonesia. Mereka dikenal dengan sebutan Wali Songo.

Wali Songo adalah Waliyullah yang berasal dari Yaman. Merekalah yang ikut berdakwah di Indonesia. Wali songo memiliki metode yang berbeda-beda dalam dakwahnya. Hingga ada yang berdakwah dengan menggunakan metode kesenian. Dari sinilah tumbuhlah kebudayaan Islami di Indonesia.

Macam-Macam Kebudayaan Islam di Indonesia

obor api di bulan ramadhan
travel.tribunnews.com

Karena Indonesia memiliki berbagai macam ragam suku, kebudayaan Islam begitu cepat berkembang dengan pesat di Indonesia. Kebudayaan Islam di Indonesia dapat menyebar dengan cepat, hingga menghasilkan beberapa macam-macam kebudayaan Islam. Diantara lain adalah:

Baca juga √ Peninggalan Sejarah Islam Terbukti Hingga Saat Ini

  • Kebudayaan Islam di arsitektur bangunan
  • Kebudayaan Islam di kesenian
  • Kebudayaan Islam di pendidikan
  • Kebudayaan Islam di Bahasa
  • Kebudayan Islam di Tradisi manusia

Berikut ini saya akan menjelaskan mengenai macam-macam kebudayaan Islam yang telah disebutkan di atas. Kebudayaan Islam yang ada di Indonesia bisa saja sering kita jumpai dan bahkan mungkin pernah kita lakukan juga. Mari kita simak penjelasannya ya.

Kebudayaan Islam di Arsitektur Bangunan

kebudayaan islam di arsitektur bangunan
timesindonesia.id

Kebudayaan Islam yang telah lahir di indonesia, menghasilkan sebuah karya berupa arsitektur bangunan. Ciri khas arsitektur Islam yang ada di Indonesia, bisa kita lihat dari Masjid-Masjid yang dibangun saat masa perkembangan Islam dulu dan sekarang. Baca juga √Sejarah Khulafaur Rasyidin Lengkap Masa Peradaban Islam

Masjid-Masjid yang memiliki Arsitektur bangunan Islami di Indonesia seperti, Masjid-Masjid yang di bangun oleh para wali songo. Masjid-Masjid yang mereka bangun terdapat di berbagai wilayah yang berbeda di Indonesia. Berikut ini nama-nama Masjid yang memiliki arsitektur islami:

  • Masjid Agung Demak
  • Masjid Agung Sunan Ampel
  • Masjid Menara Kudus
  • Masjid Agung Cirebon
  • Masjid Sunan Kalijaga Kadilangu

Masjid-Masjid inilah yang menjadi bukti sebagai peninggalan sejarah Islam. Sekaligus sebagai bukti dengan adanya Sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia. Masjid-Masjid ini yang digunakan para wali untuk melakukan ibadah dan berdakwahnya Agama Islam.

Kebudayaan Islam di Kesenian

kebudayaan islam di kesenian
dara.co.id

Kebudayaan Islam di kesenian, terdapat berbagai jenis di Indonesia. kesenian-kesenian tersebut seperti:

  • Kesenian Kaligrafi
  • Kesenian karya sastra
  • Kesenian Musik
  • Kesenian Wayang

Dari kebudayaan kesenian inilah agama Islam tersebar dengan cepat. Manusia memiliki daya tangkap dan sifat yang berbeda-beda satu sama lainnya. Maka dari itu mereka menangkap menganai pemahaman Agama Islam dengan cara yang berbeda-beda.

Metode penyebaran Islam dengan kebudayaan kesenian, merupakan salah satu cara yang ampuh. ada kesenian Kaligrafi, disini orang-orang yang memiliki hobi melukis bisa memahami Islam dengan cara membuat kaligrafi.

Dari kesenian karya sastra, manusia bisa bisa memahami Islam dari hobinya yang membuat tulisan, puisi dan lain sebagainya. Dari musik manusia bisa faham dari lagu-lagu religi maupun shalawatan. Dari kesenian wayang, manusia bisa menyaksikan pertunjukan wayang mengenai penyebaran Agama Islam.

Kebudayaan Islam di Pendidikan

pondok pesantren
eramuslim.com

Agama Islam juga telah menyebar di ranah dunia pendidikan. Seperti yang kita lihat saat ini, banyak pendidikan yang nama sekolahnya berlogo Islami. Tidak hanya itu pelajaran di sekolahnya, juga diberikan materi yang Islami.

Salah satu bukti Kebudayaan Islam di pendidikan yaitu, dengan adanya sekolah Islam di Indonesia seperti:

  • Sekolah Muhammadiyah
  • Madrasah tsanawiyah
  • Madrasah Aliyah
  • Madrasah ibtidaiyah
  • Pondok pesantren

itulah beberapa kebudayaan Islam di ranah pendidikan yang sudah ada di Indonesia sejak penyebaran Islam dulu. Dari pendidikan tersebut memiliki sejarah masing-masing untuk bisa berdiri di Indonesia. Berkat pendidikan ini, agama Islam lebih mudah dipahami, diterima dan menyebar di Indonesia.

Kebudayaan Islam di Bahasa

berbahasa arab
riuhimaji.com

Kebudayaan Islam di bahasa pertama kali dibawa oleh para pedagang-pedagang Arab yang biasa berdagang di Indonesia. Orang Indonesia sudah mulai terbiasa dengan bahasa mereka, sehingga kebiasaan itu tanpa kita sadari sudah turun-menurun sampai sekarang.

Bahasa yang dihasilkan, dan biasa sering kita ucapkan yaitu seperti:

  • memanggil guru dengan Ustadz
  • memanggil ibu dengan sebutan umi
  • memanggil ayah dengan sebutan abi
  • dan masih banyak lagi lainnya

Itulah kebudayaan Islam yang telah mempengaruhi kita dalam segi bahasa. Hal ini sudah membuat orang indonesia terbiasa karena sudah turun menurun.

Kebudayaan Islam di Tradisi Manusia

kebudayaan islam di tradisi
aliago.id

Kebudayaan Islam di tradisi ada berbagai jenisnya seperti:

  • Acara tahlil yang dilakukan saat orang meninggal dunia
  • Acara yasinan setiap hari kamis malam jum’at
  • Acara Buka bersama
  • Acara ngabuburit

Inilah acara tradisi Islam yang sudah ada di Indonesia dan tidak asing lagi buat kita orang Indonesia. Bila tahlil itu memang hukumnya banyak yang memiliki pendapat yang berbeda-beda. Membaca yasin di hari kamis malam jum’at juga memiliki pendapat yang berbeda. Namun bila kita niatkan untuk Allah maka akan berkah dan menjadi pahala untuk kita.

Buka bersama adalah hal yang sangat menyenangkan. Puasa akan terasa begitu ramai jika kita melakukan hal ini. Acara ngabuburit juga menjadi salah satu andalan orang Indonesia ketika bulan Ramadhan telah datang. Ngabuburit akan membuat kita semakin semangat untuk cepat merasakan buka puasa yang penuh nikmat.

Hikmah Sejarah Kebudayaan Islam

berdakwah agama islam
rumahmuslimin.blogspot.com

Hikmah dari sejarah kebudayaan Islam, kita bisa mengambil banyak hikmah yang bisa membuat kita lebih paham dan mengerti dengan Agama Islam. Berikut ini ada beberapa hikmah dari kebudayaan Islam yang telah ada di Indonesia:

  • Kita bisa ikut berdakwah dengan menceritakan sejarah kebudayaan Islam
  • Kita juga bisa menyebarkan agama Islam dengan macam-macam metode penyebaran agama Islam dengan kebudayaannya
  • Kita bisa mengetahui bukti dengan sejarah dan adanya kebudayaan Islam
  • Menambah rasa syukur dan iman kepada Allah
  • Menambah semangat untuk ikut berjuang menyebarkan agama Islam

Sumber: https://www.kompasiana.com/rinran/590561f89693734f3edc3851/sejarah-kebudayaan-islam-dari-masa-lalu-untuk-masa-sekarang-dan-masa-depan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *